Cara Agar Karburator Bekerja Maksimal

Karburator

Karburator

Cara Agar Karburator Bekerja Maksimal

Karbu golongan KW milik ninja 150 dan juga NSR-SP 150 (PE 28) yang sama berukuran 28mm diameter silinder skepnya sekarang ini memang sedang laris di pasaran. Lantaran karbu ini dikenal ampuh untuk menambah performa mesin motor bebek maupun sport dengan harga yang cukup terjangkau. Namun sayangnya dengan karbu KW kita tidak bisa menikmati semua keunggulan karbu ini, karena kadang karbu susah d’setting. Maklum, harga nya tak lebih dari Rp 250 ribu saja.

Jangan berkecil hati, dimana ada masalah pasti ada jalan keluarnya. Namun dengan sedikit mengutak-atiknya kita dapat merasakan sedikit perubahan, walaupun yang didapat tidak sepenuhnya menjadikan karbu jenis ini sama persis seperti orsinya, setidaknya mendekati versi orsi. Berikut ini beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan guna meningkatkan karbu KW:

Silinder Skep

Bagian yang satu ini wajib diperhatikan, karena silinder skep karbu jenis KW meninggalkan kotoran bekas mesin cetak atau berupa nat garis vertikal. Apabila tidak segera ditindak lanjuti akan menyebabkan skep lecet. Cara mengatasinya yaitu dengan memolesnya denga pasta autosol atau juga menggunakan cairan pengkilap body, jadi ini sifatnya hanya memolesnya saja tanpa membuat skep jadi longgar di dalam silinder skep.

Setelan Gas

Setelan ini fungsinya untuk menyetel tinggi rendah rpm yang diinginkan. Cara kerjanya sangat sederhana, ujung dari baut setelan mendorong dan mengangkat skep untuk menambah rpm saat baut diputar ke kanan begitu juga sebaliknya. Yang menjadi permasalahan adalah ujungnya baut setelan gas pada karbu jenis KW ini tumpul, jadi jika skrup sedikit diputar maka perbedaan rpm yang di dapat sangat drastis. Kesannya menjadi seperti kabel gas yang menyangkut atau telat untuk merespon. Cara mengatasinya yaitu kikirlah bagian ujung baut setelan agar sedikit lebih runcing atau lebih landai, agar saat skrup diputar peningkatan rpm sedikit lebih halus seperti karbu orsi.

Jarum Skep

Pada dasarnya karbu ini digunakan untuk motor 2 tak, tapi kenyataannya karbu ini sering diaplikasikan untuk motor sport 4 tak juga bebek 4 tak. Masalahnya, jarum skep karbu jenis ini profilnya terlalu kurus untuk motor 4 tak, sehingga campuran menjadi terlalu pekat dan terasa berat untuk akselerasi. Putaran mesin juga tidak bisa stasioner, jika bisa stasioner tapi di atas 2000 rpm yang terkesan terlalu tinggi. Kita dapat menyiasatinya dengan mengganti jarum skep bawaan karbu dengan jarum skep milik GL-Pro. Tidak perlu jarum versi orsi, cukup jarum merk KW seperti yang tersedia saat membeli repair kit karbu. Panjang jarum sama dengan milik karbu NSR, namun profilnya lebih gemuk. Dengan ini campuran gas segar yang dihirup mesin menjadi lebih sempurna dan akan membuat kinerja mesin lebih maksimal lagi.

cara merawat karburator pe 28, ukuran skep karbu motor, setting karburator gl pro, setting karbu pe28 di rx-king, setting karbu pe 28 di rx king, perbedaan jarum skep kurus dan gemuk, perbedaan jarum skep, cara service karbu PE 28, cara merawat karburator PE28, Cara Kerja Service Karburator, atasi skep karbu pe 28 baret

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie