Cara Memperbaiki Motor Mogok Karena Banjir

Motor Terendam Banjir

Motor Terendam Banjir

Cara Memperbaiki Motor Mogok Karena Banjir

Curah hujan tinggi membuat beberapa daerah di wilayah Indonesia terkena musibah banjir. Pengguna kendaraan terutama kendaraan yang rendah dan kecil seperti sepeda motor dan mobil sedan tidak luput terkena imbasnya saat melewati genangan air yang cukup tinggi. Bila nekat menerjang banjir peluang mobil atau motor pun besar.

Banjir tentu tidak harapan kita semua, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa ternyata di beberapa daerah musibah banjir justru menjadi langganan. Nah, untuk Anda yang setiap harinya menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi utama dalam melakukan aktivitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyiasati motor mogok karena kena banjir. Simak tips berikut di bawah ini :

Tips memperbaiki motor yang mogok karena banjir

1. Keringkan Busi

Cara perbaiki motor mogok kena banjirBusi berfungsi sebagai pematik api yang digunakan dalam proses pembakaran dalam mesin bersifat sangat sensitif terhadap air. Maka dari itu kenapa motor tidak dapat hidup jika busi dalam kondisi basah karena tidak dapat mematikkan api. Cobalah untuk membuka busi, mengeringkan dan membersihkan bagian elektroda busi dengan kain kering. Dan sebelum busi di pasang, lakukanlah pembuangan uap air yang mungkin masuk melalui lubang busi. Gunakan kain sebagai penutup lubang busi, kemudian dalam kondisi kunci off starter motor kamu dengan cara manual / kick starter. Lakukan cara tersebut beberapa kali hingga kondisi lubang busi kering.

2. Menguras air yang masuk di Knalpot

Air yang masuk ke dalam knalpot akan menghambat arus buang sisa pembakaran di mesin yang menjadi penyebab motor kamu mogok saat banjir. Cobalah untuk memposisikan motor kamu berat ke belakang untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam cekungan knalpot yang terletak pada bagian bawah mesin. Jika kamu telah yakin bahwa air sudah keluar secara keseluruhan, mungkin kamu bisa meneteskan oli pada bagian ujung knalpot untuk menghidari knalpot agar tidak berkarat.

3. Mengeluarkan air di karburator

Jika kamu melewati banjir yang cukup tinggi, peluang air masuk ke karburator semakin besar. Jika kamu telah melakukan dua langkah di atas, nggak ada salahnya sekalian untuk melakukan pembersihan air masuk ke dalam karburator. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara mengunci bagian kran bahan bakar dari tanki ke karburator. Kemudian putar baut pembuangan pada karburator dengan arah yang berlawanan. Secara otomatis bahan bakar / air yang ada di dalam karburator akan keluar dengan sendirinya. Kalau di rasa sudah bersih, silahkan kunci lagi baut pembuangan pada karburator dan buka kembali kran bahan bakar dari tanki ke karburator.

4. Lakukan pemanasan mesin

Jika ketiga cara di atas telah kamu lakukan, sekarang saatnya mencoba untuk menghidupkan mesin. Tapi mesin motor jangan langsung di hidupkan. Kunci tetap berada dalam kondisi off, dan lakukan starter menggunakan kick starter beberapa kali. Jika sudah, baru posisikan kunci pada kondisi on, kemudian nyalakan mesin dan biarkan hingga beberapa menit sebelum kembali dijalankan.

Itulah dia cara mengatasi motor mogok akibat banjir. Sebagai tambahan, setelah terkena banjir jangan lupa untuk segera melakukan service dan ganti oli untuk menjadikan performa motor kembali maksimal. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang bisa terjadi di kemudian hari akibat banjir. Maka dari itu tidak ada salahnya kamu segera melakukan pengecekan untuk menghindari seandainya terdapat kerusakan pada motor kesayanganmu.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie