Cara Membuat Dapur Jadi Indah

Dapur Minimalis

Dapur Minimalis

Cara Membuat Dapur Jadi Indah

Salah satu bagian yang kurang diperhatikan orang adalah bagian dapur. Selain terletak di belakang rumah, dapur pun dianggap sebagai tempat yang “kotor”. Padahal dengan sedikit sentuhan “magis”, dapur dapat disulap menjadi sehat dan indah. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda perhatikan untuk menyulap dapur menjadi sehat.

Pertama, atur perabotan agar tertata dengan baik. Area kerja untuk mengolah masakan dengan area penyimpanan harus menjadi satu kesatuan yang harmonis, tidak tumpang tindih. Anda dapat merancang posisi interior dengan cermat tempat menyimpan bahan makanan, peralatan-peralatan memasak, letak kompor,dan juga peletakan sampah dapur. Lemari, ataupun kitchen set yang praktis dan berdisain minimalis bisa menjadi solusi.

Kedua, aturlah dapur agar memiliki sirkulasi udara yang bagus. Untuk mengatasi dapur yang gelap dan pengap, Anda harus mengupayakan sirkulasi udara yang bagus. Cara mengatasinya ialah dengan menambah buka-bukaan di area dapur. Bukaan bisa berwujud jendela, pintu atau pembuatan skylight untuk pencahayaan dari langit-langit. Penambahan exhaust fan juga dapat dipakai untuk pembuangan asap.

Ketiga, tambahkan berbagai macam elemen furnitur. Menyiasati supaya dapur tertata rapi dapat dilakukan dengan mengatur bermacam elemen furnitur yang saling berhubungan. Menyiapkan jalan aliran listrik juga harus dicermati. Upayakan tempat aliran listrik mudah dicari dan posisinya tidak membahayakan penggunanya.

Keempat, bersihkan dapur secara berkala. Agar dapur mudah dibersihkan, ada baiknya jika level lantai ditinggikan. Peninggian level lantai dapur ini bertujuan agar memudahkan penghuni rumah untuk membersihkan dapur dari sampah-sampah sisa memasak.

Kelima, gunakan corak warna-warni di dapur. Permainan corak warna untuk dapur dapat menciptakan kesan lapang. Anda bisa memilih warna-warna hangat misalnya, oranye, kuning, dan merah. Bisa juga dengan pilihan warna dingin seperti biru, dan hijau, tetapi pilihlah yang muda dan tak terlalu gelap. Kombinasi antara warna hangat dan dingin untuk dapur Anda, juga mampu menciptakan keunikan tersendiri.

Dapurpun juga perlu dijaga kebersihannya. Makanan yang sehat berawal dari dapur yang sehat. Melalui dapur yang sehat, kualitas kesehatan keluarga pun akan semakin meningkat. Inilah sejumlah tip mudah dan cepat yang dapat Anda lakukan saat membersihkan peralatan dapur Anda.

  1. Bersihkan kotoran telur : Jika Anda tak sengaja memecahkan telur sehingga lantai dapur atau permukaan dapur menjadi kotor dan jijik, cobalah menggunakan garam. Taburkan garam secukupnya di atas cairan telur dan tunggu beberapa menit hingga kering lalu bersihkan secara merata. Jangan sampai butiran garam dibiarkan terlalu lama, terutama di atas permukaan berbahan dasar logam atau metal. Bila dibiarkan lama, garam dapat memengaruhi lapisan metal perlatan dapur.
  2. Hilangkan residu pembersih oven: Ketika oven Anda dibersihkan, biasanya selalu terdapat sisa atau residu pembersih pada bagian dalam oven. Residu ini dapat menyebabkan aroma atau bau tak sedap dan bahkan menimbulkan asap saat memanggang atau memasak hingga akhirnya benar-benar hilang. Anda dapat mengakalinya dengan cara menyeka oven menggunakan lap yang di rendam dalam campuran cuka air (50/50) sesaat setelah oven dibersihkan. Langkah ini dapat menyapu seluruh sisa-sisa pembersih atau residu.
  3. Membersihkan alat cuci piring atau mesin cuci: Serbuk atau kristal minuman sari jeruk sebenarnya mengandung asam sitrat yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda dengan cukup baik. Jika Anda ingin menambahkan cairan pembersih seperti deterjen untuk menghilangkan buih atau noda, jalankan mesin dalam kondisi full empty load dengan menambahkan serbuk sari jeruk.
  4.  Membersihkan kulkas: Cobalah untuk membersihkan bagian dalam kulkas dengan air panas bercampur sabun. Kemudian bilas dengan larutan cuka-air (50/50) untuk menghadang jamur atau kapang. Langkah ini bermanfaat untuk menyegarkan dan menghilangkan bau dalam kulkas. Jika Anda sering membersihkan kulkas secara rutin, cukup mengelapnya dengan larutan cuka dan air.
  5. Menyapu debu kulkas: Anda juga dapat membersihkan bagian belakang kulkas yakni rangkaian koil dengan menggunakan vacuum. Tariklah bagian depan lempeng metal (kickplate) jika posisi koil berada di dasar kulkas. Koil merupakan bagian yang berpotensi menjadi sumber berkumpulnya debu, dan ini artinya kulkas Anda harus bekerja keras untuk membuat bagian dalam tetap dingin. Jangan lupa mencabut kabel dari sumber listrik sebelum membersihkannya.
cara membuat kolibri wulung gacor tanpa di kaca, dapur indah

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie