Cara Mencegah Virus Masuk ke Komputer

Virus Komputer

Virus Komputer

Cara Mencegah Virus Masuk ke Komputer

Virus merupakan program jahat yang membuat beberapa perintah di dalam komputer anda tidak berjalan sebagaimana mestinya. Virus akan mengacaukan sistem sehingga kita menjadi kesulitan dalam mengoperasikan komputer kita. Bahkan virus sekarang mampu mengambil data-data yang penting dalam komputer kita.

Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar ke dalam hard disk komputer dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak data-data pada dokumen komputer, virus membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Apabila virus sudah masuk ke dalam komputer kita memang sangat merepotkan, tetapi bagi yang sudah ahli menanganinya bukanlah masalah yang serius. Namun bagi yang belum mengetahui caranya pasti akan kerepotan menangani virus ini. Yang paling umum dilakukan adalah membawa ke tempat servis komputer untuk memperbaikinya.

Berikut tips cara mencegah virus masuk ke komputer kita.

  • Mematikan fasilitas Autorun pada komputer kita, hal ini dimaksudkan agar flasdisk yang kita masukkan ke USB komputer virus tidak bisa berjalan dengan sendirinya.
  • Install software antivirus pada komputer Anda, hal ini yang paling umum dilakukan untuk mencegah antivirus. Anda bisa mendownload dan menginstall antivirus di sini. Smadav. Bitdefender. AVG. Avast. Kaspersky. Avira.
  • Biasakan selalu update antivirus kita, software antivirus selalu meng-update dan mencegah sekaligus menghapus virus-virus terbaru yang mensinyalir bisa menginfeksi komputer kita.
  • Biasanya virus masuk ke dalam komputer dengan file yang hidden atau tersembunyi, maka nonaktifkan mode hidden pada komputer, agar Anda dapat melihat file-file yang tidak diperlukan dan mengganggu seperti virus.
  • Untuk mencegah virus masuk ke dalam komputer lewat flasdisk, usahakan selalu men-scan flaskdisk yang Anda colokan ke USB. Atau anda bisa menyeting antivirus Anda untuk selalu men-scan tiap ada flasdisk yang masuk.
  • Gunakan antivirus yang saling mendukung. Antivirus smadav berguna ketika anda kehilangan data karena biasanya virus akan menghidden file anda. Sebaiknya anda menggunakan antivirus luar negeri sebagai pelengkap, karena mereka memiliki database yang lebih banyak daripada antivirus lokal.
  • Saat ada yang meminjam komputer Anda selalu peringatkan untuk men-scan flaskdisk yang dicolokan ke komputer, atau awasi yang meminjam komputer Anda. Karena tidak semua orang paham dan tahu betul tentang cara mencegah virus masuk ke dalam komputer.

Demikian cara mencegah virus masuk ke dalam komputer, semoga bermanfaat. Dapatkan tips cara merawat komputer anda yang lain di website ini.

 

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie