Cara Mengobati Jamur Pada Anjing

Jamur Pada Anjing

Jamur Pada Anjing

Cara Mengobati Jamur Pada Anjing

Jamur merupakan salah satu penyakit yang sering hinggap pada Anjing kita. Kalau kita tidak merawatnya dengan baik akan menambah penyakit yang lain pada anjing. Jamuran diakibatkan salah satunya karena permukaan kulit anjing yang lembab. Biasanya terjadi pada musim hujan, memandikan anjing yang belum kering benar atau karena tempat anjing yang basah dan lembab.

Gejala awal yang biasa terjadi adalah pada saat kulit Anjing basah atau lembab. Anjing akan menggaruk-garuk tubuhnya karena timbul jamur dan rasa gatal pada Anjing. Akibat garukan tersebut kulit adakalanya menjadi luka sehingga terbuka peluang bagi bakteri dan virus untuk ikut masuk dan menyerang sehingga penyakit kulit menjadi lebih parah dan keluar cairan yang sedikit berbau. Berikut ini adalah ciri-ciri kalau anjing jamuran

  • Gatal-gatal dan garuk-garuk (Pruritis)
  • Kerontokan bulu (hair-loss)
  • Berkerak dan Bersisik
  • Acne (jerawat dagu)
  • Kulit yang menghitam atau lebih gelap dari kulit disekitarnya (Hyperpigmentation)
  • Kulit memerah (Erythema)
  • Military dermatitis (gabungan dari kerak, sisik, kudis, papules)

Berikut langkah-langkah Cara Mengobati Jamur Pada Anjing yang pernah dilakukan yang terkena Jamur dan sudah bernanah :

  • Gunakan pet protector terlebih dahulu pada Anjing Anda untuk menghindari Anjing menjilat-jilat.
  • Bersihkan terlebih dahulu area sekitar jamur dengan cairan H2O2 (dapat dibeli di apotik terdekat). Lalu setelah dibersihkan merata, dilap kembali dengan kapas atau kain bersih sampai kering
  • Setelah dibersihkan gunakan salep kulit anti jamur khusus untuk Anjing (disini penulis menggunakan salep merk Oridermyl, karena obat keras dipakai tipis-tipis sampai merata dan tidak boleh terjilat oleh Anjing).
  • Untuk pencegahan agar terhindar dari jamur adalah dengan menjaga kondisi kulit dan bulu agar tetap kering.

Untuk Anjing dengan bulu pendek,sebaiknya apabila kondisi bulu dalam keadaan basah, dikeringkan dengan blower, lalu bulu ditaburkan bedak lalu disikat sampai bulu terbebas dari bedak.

Untuk bulu panjang pemberian bedak juga bisa diterapkan. Setelah ditaburkan bedak, kulit dan bulu diblow dengan hair dryer.

Mandikan anjing dengan shampo yang memiliki formula anti jamur dan anti bakteri dapat dilakukan dan sebaiknya untuk dog food pilihlah dog food yang terbuat dari daging domba karena daging domba lebih dapat mencegah penyakit kulit dibanding daging ayam atau sapi. Berikut ini adalah beberapa shampoo atau sabun anti jamur :

  • Shampoo dengan bahan aktif Ketoconazole Shampoo yang berbahan aktif ketoconazole adalah Fungasol-SS dan Nizoral
  • Shampoo dengan bahan aktif Selenium Sulfida varian Selsun Shampoo saja yang memilikinya dengan konsentrasi tinggi, yaitu konsentrasi diatas 1,5%
  • Medicated shampoo antifungal khusus anjing Shampoo-shampoo seperti ini bisa anda temukan dengan harga lumayan pada shampoo khusus hewan bermerek Perfect Coat, Hartz, Professional Pet Product (PPP), dan dari Pipapet.
  • Shampoo dengan bahan aktif Miconazole. Shampoo berbahan aktif miconazole yang bisa didapat adalah Masaleb.
  • Sabun mandi berbahan aktif Sulfur 10%. Contohnya seperti JF-Sulfur dan DeoSulfur.

Jangan menggunakan  Kalpanax lotion dan salep 88 karena obat tersebut terlalu panas dan perih dikulit anjing. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pecinta anjing.

 

cara menghilangkan jamur pada anjing, cara menghilangkan gatal pada anjing, mengatasi jamur pada anjing, anjing jamuran, obat jamur anjing, bedak utk jamur kulit anjing, cara mengobati gatal pada anjing, cara mengobati penyakit kulit pada anjing, cara menyembuhkan jamur pada anjing, obat jamur untuk anjing, jamur pada anjing, cara menghilangkan jamur anjing, Obat gatal untuk anjing, kulit anjing menghitam, obat jamur kulit untuk anjing, menghilangkan jamur pada anjing, cara mengobati anjing jamuran, membasmi jamur dikulit anjing, jamur pada kulit anjing, cara menghilangkan jamur pada kulit anjing, cara merawat anak anjing yg terkena jamur, cara obati anjing jamuran, cara menyembuhkan anjing dari jamur, cara merawat kulit anjing yg berjamur, Cara menghilangkan jamur pada anak anjing

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie