Cara Menanam Bunga Anggrek Vanda

Anggrek Vanda

Anggrek Vanda

Cara Menanam Bunga Anggrek Vanda

Salah satu bunga anggrek yang banyak dipuji karena kecantikannya adalah bunga Angrek Vanda. Anggrek Vanda termasuk dalam anggrek monopodial. Maksutnya adalah batang utamanya tumbuh terus-menerus ke atas tanpa batas. Dihabitatnya, anggrek vanda tumbuh sebagai anggrek tanah dan ada yang tumbuh menempel di batang pohon. Ukuran tanaman bervariasi dari kecil sampai yang besar, daunnyapun juga beragam. Ada yang tipis, tebal, yang sempit, yang lebar, ada yang berbentuk pita (linear), berbentuk sendok (spatulata), lanset (lanseolate), berbentuk mata tombak (hastate) dan ada juga yang berbentuk pensil (silindris).

Mengenal Anggrek Vanda

Anggrek Vanda bisa dikenali dan dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu :

  • Vanda daun (strap leaf vanda). yaitu Vanda berdaun lebar atau berdaun sabuk dan bersifat epipit. Sanda jenis ini membutuhkan sedikit naungan.
  • Vanda teres (berdaun pensil), yaitu Vanda yang bentuk daunnya berbentuk silindris memanjang menyerupai pensil dan bersifat terestrial. Jenis ini membutuhkan cahaya matahari penuh. Contoh : Vanda teres dan Vanda hookeriana.
  • Vanda semiteres, yaitu perpaduan antara Vanda daun dengan Vanda teres. Jenis ini membutuhkan cahaya matahari langsung atau penuh.Contoh : Vanda amesiana dan Vanda kimbaliana.

Bunga anggrek vanda selain terkenal dengan ukuran bunganya yang besar dan beragam tipe/bentuk. Juga kaya akan variasi/kombinasi warna, totol-totol maupun discolor. Di jenis ini ada yang berwarna biru yang merupakan cikal-bakalnya dari varian vanda hybrid.

Kata Vanda berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya indah. Anggrek Vanda pertama kali ditemukan oleh William Roxburgh pada tahun 1795 yang diberi nama oleh Sir W. Jones sebagai vanda tesselata roxb. Daerah penyebarannya adalah di India, Himalaya, Asia Tenggara, Indonesia, Filipina, Nugini, Cina selatan dan utara Australia.

Batang anggrek ini sangat bervariasi dalam ukuran, ada tanaman yang kecil dan tanaman dengan panjang sampai beberapa meter. Tanaman dapat menjadi cukup besar dalam habitat dan pembudidayaan, dan spesies epifit memiliki sangat besar, dengan sistem akar udara.

Cara Merawat Bunga Anggrek Vanda

Untuk perawatan bunga Anggrek Vanda cukup mudah. Cara menanam bisa menggunakan media bonggol pakis, sebongkah kayu atau arang. Bahkan bisa hanya dengan melekatkan pada pohon yang besar. Intinya pada control supaya daerah perakarannya cukup lembab dan aliran aerasi yang lancer. Bunga Anggrek Vanda ideal pada intensitas cahaya antara 50-75%. Intensitas cahaya diatas 80 % dapat menyebabkan permukaan daunnya menjadi kekuningan bahkan gosong dan pertumbuhan daunnya menjadi lebih pendek, namun jumlah tandan bunga yang dikeluarkan umumnya lebih banyak dan lebih sering berbunga. Untuk pemupukan bisa lewat akar maupun daun. Pemupukan dengan menggunakan pupuk cair alami seperti air seni sapi yang telah difermentasi dengan baik maupun dengan pupuk kimia.

cara merawat anggrek vanda, cara menanam anggrek vanda, anggrek vanda, bunga anggrek vanda, perawatan anggrek vanda, menanam anggrek vanda, media anggrek vanda, ikan hias, cara menanam bunga anggrek, cara perawatan anggrek panda, cara perawatan anggrek vanda hibrid, cara mengatasi wc mampet dengan cara di injeksi, cara menanam anggrek panda

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie