Cara Mengecat Dinding Rumah

Mengecat Dinding Rumah

Mengecat Dinding Rumah

Cara Mengecat Dinding Rumah

Bosan dengan cat dinding rumah yang mulai pudar? Anda pun bisa merubah cat dinding sendiri tanpa memerlukan bantuan tukang jasa mengecat rumah. Uang pun bisa lebih dihemat lagi. Anda bisa mengajak istri atau anak-anak Anda ntuk berpartisipasi mengecat rumah. Tentu saja kegiatan ini dilakukan saat liburan, jangan sampai menganggu pekerjaan Anda. Kegiatan ini bisa saja adalah kegiatan yang sangat mendidik bagi anak-anak Anda. Di bawah ini ada beberapa tips cara mengecat dinding rumah semoga dapat membantu anda dalam mengganti warna cat rumah anda sehingga menjadi lebih fresh.

1. Bersihkan Dinding Rumah Anda

Hilangkan debu, kotoran dan noda minyak (karena akan membuat hasil akhir cat tidak halus dan merata) dengan air, deterjen berformula lembut dan spons selulosa. Gosok-gosokkan spons ke dinding hingga bersih, lalu bilas dengan air untuk menghilangkan residu sabun.

2. Lindungi Bagian yang Tak Ingin Dicat dengan Lakban

Pembatas antara dinding dan lantai, jendela dan bingkai jendela biasanya harus ditutupi agar tidak terkena noda cat. Lindungi bagian rumah yang tak ingin dicat dengan lakban atau pita perekat saat pengecatan. Jangan lupa sediakan Koran bekas untuk menutupi sofa atau kasur Anda untuk menghidari terkena cat. Setelah selesai, segera cabut pita perekat sebelum cat dinding mengering agar cat tidak ikut tercabut.

3. Tutup Retakan pada Dinding

Gunakan plamir (dempul tembok) untuk menutup celah atau retak pada dinding, lalu ratakan sampai halus menggunakan amplas. Oleskan juga primer cat, sejenis cairan yang diaplikasikan sebelum pengecatan agar didapatkan hasil akhir yang rata dan mengkilap.

4. Gunakan Kuas Kecil pada Bagian yang Sempit

Alat pengecat berupa roller tidak bisa diaplikasikan di semua bagian dinding, hanya pada area yang luas saja. Sementara untuk area yang sulit seperti sudut ruangan, gunakan kuas kecil selebar dua inci.

5. Gunakan Teknik  Gerakan ZigZag

Trik mengecat dengan rata adalah dengan membuat gerakan zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata. Setelah 2-3 jam baru lapisi kembali dengan cat agar lebih mulus hasilnya. Roller bisa digunakan untuk meratakan warna permukaan dinding..

6. Ulangi Bila Perlu

Bila hasil pengecatan masih kurang sempurna, ulangi sekali lagi dan pastikan proses yang kedua ini berhasil dengan baik. Bila cipratan cat jatuh ke lantai, segera bersihkan dengan lap basah.

Demikian postingan tentang cara mudah mengecat dinding rumah

cara nerawa, tips mencat dinding dengan plamir

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie