Cara Menanam Tanaman di Aquascape

Aquascappe

Aquascappe

Cara Menanam Tanaman di Aquascape

Aquascape adalah seni menata taman didalam aquarium. didalam aquascape, tanaman jadi konsentrasi utama. umumnya pemula yang baru berteman dengan hobi ini, kurang mengerti pengertian aquascape hingga mereka justru menentukan ikan sebgai konsentrasi utama. walau sebenarnya saat membuat aquascape unsur ikan hanya sebagai pelengkap. atau aquascape yaitu aktivitas yang lebih berbentuk seni saat mengatur serta menanam tanaman air, batu serta kayu didalam langkah yang menyenangkan dengan estetika didalam aquarium hingga berikan dampaklandscape dibawah air.

Walau tujuan utama dari aquascaping yaitu menciptakan satu dampak landscape bawah air. segi tehnis pemeliharaan tanaman air juga mesti dipertimbangkan. banyak factor yang perlu seimbang didalam system tertutup dari sesuatu akuarium untuk meyakinkan kesuksesan satu aquascape. faktor-faktor ini terhitung filtrasi, menjaga karbon dioksida padatingkat yang cukup untuk beri dukungan fotosintesis bawah air, substrate, bakteri serta pencahayaan.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam menanam tanaman di aquascape, berikut yang perlu diperhatikan.

Filter

  1. Kapas
    untuk mengangkat kotoran dan dalam waktu panjang, akan berfungsi sebagai rumah bakteri. Contoh jenis kapas – dakron putih dan filter mat.
  2. Carbon active
    Untuk mengangkat racun bau dan warna yang bahaya untuk ikan dan tanaman. Biasanya carbon aktif hanya di gunakan 1x pemakaian saja untuk pertama kali seting aquascape. fungsi tersebut hanya untuk pembeningan dan mengangkat racun2 sampai ecosystem terbentuk yang bisa memakan waktu beberapa minggu.
  3. Rumah bakteri
    Untuk tempat tinggal dan pembiakan bakteri seperti bakteri lakto yang berfungsi sebagai pengurai kotoran ikan/ amoniak dan pembusukan lainya menjadi bermanfaat untuk taneman dan aman untuk ikan.
    Rumah bakteri tersebut juga berfungsi sebagai mempercepat pembentukan ecosystem aquascape.Contoh salah satu bakteri “ minuman yakult “ Jenis rumah bakteri yang bisa di gunakan – pumice / batu apung , bioball, growmax dan larva rock.
Penataan pasir/ media di dasar aquarium juga sangat pentingnya untuk pengakaran taneman. Arus air atau water flow.

Seperti tanaman biasa, akar taneman memerlukan oxygen. Sedangkan daun taneman tersebut menghirup co2 yang pada umumnya menjadi peroses photosynthesis.

Pompa adalah salah satu pendukung yang sangat penting untuk water flow. Peletakan dan posisi sangat di perhitungkan dan di pertimbangkan untuk pencegahan air stucknant terjadi.

Perhitungan water flow

  • Minimal flow -3 x volume aquarium
  • Normal flow -5 x volume aquarium
  • Good flow -10 x volume aquarium

< 10 x volume aquarium sangat mempengaruhi ke padatan taneman di dalam aquarium.

Demikian cara menanam tanaman di aquascape, baca juga cara menjernihkan air aquarium. Semoga bermanfaat.

cara menanam tumbuhan aquascape, cara merawat aquascape, cara menanam monte carlo yang benar, download video aquascape, cara tanam tumbuhan aquascape, cara merawat tumbuhan, agar lumut cepat hidup dlm aquascape, cara jaga ceramic filter, budidaya monte carlo aquascape, bahaya carbon aktive, tanaman aquascape di sawah

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie