Cara Memelihara Anjing Siberian Husky

  name   title

Siberian Husky

Cara Memelihara Anjing Siberian Husky

Ketika Anda mengadopsi anjing Siberian Husky, anda sudah diwajibkan memiliki berbagai macam aksessories pendukung seperti Kandang, Tali Anjing/Leash, dan Peralatan dasar Grooming. Selain itu anda juga diwajibkan menyediakan Makanan anjing sesuai pilihan Anda, boleh Dogfood maupun Rawfood. Untuk Aksessories lainnya anda bisa melengkapi kemudian hari sesuai dengan budget anda masing-masing.

Anjing Siberian Husky termasuk golongan anjing pekerja dan sangat mencintai pekerjaan bahkan rela mati demi pekerjaan dia. Jika anda tidak memberikan pekerjaan yang cukup untuk menguras tenaga dia, Anjing anda akan mencari pekerjaan sesuai keinginan dia seperti merusak sofa, mengobrak abrik barangbarang, menggali, dll. Walaupun anjing Siberian Husky dilepas didalam rumahCara Mengusir Semut. Read more ... » maupun dipekarangan, Anjing anda tetap membutuhkan waktu berjalan-jalan diluar “daerah”nya dia seperti berjalan keliling komplek, olah raga, lari, dll. Olah raga yang dibutuhkan tergantung dari stamina, umur dan sifat dasar anjing tersebut. Rata-rata anjing Siberian Husky perlu kegiatan olah raga sekitar 2 jam/hari, semakin banyak kegiatan, semakin sehat dan bahagia anjing anda (jangan over-exercise pada puppy). Penting!!! sehabis Olah raga, dilarang memberikan Air Dingin (cukup dengan air biasa) karena dapat mengakibatkan kematian jika anjing anda mempunyai jantung yang lemah.

Selain Olah raga, anjing anda juga perlu bersosialisasi dengan anjing lainnya. Anda perlu mengingat bahwa anjing merupakan makhluk sosial yang mempunyai sistem berkelompok pada habitat aslinya. Jika anjing anda tidak pernah bersosialisasi, ada kemungkinan anjing anda akan bersifat agresif baik ketakutan maupun protektif jika bertemu dengan anjing lainnya. Oleh karena itu, club ini didirikan sehingga mampu menjadi wadah yang bisa memfasilitasi untuk acara-acara gathering didaerah masing-masing secara rutin.

Sebisa mungkin, menghindari berbagai macam makanan yang mengandung Coklat, Alkohol, Kafein, Anggur, Alpukat, Kacang-kacangan, Cabai, Permen, Plum, Peach, Ragi, bawang, dan minimalkan penggunaan Garam, MSG dan bumbu dapur lainnya. Beberapa jenis makanan tersebut dapat memberi dampak negatif pada Anjing anda dan bahkan dapat menyebabkan kematian, walaupun beberapa jenis makanan tersebut aman dikonsumsi dalam jumlah sedikit tetapi lebih baik dihindari sebisa mungkin.

Selain memberikan kegiatan dan olahraga yang cukup, anda wajib menjaga kebersihan lingkungan anjing Siberian Husky anda berada. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatanCara Membersihkan Telinga. Read more ... » Anjing anda kedepannya. Anjing Siberian Husky karena mempunyai bulu double coat, dan cuaca di Indonesia cukup panas maka anjing ini mempunyai insting untuk senang bermain-main air bahkan dengan air seninya sendiri. Jika anda membiarkan lingkungan anjing anda basah dan lembab, maka siap-siap anda akan mengalami berbagai macam serangan penyakit kulit seperti jamur, dll. Jika anda membiarkan anjing anda maen di rerumputan/tanah yang tidak terawat, maka siap-siap mendapat serangan kutu. Mandikan dan Grooming Anjing anda secara regular dan teratur atau jika diperlukan dengan menggunakan shampoo khusus anjing pilihan anda.

Selain olahraga dan kegiatan yang cukup, Anjing anda membutuhkan nutrisi dan asupan makanan yang cukup serta tidak berlebihan. Pilihlah makanan anjing anda sesuai dengan kebutuhannya, jika anda memberi secara berlebihan malah bisa berdampak negatif bagi anjing anda. Perlu diketahui Anjing terlalu gemuk juga tidak baik, apalagi Siberian Husky kebanyakan mempunyai body yang slim dan padat bukan type anjing yg chubby yg lucu-lucu. Selain itu juga, anda wajib memberikan paket vaksin yang lengkap ketika anjing anda masih puppies dan divaksin ulang setiap tahunnya.

Paket vaksin yang ideal pada umumnya adalah

  • Usia 6 Minggu – Eurican 4
  • Usia 8 Minggu – Eurican 4/Eurican 6
  • Usia 12 Minggu – Eurican 7
  • Usia 1 tahun dan setiap tahunnya – Eurican 7

Seringkali terjadi kesalahan persepsi antara penjual anjing dan pembeli anjing, dimana penjual mencantumkan bahwa anjing tsb sudah di vaksin sehingga pembeli merasa anjing tsb sudah divaksin lengkap. Padahal pada kenyataannya Anjing tsb kemungkinan hanya di vaksin 1x sehingga pembeli anjing wajib melanjutkan vaksin sesuai jadwalnya. Selalu perhatikan buku vaksin jika anda membeli puppies dan konsultasikan kepada tempat anda membeli anjing tsb!!

Hal ini banyak terjadi dan banyak dipertanyakan oleh pemilik Siberian Husky karena memang banyak Siberian Husky yang malas makan. Bahkan sebagai pemilik anjing kadangkala tidak dapat membedakan apakah anjingnya sakit atau anjingnya memang malas makan. Cara membedakannya cukup mudah yaitu dengan melihat warna lidah, pandangan mata, lendir di hidung, poop dan aktivitasnya. Jika lidah terlihat pucat, mata tidak cerah, hidung berlendir berlebihan, mencret atau aktivitasnya menurun, sudah dapat dipastikan anjing anda sakit. Segera konsultasi ke dokter atau VET andalan anda. Namun jika anjing anda tidak sakit dan malas makan, anda dapat membaca lebih dalam disini

Kata-kata dasar yang harus dimengerti oleh anjing adalah “Yes”, “No”, dan “(nama anjingnya sendiri)”. Dimana kata “Yes” dapat diganti dengan kalimat “good boy/girl” atau yang sejenis dengan intonasi nada halus dan kata “No” dapat diganti dengan kata lain yang dapat diucapkan dengan nada tegas dan keras. Utamakan pemilihan kata yang singkat dan jelas jangan terlalu panjang (kalau perlu satu suku kata saja). Berikan reward setelah kata “Yes” berupa belaian maupun dogtreat dan berikan koreksi maupun pengarahan untuk kata “No”.

Jika anjing anda sudah mengenal 3 kata tersebut diatas, anda akan jauh lebih mudah untuk melatih ketahap-tahap berikutnya seperti perintah “Sit”, “Stay”, “Roll”, dan bahkan melakukan “toilet training”, karena anda dapat memberitahu anjing anda bahwa dia itu benar maupun salah dalam bertindak. (baca juga : 7 Tahap perkembangan Anjing)

Selamat, semoga anda dapat menikmati keberadaan teman sejati anda ini dan tidak mengalami berbagai permasalahan dalam merawat dan memelihara anjing Siberian Husky.

b

cara memelihara siberian husky, jenis dan harga vaksin anjing suberian husky, serba serbi siberian husky

No comments.

Leave a Reply