Cara Mempercepat Kinerja Komputer

komputer lambat

komputer lambat

Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Kerja komputer yang lambat kadang membuat kita merasa lelah dan bosan untuk menunggu prosesnya, akan tetapi jika kita bisa mengoptimalkan perangkat yang ada dan menyesuaikan dengan perangkat lunak atau software yang digunakan kita bisa mendapatkan hasil proses yang maksimal. Untuk itu pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang cara mempercepat kerja komputer, berikut tips yang bisa dicoba:

  1. Kerja komputer yang lambat biasanya dipengaruhi juga oleh hardware yang sangat minim untuk prosesnya. contohnya kapasitas memori yang terlalu kecil atau spesifikasi perangkat keras komputer yang kurang untuk program yang berat. Untuk itu pengetahuan tentang spesifikasi hardware yang digunakan sangat penting karena nanti kita bisa mengira-ngira program apa saja yang pas untuk komputer kita.
  2. Tips yang kedua, gunakan sistem operasi yang sesuai dengan kemampuan perangkat keras anda, jika komputer anda mempunyai spesifikasi yang minimum maka saya sarankan untuk menggunakan windows XP, karena kerja windows XP lebih ringan dibanding dengan windows 7.
  3. Instal program sesuai dengan kebutuhan anda, jika anda menggunakan laptop atau komputer anda hanya untuk sekedar browsing di internet atau mengetik maka yang perlu kita instal hanyalah program pendukung kebutuhan anda contohnya: microsoft office, winrar, antivirus, pdf reader, atau program browsing.
  4. Update selalu antivirus anda dengan tujuan untuk melindungi komputer anda dari serangan virus, trojan, malware dan program sejenisnya, karena virus juga akan memperlambat kerja komputer.
  5. Uninstal program yang mempunyai fungsi yang sama, contohnya: jika anda sudah menggunakan mozilla maka anda tidak perlu menginstal google chrome untuk program browser anda ataupun sebaliknya.
  6. Sesuaikan penggunaan software dengan spesifikasi komputer anda. Ada beberapa software seperti Game dan software rendering 3D yang membutuhkan spesifikasi tertentu untuk menjalankannya. Memaksa menjalankan semua software yang berat dapat mempengaruhi kinerja PC secara permanen. Untuk menjalankan software yang berat sebaiknya upgrade dahulu komponen PC yang sesuai.
  7. Mempercepat startup dengan mematikan program yang tidak perlu.
    Masuk ke Start=>Run=>Ketikkan msconfig=>Pada tab Startup, Kosongkan cecklist program yang tidak perlu=>Restart
  8. Jangan mamakai widget desktop yang tidak perlu seperti jam, atau yang lainnya serta memakai tema-tema komputer yang dapat memberatkan konerja komponen terutama RAM dan CPU komputer.
  9. Matikan visual effect
    Klik kanan My Computer=>Pilih Properties=>Advance=>Visual effects=>Cecklist yang tidak perlu
  10. Atur virtual memory, lebih besar lebih baik.
    Caranya, Klik kanan My Computer=>Advance=>Klik Change pada pilihan virtual memory.
  11. Gunakan thema windows classic jika perlu, karena thema windows classic sangat ringan.
  12. Lakukan defragment secara berkala.
    Start=> Program=>Accesories=>System Tools=>Disk defragment, kemudian ikuti langkah selanjutnya.
  13. Gunakan tools atau software pihak ketiga seperti CCleaner atau Tune Up Utilitiessebagai alternatif.
cara memilih konin ombyokan

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie