Cara Membuat Susu Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai

Saat ini sudah banyak di jumpai minuman susu kedelai siap minum yang dijual di pasaran. Ada yang olehan pabrik dan dikemas cantik menjadi minuman kaleng. Ada pula yang dibuat ukm-ukm dan dikemas dalam botol. Semua sudah praktis siap untuk diminum. Namun bagi yang ragu akan kualitas serta kesehatanPosisi Tidur Yang Nyaman Pada Ibu Hamil. Read more ... » susu kedelai olahan yang kita tak tau persis proses pengolahanya tentunya berfikir dua kali untuk membelinya. Apalagi untuk di konsumsi keluarga dan anak-anak kita, maka dari itu ada baiknya mencoba membuat sendiri susu kedelai yang lebih sehat dan higienis.

Cara Membuat Susu Kedelai atau susu yang terbuat dari kacang kedelai murni sangatlah mudah, dimana kandungan gizi dan nutrisinya sudah tidak diragukan lagi. Proses pembuatannya sederhana hanya membutuhkan bahan berupa kacang kedelai dan air, kadar air disesuaikan menurut kekentalan yang diinginkan. Adapun penambahan daun pandan atau vanili, gula dan garam biasa digunakan untuk meminimalisir rasa langu dari kedelai. Sedangkan dalam upaya untuk menambah khasiat dan menghasilkan rasa yang enak dan variasi, biasa juga juga ditambah dengan bahan-bahan seperti serai, jahe cengkih, kayu manis, bubuk coklat, teh bubuk dan lain sebagainya.

Proses Dasar Membuat Susu Kedelai Murni Sendiri :

Pertama-tama adalah mencuci kacang kedelai dengan air bersih lalu rendam 10 jam atau semalaman hingga ukurannya membesar dan empuk. Setelah itu, bersihkan kulit arinya.

Masukkan dalam blender kedelai dengan air kira-kira 1 : 3, jika 1 mangkuk kedelai campurkan dengan 3 mangkuk air. Blender hingga halus lalu saring dengan kain putih atau kain kasa atau saringan yang lubangnya kecil. Dapat juga dilakukan blender dan penyaringan berulang dari 3 bagian air agar sari kedelai keluar lebih banyak.

Tahap berikutnya adalah perebusan yang bertujuan untuk menyeterilkan dari kuman, beraroma, menambah khasiat bagi tubuh serta mengurangi aroma kedelai yang masih langu. Rebus dengan api sedang sambil diaduk-aduk agar susu tidak pecah. Pada perebusan ini kita dapat menambahkan bahan-bahan sesuai keinginan, misalnya daun pandan atau vanili, jahe, bubuk coklat, gula, sedikit garam atau lainnya. Jika menggunakan vanili, jangan kebanyakan memasukkan vanili, akan menyebabkan rasa pahit.

Minuman ini cocok di sajikan selagi hangat maupun didingankan dahulu di kulkas.

Resep Susu Kedelai

Berikut salah satu kreasi resep susu kedelai yang enak dan sederhana.

Bahan :

  • 250 gram kacang kedelai, cuci bersih
  • 1,5 liter air
  • 150 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan, ikat
  • 3 lembar daun jeruk

Cara membuat susu kedelai :

  • Rendam kedelai dengan air hangat semalaman. Setelah mekar, cuci bersih dan buang kulit arinya.
  • Blender dengan air sampai benar2 halus lalu saring.
  • Rebus dengan api sedang dicampur dengan gula, daun pandan dan daun jeruk. Aduk-aduk terus sampai mendidih, jaga jangan sampai meluap.
  • Setelah dingin saring dengan kain katun yang bersih. Sajikan hangat atau dingin sesuai selera.
  • resep minuman susu kedelai

Resep Variasi Minuman Susu Kedelai

Bahan :

Cara membuat minuman susu kedelai:

Panaskan susu kedelai sambil diaduk sampai hangat (jangan sampai mendidih). Tambahkan teh celup dan masukkan ke dalam susu kedelai, diamkan selama 5 menit.

Buang teh celup, masukkan campuran susu kedelai dalam lemari es selama 15-20 menit sampai dingin.

Masukkan susu kedelai dingin, persik dan madu ke dalam blender atau food processor. Blender dengan kecepatan tinggi sekitar 1 menit atau sampai halus, tuang ke dalam gelas lalu sajikan.

cara merawatCara Merawat Wajah. Read more ... » mesin susu kedele, cara membuat susu kedelai sendiri, susu kacang kedelai, merawat vanili, fungsi vanili dalam susu kedelei, fungsi garam pada pembuatan susu kedelai, Alat membuat minuman sari kedelei, cara menambah rasa buah pada susu, cara membuat susu kedelai dengan 250 gram kedelai, cara membuat susu kedelai

No comments.

Leave a Reply