Cara Memilih Ban Mobil

Ban Mobil

Ban Mobil

Cara Memilih Ban Mobil

Ban adalah satu – satunya komponen kendaraan yang bersentuhan dengan tanah ataupun aspal. Karena itulah ban merupakan komponen kendaraan yang sangat vital. Bisa kita bayangkan jika ban, tidak terkecuali ban mobil mengalami masalah, tentu selain menjadi tidak nyaman namun juga beresiko terhadap nyawa kita. Sering kali kita kesulitan dan bingung untuk memilih ban mobil yang tepat. Bingung untuk membedakan tipe apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan mobil. Walaupun terlihat mudah namun sebenarnya memilih babn mboil diperlukan kejelian dan sedikit pengetahuan, setidaknya mampu membaca kode yang tertera pada produk ban mobil.

Yang pertama menjadi pertimbangan memilih ban mobil adalah tujuan penggunaannya, sehingga sesuai dengan kebutuhan mobil. Mobil yang digunakan sehari – hari tentu saja berbeda dengan ban mobil yang digunakan untuk kompetisi lomba atau balapan. Mobil yang sering jalan di jalan raya tentu juga berbeda dengan ban mobil yang sering jalan di tanah dan berlumpur. Umumnya mobil untuk sehari – hari faktor yang dipertimbangkan adalah kenyamanan dan safety yang tinggi. Selain itu, daya tahan juga seringkali menjadi satu faktor penting yang harus dipertimbangkan.

Ada banyak merek dan tipe ban mobil yang ditawarkan di toko ban. Dan hal ini sering membuat kita bingung. Kita sering berpatokan dengan harga dan merek. Harga yang tinggi dan merek terkenal adalah yang terbaik. Padahal anggapan ini seharusnya dinomor duakan, karena tidak menentukan kualitas produk ban.

Berikut adalah kode dan terminologi ban mobil yang dapat digunakan untuk membantu menemukan ban yang tepat untuk mobil kita:

Tipe dan ukuran

Biasanya dari pabrikan mobil sudah merekomendasikan dan tertera pada plakat yang ada di pintu atau laci, di belakang tutup tangki bahan bakar atau pada petunjuk penggunaan. Contohnya ban dengan kode P195/55/R15 84V. Huruf ‘P’ adalah singkatan dari Passenger yang berarti bahwa ban tersebut didesain untuk mobil penumpang. Selain itu ada pula LT (Light Truck), ST (special trailer) serta T yang berarti Temporary atau ban serep. Huruf ‘R’ berarti bahwa ban tersebut berjenis Radial. Untuk ukuran, kita harus memperhatikan dengan seksama karena jika memilih dan menggunakan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar dibandingkan dengan ukuran velg, maka ban tidak akan dapat terpasang. Ukuran disimbolkan dengan angka di belakang huruf ‘R’.

Lebar ban

Semakin lebar ban maka daya cengkramnya akan semakin baik, begitupun sebaliknya. Akan tetapi, ban yang lebar akan mempengaruhi akselerasi. Hal ini juga mesti diperhatikan.

Pola tapak ban mobil

Pola tapak ban mobil juga berpengaruh pada daya cengkeram dan akselerasi. jika kita tinggal di daerah basah yang memiliki curah hujan cukup tinggi, disarankan untuk memilih ban dengan alur V karena mampu memberikan daya cengkeram yang lebih baik ketika melintasi genangan.

Alur ban

Alur ban membantu daya pencengkeraman ban, sehingga jika anda memasang ban dengan alur terbalik akan dapat mengurangi daya cengkeram ban, meskipun tetap dapat anda pergunakan. Pabrik ban biasanya telah mempermudah dengan membantu menambahkan tanda arah panah.Dengan memilih ban terbaik akan memberikan rasa nyaman dan aman ketika berkendara dan melaju di jalan raya. Keuntungan lainnya akan memperpanjang masa pakai ban, sehingga tentu saja akan mengurangi biaya penggantian ban. Maka saat memasang ban perhatikan alur ban jangan sampai terbalik.

Profil ban mobil

Ban dengan profil tipis seperti 40 atau 50 memang terlihat keren, namun juga memiliki sisi buruk. Ban dengan profil tipis akan membuat velg cepat rusak apalagi di jalan yang jelek. Makanya pabrikan mobil menggunakan profil ban yang tebal.

Komposisi ban mobil

Ban terbuat dari bahan utama karet, namun seiring dengan waktu dan faktor bisnis, maka sekarang bahan dasar ban ( karet ) telah banyak mengalami penambahan dengan bahan lain, khususnya bahan sintetis ( plastik ), sehingga akan dapat mempengaruhi mutu ban tersebut. Hal ini tentu membingungkan anda ketika mencari merek ban yang bagus.

Mengganti ban mobil

Saat mengganti ban disarankan untuk mengganti empat ban sekaligus dengan merek sama, atau paling tidak anda mengganti dua ban pada roda depan atau roda belakang ( sesuai jumlah ban mobil anda ).

Demikian tips cara memilih ban mobil agar Anda tidak bingung saat memilih ban mobil, baca juga tips memilih velg mobil. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

cara mengatasi konin katarak

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie