Cara Memilih Karpet

Karpet Bulu

Karpet Bulu

Cara Memilih Karpet

Menentukan barang apa yang pas dan cocok agar rumah tampak lebih indah memang bukan mudah. Kita harus memastikan barang yang harga terjangkau namun mampu bertahan lama, jangan sampai kita menyesal dikemudian hari karena barang cepat rusak. Maka dari itu, sangat penting kita memperhatikan setiap sudut dan melakukan riset terhadap rumah kita dan menentukan apa isi rumah yang kita dengan benar. Dengan cara mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai barang – barang yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan untuk rumah kita.

Anda mungkin berpikir kalau karpet adalah barang yang sepele, namun karpet dapat mempengaruhi tampilan isi rumah Anda. Karpet dapat menciptakan dampak maksimum di rumah Anda, menambah daya tarik visual dan juga dapat mempertegas suatu area. Model karpet saat ini juga sangat beragam. Agar tidak terlalu bingung mungkin mengikuti tips berikut Anda dapat menentukan Karpet yang tepat untuk rumah Anda.

Perhatikan kualitas

Yang pertama kita tentukan adalah kualitas suatu barang, dalam hal ini tentu saja Karpet yang bagus. Jika Anda ingin karpet lebih tahan lama, Anda dapat membeli karpet buatan tangan pengrajin karpet. Namun karpet buatan tangan harganya lebih tinggi dari pada buatan mesin.

Kenyamanan

Percuma kan kita membeli barang tapi tidak nyaman. Makanya factor nyaman juga harus kita perhatikan. Hal ini sangat penting terutama untuk anak-anak yang memiliki kulit yang masih sensitif. Pilih karpet yang nyaman dan tidak terlalu keras.

Kebiasaan dekorasi

Kadang ada yang mengubah jenis dan model dekorasi rumah dari waktu ke waktu mungkin sering bosan ataupun karena lain hal. Jika Anda termasuk tipe ini, maka tidak penting memilih karpet yang mahal, toh nantinya juga tidak digunakan dalam waktu yang lama. Maka belilah yang lebih murah. Anda bisa mendapatkan karpet sintetis seperti yang terbuat dari polypropylene atau nilon. Anda juga dapat mencoba menggunakan karpet yang terbuat dari bahan biodegradable. Pilih karpet yang memiliki gaya yang indah dan memiliki warna yang sesuai dengan ruangan Anda.

Sesuaikan ukuran

Perhatikan ukuran ruangan rumah Anda dan tempat di mana Anda akan menempatkannya. Memasang karpet tidaklah harus sama dengan ruangan rumah Anda. Namun juga jangan terlalu kecil, karena akan terlihat tidak serasi dan tidak menjadi titik focus ruangan Anda. Jika Anda akan mendapatkan area karpet yang sangat besar, mungkin hanya akan membuat ruangan terlihat ramai, bukan membuatnya menarik. Anda bisa memasang karpet hanya untuk area tertentu saja, misalnya untuk area tempat duduk ruang tamu. Tentukan ukuran yang Anda butuhkan untuk ruang Anda dan cobalah untuk membayangkan bagaimana jika karpet itu berada di rumah Anda.

Pilih warna yang tepat

Saat memilih warna tentukan dengan menyesuaikan dekorasi rumah Anda. Anda bisa menyesuaikan dengan warna barang – barang lain, wallpaper ataupun dinding rumah Anda. Namun tidak harus sama persis. Anda bisa mencocokan warna apa yang serasi dan matching. Karpet dengan warna cerah bisa membuat ruangan rumah Anda tampak luas, sebaliknya warna yang gelap akan tampak ruangan menjadi sempit.

Pertimbangkan tekstur dan pola

Cocokanlah pola karpet yang akan Anda pilih dengan barang – barang di rumah Anda. Jika ruangan Anda sudah menggunakan dinding dengan pola, gambar, mural atau wallpaper, pilihlah karpet yang polos atau yang memiliki pola kecil dan sederhana. Jika ruangan menggunakan warna polos di sebagian besar area, maka karpet dengan pola besar dan meriah akan lebih cocok.

Bentuk karpet

Selain bentuk persegi masih ada bentuk yang lain seperti bulat atau oval. Bahkan ada karpet yang berbentuk seperti mobil, bunga, binatang dan banyak lainnya. Cobalah berbagai bentuk sehingga Anda dapat menemukan bentuk karpet yang sesuai. Bentuk yang unik benar-benar terlihat manis.

Bahan karpet

Bahan penyusun karpet akan menentukan kualitas dan harga. Serat bisa berupa serat sintetis atau serat alami. Serat yang biasa digunakan sebagai bahan dasar karpet misalnya kapas, rami, rumput laut, sutra, dan wol untuk sisal serat alami. Untuk yang sintetis, misalnya nilon, poliester dan polipropilena.

Lalu lintas penggunaan

Perhatikan area yang akan Anda tutupi dengan karpet. Apakah sering dilewati orang atau tidak. Jika area tersebut sering dilewati oleh orang, maka pilihlah karpet dengan pola karena akan lebih mudah untuk dirawat karena kotoran tidak mudah terlihat. Mungkin Anda juga bisa memilih dengan harga yang tidak terlalu mahal,  karena sering dilewati akan lebih cepat mudah rusak. Selain itu gunakan karpet yang terbuat dari bahan katun, nilon, poliester, rumput laut, sisal dan wol karena lebih tahan lama. Untuk area yang tidak terlalu padat, Anda bisa memilih karpet yang terbuat dari sutra, polypropylene dan goni.

Perhatikan pengguna

Pikirka para pengguna karena mereka akan terpengaruh dengan jenis serat karpet yang Anda pilih. Anda mungkin memiliki hewan peliharaan atau anak-anak yang menggunakannya. Pilihlah bahan yang tidak mengiritasi kulit. Selain itu, pastikan Anda selalu menjaga kebesihan karpet untuk menghindari alergi seperti asma terutama untuk anak-anak. Untuk Anda yang mempunyai hewan peliharaan, pilih bahan karpet yang memiliki serat yang kuat agar tidak mudah rusak.

Selain tips – tips di atas mungkin juga perhatikan nanti bagaimana perawatan dan pencucian karpet. Cara Mencuci Karpet juga diulas disini. Demikian tips Cara Memilih Karpet. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie