Cara Mengatasi CVT yang Berbunyi

CVT dilem

CVT dilem

Cara Mengatasi CVT yang Berbunyi

Pada motor yang sudah agak tua dan berumur, khususnya yang akan dibahas kali ini motor matic biasanya akan berbunyi. Pada motor matic terdapat mangkok Continous Variable Transmision (CVT) yang sering kali berbunyi. Bunyi ini sangatlah mengganggu saat motor kita kendarai. Mangkok CVT tersebut bunyi dikarenakan merenggangnya mangkok kopling dan meninggalkan celah bunyi. Hal ini akan bertambah parah pada rmp tinggi, antara bagian luar dan dalam mangkuk akan saling memukul. Sebenarnya memang tidak ada yang menonjol pada kejadian pukul memukul. Namun hanya berbunyi yang mengganggu.

CVT bisa merenggang dikarenakan usia yang sudah berumur, lama penggunaan dan akibat karena panas dan gesekan kampas. Biasanya hal ini akan berbunyi pada umur motor diatas tiga tahun.

Kita akan membahas cara mengatasi bunyi pada CVT ini. Kita bisa melakukannya sendiri dan memperbaikinya. Namun apabila ada dana berlebih kita juga bisa mengganti mangkok CVT. Untuk memperbaiki CVT ini masih bisa dilas untuk disatukan kembali kerenggangannya. Bisa juga dilem seperti lem Alteco namun biasanya tidak lama akan bunyi kembali.

Pertama yang dilakukan untuk memperbaiki mangkok CVT adalah menyiapkan kunci T 8 untuk membuka cover CVT, tracker mangkok kampas sentrifugal (flying wheel pliers) dan kunci ring 24 membuka mangkok sentrifugal.  Kalau tidak ketemu tracker, bisa pergi ke tukang las dan buatkan segitiga seperti pada gambar ini, fungsinya hanya untuk menahan mangkok agar tidak berputar saat penguncinya dibuka.

Setelah CVT dibuka, maka kit alas atau dilem. Disarankan untuk dilas saja karena kalau dilem tidak akan lama bunyi kembali datang. Pengelasan dilakukan cukup dititik saja. Pengelasan dari depan dan belakang, karena kedua bagian tersebut yang merenggang. Setelah dilas pada beberapa titik, pasti akan menjadi rata dan menonjol, jadi kita haluskan dengan digerinda. Proses penggerindaan dilakukan secara hati – hati jangan sampai malah merusak mangkok CVT. Setelah CVT dilas dan digerinda pasang kembali CVT tersebut, niscaya bunyi – bunyi akan hilang.

Demikian tips cara mengatasi CVT yang berbunyi, semoga motor matic Anda akan kembali normal seperti baru lagi. Baca juga teknologi CVT pada motor matic. Terima kasih.

cvt mio ngaung, konin ngembung, cvt mio bunyi dengung, cara menghilangkan ngiung di cvt nouvo, harga kunci treker cvt, penyebab cvt mio soul bunyi, penyebab cvt mio nguing, penyebab cvt berbunyi crek crek, cvt mio nguing, bunyi nging di cvt vario, cvt mio bunyi nging, cvt bunyi nging, cara menghilangkan bunyi ngiung d cvt motor nouvo, cara mengatasi bunyi berisik motor mio, suara dengung di cvt vario

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie