Cara Mengatasi Slip Kopling

Kopling Mobil

Kopling Mobil

Cara Mengatasi Slip Kopling

Mungkin Anda pernah mengalami ganti gigi yang susah saat berkendara mobil. Nah jangan dahulu berpikir kalau kopling sudah jelek dan mengganti kopling satu set apalagi berfikir ganti mobil, hehehe…. Walaupun jeroan kopling dinyatakan masih bagus, tetep saja mengeluarkan biaya yg cukup mahal karena bongkar pasang kopling membutuhkan waktu dan tenaga yg cukup melelahkan. Biasanya slip kopling disebabkan oleh berbagai hal seperti berikut dibawah :

  • Jarak main bebas handel kopling terlalu rapat.
  • Baut- baut kopling kurang keras.
  • Kampas kopling aus.
  • Pelat tekan aus.
  • Pegas- pegas kopling lemah.
  • Pelumas terlalu encer.

Apabila ditengah kemacetan gigi percepatan mobil susah dipindahkan, jangan dipaksakan dan segera kepinggir jalan. Ini namanya gejala master kopling mulai lemah, banyak juga yang merasa tertipu saat kondisi seperti ini malah ganti kopling set. Nantinya juga akan mengalami kejadian yg sama apabila mengalami kemacetan dan suhu dijalanan sedang tinggi walaupun kopling set nya baru. Kalau sudah mengalami slip, jangan panik, ikuti tips seperti ini jika master koplingnya sudah minta ganti.

  • pinggirkan kendaraan ketempat teduh atau tempat aman.
  • matikan mesin dan buka kap mesin
  • basahi lap atau kanebo dengan air
  • kompres master kopling nya dengan lap basah
  • tunggu sampai 15 menit kemudian

Jika sudah sering mengalami selip saat bermacet ria, cobalah ganti master koplingnya baik atas maupun bawah, alasan mengganti atas bawah adalah untuk mencegah master kopling jebol karena kalau yg satu bagus dan satunya jelek, yg jelek iri minta diganti. Lalu ganti minyak rem/kopling nya dengan DoT 4 karena DOT4 diklaim lebih tahan panas dibandingkan DOT3, gosipnya sih kalau pas master kopling atau remnya dah jelek, diganti DOT4 bisa bikin jebol. Tapi saya sih Alhamdulillah belum pernah ngalamin kaya gini walau minyak remnya sudah diganti DOT4.

Jangan sering setengah kopling saat macet total karena tabung minyak rem dan kopling jadi satu sehingga kalau minyaknya panas ya kalau remnya jadi kurang pakem, koplingnya jadi reseh. Lagian kan pegel juga nahan kopling setengah begitu hehehehehehe.. Ya cukup dinetralin saja kalau macet nya panjang. Harga ganti master kopling berkisar 180-230ribu dan untuk harga atas dan bawah berbeda. Selalu ganti minyak rem dan koplingnya minimal 6 bulan sekali atau kondisi minyak sudah kotor. Baca juga artikel terkait tentang tips dan trik mengenai memperbaiki mobil dan motor. Terima kasih, semoga bermanfaat.

mengatasi kopling slip motor satria fu, mengatasi kopling satria fu slip

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie