Cara Menanam Jambu Air

Jambu Air

Jambu Air

Cara Menanam Jambu Air

Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda denganjambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja.

Nama-nama lainnya adalah jambu ayer mawar (Malaysia), jambu aie (Min.), jambu cai (Sd.), jambu wer (Jw.), jhambhu wir (Md.), nyambu er (Bl.),kumpas, kumpasa, kombas, kembes (bahasa-bahasa di Sulut), jambu jene, jambu salo (Sulsel), jambu waelo, kuputol waelo, lutune waele, kopo olo (aneka bahasa di Seram dan sekitarnya), dan lain-lain. Juga jambu kancing (Ind.), untuk kultivar yang buahnya kecil-kecil.

Di negara-negara lain, jambu ini dikenal sebagai machom phupa atau chomphu pa (Thai), tambis (Fil.), bell fruitwater apple (Ingg.) dan lain-lain.

Jambu air dapat ditanam dengan biji atau pun di cangkok.

Biji
 
Biji berasal dari varietas unggul, berumur lebih dari 5 tahun. Biji berasal dari buah masak pohon, yg besarnya normal & mulus. Biji dikeringanginkan selama 1-3 hari di tempat teduh.
 Bibit Okulasi atau cara sambung
Cara menyambung tanaman boleh anda lihat di Cara Menyambung dan sistim stek satu mata Model sambungan yg terbaik adalah sambungan celah. Batang bawah berasal dari bibit hasil perbanyakan dgn biji, sedangkan pucuk berasal dari pohon induk unggul. Setelah disambung bibit dipelihara dipolybag selama 2-3 bulan sebelum ditanam langsung.
 Bibit Cangkok
Cabang yg akan dicangkok berada pada tanaman yg unggul & produktif. Cabang yg dipilih tidak teralu tua/muda, berwarna hijau keabu-abuan/kecoklat-coklatan dgn diameter sedikitnya 1.5 cm. Setelah 2-2.5 bulan (sudah berakar), bibit segera dipotong & ditanam dipolibag dgn media campuran : pupuk kandang dan tanah. Bibit dipelihara di polybag selama 1 bulan sebelum ditanam
Cara mencangkok boleh anda lihat di Memperbanyak tanaman dengan cara mencangkok
Untuk cara penanamannya
Bibit jambu air ditanam ke dalam lubang tanam berukuran 60 x 60 x 60 cm. waktu penanaman sebaiknya dilaksanakan persis pada awal musim hujan & pada sore hari.
Pemupukan jambu air dapat diberikan sebelum berbuah dan sesudah berbuah, sebaiknya setelah dilakukan penyiangan, dengan Pupuk kandang atau urea dan sejenisnya.
Tanaman jambu air dapat berbuah setelah berumur 1-2 tahun, berbunga sebanyak 2 kali dlm setahun  biasanya pada bulan Juli & September biasanya satu bulan berikutnya sudah masak. Ciri-ciri buah yg dapat dipanen dinilai dari tingkat kematangan berdasarkan warna kulit buah, yaitu hijau muda, hijau tua, hijau sedikit merah hijau-merah & merah hijau. Kalau Jambu air mamang sudah masaknya Merah tua.
Terimakasih anda sudah membaca tulisan mamang tentang Cara Penanaman Jambu Air semoga bermanfaat
cara menanam jambu air, cara merawat jambu air, cara merawat pohon jambu air, menanam jambu air cara stek, cara cangkok jambu, suara king konin, ukuran kandang ternak tekukur

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie