Cara Mengatasi Rasa Pedas yang Berlebihan

Minum Susu untuk Mengatasi Rasa Pedas

Minum Susu untuk Mengatasi Rasa Pedas

Cara Mengatasi Rasa Pedas yang Berlebihan

Rata – rata orang Indonesia makan kurang sedap tanpa sambal atau makan yang pedas. Memang sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia makan makanan pedas. Tanpa yang pedas – pedas mungkin rasanya hambar, tidak nikmat dan kurang sempurna.

Rasa pedas yang ditimbulkan dari cabe atau merica juga baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin C. Banyak beranggapan kalau flu obatnya makan panas dan pedas, yang bisa membuat kita berkeringat dan merasa lebih baik. Tetapi jika terlalu asyik makan pedas, bibir dan lidah akan terasa panas sampai perih dan bisa mengeluarkan air mata dan berkeringat. Dan bahkan sampai parahnya bisa membuat perut mual dan mencret. Kemudian bagaimana cara mengatasi rasa pedas yang berlebihan? Berikut tips mengatasi rasa pedas.

Tips cara mengatasi rasa pedas

1. Air hangat

Kebanyakan saat kepedasan akan minum air dingin, memang terasa enak disaat awalnya. Namun hal ini akan membuat rasa pedas hilang dalam waktu yang lama. Jadi minumlah air hangat untuk mengatasinya. Saat awalnya memang terasa panas pada lidah dan bibir, namun lama kelamaan rasa pedas ini akan cepat hilang.

2. Mentimun

Mentimun juga ampuh untuk mengatasi rasa pedas. Karena mentimun memiliki kadar air alami yang tinggi sehingga mampu menghilangkan rasa pedas dari bibir dan lidah. Makanya saat makan lalapan yang pedas seperti ayam penyet, pecel lele dan lain – lainnya selalu dihidangkan mentimun.

3. Susu

Susu terdapat kandungan caesin yang mampu mengikat dan melunturkan rasa pedas pada cabai. Baik itu susu tawar maupun yang manis, susu dapat menetralkan rasa pedas.

4. Lemon atau jeruk nipis

Dengan rasanya yang kecut dan masam, lemon atau jeruk nipis dapat menetralkan rasa pedas dengan rasanya yang dominan. Caranya peras perlahan buah lemon atau jeruk nipis di lidah kita maka lama – lama rasa pedas akan hilang. Makanya lemon sering di sajikan disamping saat minum – minuman keras untuk mengatasi rasa yang kuat.

5. Garam

Sama halnya dengan lemon atau jeruk nipis. Rasa asin pada garam menjadi dominan dan akan mengalahkan rasa pedas. Caranya dengan taburkan sedikit garam ke ujung lidah, maka perlahan – lahan rasa pedas menjadi netral.

6. Gorengan

Tentu saja yang tidak panas untuk dimakan. Rasa gurih dan minyak akan membantu menghilangkan rasa pedas. Kerupuk atau keripik juga bisa, jika tidak ada gorengan.

7. Hindari minum soda

Memang nikmat rasanya jika makan yang pedas dan meminum soda yang dingin. Namun dengan minum soda rasa pedas akan menjadi. Sebaiknya minum air putih hangat, minum susu atau orange juice.

8. Buah – buahan

Konsumsilah buah-buahan terutama yang manis dan mengandung banyak air seperti semangka, melon, jeruk dan lain sebagainya. Buah-buahan ini akan dengan cepat menetralkanan rasa pedas

dengan kandungan air dan rasa manis alami di dalamnya.

Sebenarnya rasa pedas ini apabila dibiarkan lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya. Tentu saja jika Anda masih kuat menahannya, jika tidak kuat bisa menggunakan cara – cara diatas. Demikian tips cara mengatasi rasa pedas, semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

 

mempercepat ijo mini gacor, cara membobol wafi di hp bbz3

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie