Budidaya Hamster Roborovski

Hamster Roborovski

Hamster Roborovski

Budidaya Hamster Roborovski 

Hamster Roborovski adalah jenis hamster yang dapat berlari dengan kencang, jadi kalau anda ingin memegang hamster ini harus hati – hati dan dengan persiapan, jika tidak bisa – bisa hamster akan kabur melarikan diri.

Hamster Roborovski terkenal dengan sifat pemalu dan penakutnya, tapi jika anda ingin memiliki hamster roborovski yang jinak anda harus ekstra sabar, karena anda harus melatihnya sejak kecil. ( sering di pegang saat masih berumur 1 bulanan )

Harga hamster roborovski terbilang cukup stabil ( sekitar 25-35 ribu perekor ), mengapa demikian? hamster roborovski memerlukan waktu yang lama untuk menghasilkan keturunan yakni +- sekitar 7 bulan. Kalau hamster roborovski tidak cocok dengan pasangannya maka ia tidak hamil – hamil.

Untuk soal makanan sama halnya dengan hamster yang lainnya, yakni biji – bijian. hamster roborovski lebih irit soal makanan di bandingkan dengan hamster syrian, jadi kandang tidak cepat kotor dan bau. Pemberian toge kepada hamter ini di perbolehkan asalkan dengan takaran yang pas.

Selain dengan toge untuk mempercepat kehamilan pada hamster, juga diperlukan kandang yang agak gelap. Menurut teman saya komunitas hamster solo ( Karso ) kandang yang agak gelap bagi hamster roborovski dapat mempercepat kehamilan.

Di indonesia kita dapat menjumpai hamster roborovski dalam 2 jenis yakni brown face ( muka agak coklat ), dan white face ( muka putih ). Penulis sendiri lebih menyukai roborovski white face, karena sangat lucu kalau menyimpan makanan di pipi nya.. hehehe.. walaupun harganya agak sedikit lebih mahal.

Mengembangbiakkan dua Roborovski itu tidak sulit, tetapi hal itu harus dipertimbangkan jika Anda benar-benar yakin Anda tahu apa yang harus dilakukan dan telah melihat ke dalamnya.

Roborovski betina memasuki masa subur setiap 4 hari dan akan tetap subur untuk jangka waktu 12 jam di mana perkawinan dapat terjadi. Artinya, jika laki-laki berhasil menangkap/mengawinkan Roborovski betina yang sedang mengalami masa subur, maka dapat dipastikan sang betina bisa hamil, dan ini adalah tantangan bagi Roborovski jantan anda.

Roborovski betina dapat menghasilkan sel telur setiap 4 minggu atau lebih dan membatasi hanya 3-5 anak saja secara berturut-turut..

Hal ini diyakini karena Roborovski memiliki musim kawin khususnya pada musim semi atau awal musim panas; yang mungkin berhubungan dengan peningkatan panjang hari dan suhu. Pencahayaan dan pemanasan buatan dapat memiliki efek perubahan musim kawin mereka, bahkan mungkin membentang ke sepanjang tahun. Akan tetapi mereka bisa saja membatasi untuk terus memproduksi sel telur mereka karena harus memelihara anak secara terus menerus (seperti yang dijelaskan di atas). Tetapi meskipun begitu beberapa peternak melaporkan bahwa hamster Roborovski tampaknya tidak berkembang biak sampai musim semi tahun berikutnya.

Roborovski betina memiliki siklus setiap tiga atau empat hari dan akan menghasilkan cairan secara teratur sebagai bagian dari siklus ini, sampai ia tidak bisa hamil lagi.

Tidak ada tanda-tanda pasti bahwa Roborovski betina sedang hamil – semua hamster menimbun makanan dan dapat membuat lebih dari satu sarang – satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah ketika dia benar-benar memiliki bayi! Kadang-kadang mereka akan didapati sedikit lebih gemuk dan biasanya hanya pada hari terakhir ketika dia akan melahirkan atau ketika kehamilannya mengandung janin yang agak banyak.

Usia kematangan seksual dan ketika mulai berkembang biak

Robo’s mencapai kematangan seksual pada usia 5 minggu, tetapi biasanya tidak berkembang biak untuk pertama kalinya sampai mereka lebih tua.

Betina harus melahirkan untuk pertama kalinya ketika mereka telah berusia 4 bulan (laki-laki dapat dibiakkan pada usia 3 bulan). Usia yang ideal untuk memulai peternakan adalah sekitar 5 sampai 6 bulan usia. Betina akan sepenuhnya tumbuh dan matang pada usia tersebut dan akan cukup kuat untuk menghasilkan dan mengangkat bayi-bayi mereka dan akan menjadi steril setelah 2 tahun. Sementara para pejantan biasanya akan tetap subur sepanjang hidupnya. Peternak yang paling berpengalaman mengatakan bahwa Roborovski itu tidak berkembang biak dengan sukses sampai musim semi berikutnya baru sang betina bisa melahirkan anak-anak mereka.

Masa kehamilan

Masa periode kehamilan hamster Roborovski biasanya 20-22 hari, tetapi menurut beberapa sumber kebanyakan usia kehamilan mereka adalah 30 hari.

Jumlah bayi dari Roborovski itu biasanya kecil, yaitu hanya 4-6 anak per kelahiran (meskipun dilaporkan pernah ada yang sampai yang sampai 10 ekor).

hamster roborovski jantan dan betina, zpt vreza

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie