Cara Memilih Burung Prenjak

Burung Prenjak

Burung Prenjak

Cara Memilih Burung Prenjak

Burung yang berukuran sebesar jempol orang dewasa ini sangat unik, suaranya keras dan tajam dengan gerakan yang lincah membuat penghobi burung banyak terpesona melihatnya. Burung dengan warna kecoklatan ini, biasa hidup di sawah, kebun dan semak-semak. Tak jarang kita sering mendengarkan kicauannya disekitar rumah malahan konon katanya, jika burung ini berbunyi di depan rumah akan ada tamu yang dating kerumah. Itu hanya cerita orang percaya atau tidak tergantung kita masing-masing. Kembali lagi ketopik pembahasan, burung ini juga semakin jarang ditemukan dan terkadang kita sudah tidak mendengarkan kicauannya lagi di sekitar rumah kita pada pagi hari ataupun sore hari. Ini disebabkan banyaknya minat dari penghobi burung terhadap burung ini dan menangkapnya di alam bebas tanpa mempertimbangkan populasinya.
Burung prenjak atau Orthotomus Sutorius burung ini di alam bebas biasanya memakan serangga seperti ulat, belalang, telur semut (kroto) dan lainnya. Burung prenjak adalah burung fighter (petarung) ketika ada burung prenjak lain berbunyi di dekatnya burung ini akan menyahutnya untuk menandakan keberadaannya. Untuk memelihara burung prenjak ini memang agak sukar, tapi bukan berarti tidak bisa karena jika anda dapat memeliharanya anda tidak akan kecewa karena suaranya yang keras dapat memanjakan kita disaat bersantai dirumah.
Untuk memilih burung bakalan prenjak yang bagus kita harus memperhatikan terlebih dahulu ciri-ciri fisiknya. Bagaimana untuk memilih burung prenjak dengan ciri-ciri yang bagus? Perhatikan beberapa tips di bawah ini :
  1. Carilah prenjak dengan kepala besar dan seimbang dengan tubunya atau proporsional.
  2. Jika diperhatikan dengan seksama pada kepala burung prenjak ada beberapa bulu seperti rambut yang tejuntai keluar dari kepalanya.
  3. Perhatikan paruh dan tenggorokannya pastikan warnanya tampak kehitaman.
  4. ilihlah burung prenjak dengan warna cerah.
  5. Pilihlah bakalan dengan warna pada dadanya sangat hitam atau full hitam.
  6. Dilihat dari gerakannya pilihlah bakalan prenjak dengan gerakan lincah dan gesit.
Memilih Bakalan Burung Prenjak Yang Bagus hal utama yang harus kita perhatikan adalah mengenai jenis kelamin, karena hanya burung jantan saja yang benar-benar dapat rajin bunyi dan memiliki variasi suara.

Agar burung prenjak mempunyai suara yang bagus ada tipsnya. Perhatikan beberapa tips di bawah ini :

  1. Beri prenjak pakan kroto setiap pagi dan sore.
  2. Beri juga 3 ulat hongkong setiap pagi dan sore.
  3. Beri kaca atau cermin di sangkar, 1 saja dengan ukuran sedang setidaknya bayangan burung prenjak dapat terlihat.(taruh dtangkringan si burung)
  4. Cara terakhir ini hanya share dari saya saja, taruh atau gantungkan burung prenjak di pohonpohon yang kelihatan sering ditempati burung prenjak berbunyi. Insya Allah itu akan menambah burung prenjak untuk berbunyi.
prenjak jali, suara prenjak kepala merah, suara prenjak kepala merah pemikat, suara prenjak pikat, prenjak kentung, pikat prenjak kepala merah, cara pikat prenjak kepala merah, suara anak burung prenjak, cara menangkap prenjak, suara ciblek alang alang jantan, suara anakan burung prenjak, suara anakan prenjak mp3, suara perenjak kentung, suara pikat ciblek alang alang, suara prenjak alang alang, suara prenjak buat mikat, suara prenjak kentung, tip memilih ciblek ombyokan, Tips membeli burung prenjak ombyokan, burung kepala merah, prenjak, cara menghilangkan gembung pada tledekan, cara merawat burung prenjak jali, cara mikat prenjak kepala merah, cara perawatan burung prenjak

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie