Cara Memutihkan Ketiak

Ketiak

Ketiak

Cara  Memutihkan Ketiak

Kulit ketiak yang berwarna hitam atau gelap, acap kali menjadi problem bagi penampilan kita. Utamanya bagi wanita yang ingin tampil dengan percaya diri saat mengenakan pakaian tanpa lengan. Bila anda memiliki wajah dan badan yang putih, namun justru hitam di daerah ketiak, maka akan menjadi pemandangan yang kontras.

Penyebab Dari Ketiak Gelap

Penyebab umum dari ketiak hitam adalah faktor genetik. Bila orang tua anda salah-satunya memiliki kulit ketiak hitam, maka kondisi tersebut sangat mungkin akan diwariskan kepada anak-anaknya.

Deodoran dan antiperspirant. Mungkin anda tidak menduga sebelumnya bahwa salah-satu penyebab penting lainnya adalah penggunaan deodoran. Terutama jika anda menggunakan deodoran roll-on. Campuran sisa deodoran, keringat dan bahan kimia, akan menyebabkan penggelapan ketiak.

Melakukan waxing memang bisa menghilangkan bulu ketiak untuk beberapa hari. Namun beberapa hari kemudian pertumbuhan rambut baru tidak memungkinkan anda untuk memakai baju tanpa lengan. Untuk melakukan waxing kembali menjadi tidak mungkin karena bulu terlalu pendek. Pilihan yang kemudian dilakukan adalah mencukur bulu ketiak. Mencukur tidak mencabut rambut hingga ke akarnya. Sehingga sering terlihat lipatan ketiak menjadi lebih gelap.

Pakaian ketat dan ketiak yang kotor. Pakaian ketat akan mengakibatkan trauma sel akibat pergesekan dengan ketiak. Kondisi ini akan meningkatkan produksi melanin, yang menjadi penyebab kulit ketiak hitam. Ketiak yang berkeringat dan kotor, akan mendorong berkembangnya bakteri dan menyebabkan infeksi. Sehingga menjadi salah satu penyebab dari ketiak gelap.

Diskolorasi gelapnya ketiak dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang dikenal sebagai acanthosis nigricans. Kondisi ini sering ditemukan pada individu dengan gangguan insulin, demikian menurut Klinik Cleveland. Diabetes dan resistensi insulin adalah dua penyebab utama acanthosis nigricans. Hal ini juga ditemukan pada individu dengan penyakit Addison, masalah hipofisis, hipotiroidisme, atau mereka yang menjalani terapi hormon pertumbuhan, menggunakan kontrasepsi oral atau obat kolesterol yang mengandung asam nikotinat. Hal ini dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh dengan lipatan, termasuk ketiak.

Yang harus diperhatikan adalah bahwa daerah ketiak dan daerah sensitif lainnya tidak bisa menggunakan bahan eksfolian seperti biasanya. Hal ini karena bagian tersebut mempunyai kulit yang lebih tipis dan sering mengalami gesekan dengan bagian lainnya. Sehingga bisa berbeda dengan cara memutihkan badan di bagian lainnya, seperti tangan, kaki atau leher.

Beberapa Tips Untuk Menghindari Ketiak Gelap

Lakukan waxing secara rutin. Waxing akan menyingkirkan pertumbuhan rambut dan menarik keluar rambut sepenuhnya dari akar. Juga dapat menghilangkan kulit mati, sehingga ketiak menjadi putih, bersih dan lembut. Karena ketiak merupakan daerah yang sangat sensitif, maka lakukanlah dengan benar. Cobalah mengoleskan gel lidah buaya atau semprot dengan air mawar untuk menenangkan rasa sakit jika terjadi selesai melakukan waxing.

Gunakan krim pencerah kulit. Menggunakan krim pencerah kulit atau mengoleskan pelembab ke daerah ketiak setiap malam akan dapat membantu mengurangi gelapnya ketiak.

Mandi dan menggosok. Menggosok ketiak dengan batu apung selama mandi bisa membersihkan kulit mati yang menempel di lipatan kulit. Keringkan ketiak secara benar setiap kali setelah mandi. Ketiak kering dan bersih akan mengurangi resiko pertumbuhan bakteri.

Hindari penggunaan deodoran secara rutin. Menghindari penggunaan deodoran ketika berada di rumah. Hal ini akan membantu Anda menyingkirkan ketiak gelap. Selain itu, mencuci ketiak atau menyeka dengan menggunakan kain basah yang bersih ketika anda kembali ke rumah, akan mengurangi residu keringat dan mencegah pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, meringankan ketiak.

Cara Memutihkan Ketiak yang Gelap

  • Menggosok irisan lemon juga merupakan salah satu cara untuk menyingkirkan ketiak gelap yang menjengkelkan. Asam sitrat memutihkan warna kulit di daerah itu.Cara Memutihkan Ketiak Gelap Dengan Bahan Alami
  • Haluskan oatmeal dengan menggunakan mixer, dan campur dengan madu. Gosokkan di daerah ketiak. Cara ini akan mengelupaskan kulit mati dan membuatnya lembut serta halus. Anda juga dapat menggunakan scrub wajah.
  • Menggosok irisan lemon juga merupakan salah satu cara untuk menyingkirkan ketiak gelap yang menjengkelkan. Asam sitrat memutihkan warna kulit di daerah itu.
  • Menggunakan adonan pepaya atau tomat secara teratur dapat mencerahkan ketiak.
  • Pasta bubuk cendana, jus mentimun, dan sejumput bubuk kunyit menyingkirkan warna ketiak yang gelap.
  • Memijat ketiak anda dengan coconut oil, minyak vitamin E atau minyak almond setiap malam. Bahan alami ini tidak hanya mencerahkan daerah ketiak, tetapi juga mengkilapkan kulit, dan membuatnya bersih serta lembut.
  • Minum banyak air. Tidak hanya membantu menjaga tubuh anda terhidrasi, tetapi juga membantu mengurangi produksi melanin dalam tubuh.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie