Android di Nokia X

Nokia X

Nokia X

Android di Nokia X

Setelah sekian lama Nokia bersaing dengan Samsung, akhirnya sekarang Nokia mengeluarkan seri baru yang diberi nama Nokia X. Ponsel ini dapat menjalankan aplikasi Android dan bisa dikombinasikan dengan fitur khas pabrikan itu dan layanan Microsoft. Nokia X Plan merupakan kombinasi terbaik dari ketiga dunia yang memungkinkan pengguna memiliki akses pada beragam aplikasi favorit dan memberikan pengalaman baru dengan harga terjangkau. Dengan harga sekitar Rp. 1.600.00,-.

Design Nokia X Plan

Sepintas body Nokia X mirip dengan Nokia Asha, dengan design panjang dengan sudut agak siku dan memiliki ornament lengkung di bezelnya. Ada beragam pilihan warna yang bisa dipilih, yaitu merah, kuning, hijau dan hitam.

Nokia X Plan memungkinkan penggunanya terhubung dengan aplikasi yang sudah populer yang bermanfaat bagi mereka. Aplikasi seperti BBM, Facebook, Twitter, LINE dan WeChat sudah tersedia langsung (pre-loaded) di perangkat baru Nokia X ini. Smartphone touchscreen ini didukung ukuran layar 4 inchi, beresolusi 800×480 piksel atau setara WVGA dengan kerapatan layar mencapai 233 ppi. Layar yang digunakan berjenis LCD IPS (In Plane Switch) dengan lima titik sentuh. Dengan OS Nokia X Software Platform, processor 1GHZ, kapasitas baterai 1.500 MAH, serta besaran RAM 512 MB. Pelanggan Telkomsel akan mendapatkan harga khusus Nokia X termasuk gratis paket data, SMS dan paket airtime.

Hilangnya Produk – Produk Google

Kita tidak akan menemukan layanan Google yang terintegrasi di dalamnya seperti Play Store, Google Maps, Gmail, dll. Karena Nokia tidak serta merta mengadopsi Android secara full. Spesifikasi nokia X di sistem operasi memang merupakan modifikasi dari Android 4.2 Jelly Bean yang disebut sebagai Nokia X Platform AOSP (Android Operating System Projek). Di Nokia X semua produk yang dari Google digantikan oleh produk Nokia sendiri atau milik Microsoft seperti Nokia Maps here, Nokia Store, Ovi mail, Cloud dll. Tampilan antarmuka yang digunakan juga terlihat seperti Windows Phone. Nokia X mengandalkan fitur fastlane yaitu fitur yang memudahkan pengguna untuk berpindah dari aplikasi satu ke lainnya.

Dapur Pacu

Mungkin kita akan sedikit kecewa jika dibandingkan spesifikasi Android lain. Karena Nokia X hanya menghadirkan prosesor dual core Qualcomm Snapdragon S4 berkecepatan 1 GHz, RAM yang digunakan juga masih 512 MB. Android 4.2 (basis android yang digunakan oleh Nokia X) merupakan salah satu versi yang cukup banyak memakan memory sehingga diyakini Nokia X akan kurang responsif. Namun Nokia X menggunakan framework yang berbeda sehingga tetap ringan menjalankan aplikasi.

Kamera 3 MP

Nokia X dibekali dengan kamera belakang 3 MP, hanya tidak terdapat fitur autofocus serta LED flash. Smartphone ini tidak bisa digunakan untuk fasilitas video chat ataupun foto shelfie karena Kamera depan tidak ada.

Fitur dan Konektivitas

Nokia X juga disematkan dual SIM on GSM yang mampu di jaringan 3G/HSDPA selain itu juga ada wifi. Walaupun tidak bisa mendownload aplikasi di Google Play Store, namun bisa menginstall beragam aplikasi dari file mentah berekstensi .apk untuk menopang spesifikasi Nokia X yang tidak terlalu tinggi. Nokia X Plan dibekali baterai berkapasitas 1500mAh.

Kelebihan Nokia X

  • Harga relatif murah
  • Tampilan UI serasa Windows phone menjadi cita rasa baru untuk sebuah android
  • Fitur Fastlane
  • Dual SIM
  • Perpaduan aplikasi Windows Phone dan Android

Kekurangan Nokia X

  • Tanpa kamera depan
  • RAM 512 MB
  • Prosesor usang
  • Tak dapat menginstall aplikasi dari Play Store
cara membersihkan ram nokia x, cara merawat hp nokia x, pembersih khusus android nokia x dual sim, solusi nokia x lemot

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie