Cara Mengatasi Kucing yang Suka Mencakar

Kucing Mencakar

Kucing Mencakar

Cara Mengatasi Kucing yang Suka Mencakar

Bagi Anda pecinta bintang kucing, mungkin sering bermasalah dengan perabot rumah Anda yang serung dicakari. Kursi, sofa, springbed ataupun keset sering jadi sasaran cakaran kucing. Mencakar atau menggaruk adalah perilaku alami kucing, jadi kita tidak bisa mencegahnya. Kemudian apa yang harus Anda lakukan agar tidak mencakar, minimal perabot rumah kita selamat dari sasaran cakaran kucing? Jawabannya adalah Anda harus melatihnya untuk mencakar atau menggaruk di benda yang lain. Anda bisa mencari alternatif benda lain yang bisa digunakan untuk kucing mencakar-cakar. Berikut caranya :

Scratch Post

Dengan scratch post, diharapkan kucing tidak lagi mencakar perabot rumah tangga kita. Scratch post sebagai alternatif untuk kucing melakukan kegiatan alaminya yaitu mencakar. Anda bisa mendapatkannya di petshop terdekat di kota Anda. Apabila tidak ada toko online juga sudah banyak yang menjualnya. Harganya sekitar Rp. 100.000,-. Sebaiknya kucing dibiasakan menggunakan scratch post pada saat kucing masih kecil. Pastikan juga kalau tiang mudah jatuh dengan memperkuat penyangga scratch post.

Catnip

Kucing mungkin belum terbiasa dengan scratch post dan tidak mau mecakarnya atau bahkan mendekatinya. Jadi Anda perlu yang namanya catnip. Catnip ini disemprotkan ke tiang scratch post maka kucing akan mendekati scratch post. Anda bisa mendapatkannya di petshop terdekat di kota Anda, apabila tidak ada bisa mencari di toko online.

Jika kucing tersebut tidak suka menggaruk pada tiang, semprotkan catnip spray pada tiang, aromanya sangat menarik bagi kucing. Catnip bisa membuat kucing lebih bergairah, ceria, lincah, berguling-guling manja seperti menjadi anak kucing. Catnip termasuk keluarga tumbuhan mint, tercium dari bau mint (menthol) yang disebarkannya, biasa didapat di petshop dalam bentuk snack, spray ataupun biji tanaman. Pada kucing, tanaman ini juga memiliki efek seperti ganja pada manusia yang membuat kucing merasa ‘fly’, namun tidak menyebabkan kecanduan pada kucing. Tidak semua kucing terpengaruh Catnip. Sekitar 20 % kucing tidak terpengaruh Catnip. Ini berhubungan dengan genetik dan keturunan.

Apabila kucing Anda masih bandel mencakar perabot rumah Anda, siapkan spray yang berisi air untuk menyemprot wajahnya ketika kucing Anda mencakar perabotan rumah Anda. Kucing tidak suka dengan siraman air di wajahnya.

Gulungan Kertas Koran

Alternatif yang lain adalah dengan gulungan satu atau dua lembar kertas Koran dan gunakanlah untuk menampar wajahnya. Hal ini tidak menyakiti kucing Anda, namun kucing akan benci suara dan rasanya ditampar dengan gulungan kertas Koran. Setelah dipukul beberapa kali, memperdengarkan suara pukulan kertas sudah cukup untuk menghentikannya. Trik gulungan kertas koran akan mencegah dan menghentikan kucing dari menerkam dan mencakar.

Saat Mengeluarkan Cakar

Kadang saat kucing dibelai, kucing suka mengeluarkan cakarnya. Dengan lembut doronglah hingga kucing memasukkan kembali cakarnya, kemudian angkat. Dengan cara ini, kita mengajarkannya bahwa mengeluarkan cakar ketika dibelai merupakan perilaku yang tidak dapat diterima.

cakaran kucing pada kursi, cara membuat suara cucak ijo keras

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie