Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal

Ginjal

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Dalam metabolik tubuh, ginjal perlu dijaga kesehatannya. Bila tidak, ginjal mudah cepat rusak dan akan mengakibatkan penyakit komplikasi kerusakan saraf, kardiovaskuler, sampai kerusakan kelenjar paratiroid.

Hal utama yang perlu dilakukan adalah menghindari faktor yang bisa memperbesar resiko penyakit ginjal. Maka menjaga kesehatan ginjal sebenarnya tidak sulit. Gaya hidup sehat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan juga menurunkan resiko komplikasi penyakit ginjal.

Ada upaya dan usaha yang perlu dilakukan menjaga kesehatan ginjal. Berikut cara menjaga kesehatan ginjal :

Selalu jaga kesehatan dan beraktifitas

Lakukanlah aktifitas fisik, selalu bergerak untuk tetap menyehatkan tubuh dan juga ginjal Anda.

Menjaga kadar gula darah

Penyakit diabetes salah satu faktor risiko dari penyakit ginjal. Menurut data dari Indonesian Renal Registry (IRR) pada tahun 2010, diabetes menyumbang 25 persen penyebab penyakit ginjal.

Menjaga tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal tertinggi. Berdasarkan IRR pada tahun 2010, tekanan darah tinggi menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35 persen.

Mengkonsumsi makan sehat dan menjaga berat badan

Tidak kita sadari, beberapa makanan yang kita konsumsi mengandung zat pewarna sintetik dan zat pengawet yang dapat menganggu kinerja ginjal. Minuman seperti teh atau kopi jika terlalu sering diminum setiap hari dapat berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Maka Anda perlu menyeimbangkannya dengan banyak meminum air putih.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan penting artinya bagi organ ginjal. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini melalui berbagai cara misalnya mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air atau juga rutin minum air putih. Bila Anda rutin beraktifitas dalam kondisi dan situasi yang menuntut banyak mengeluarkan keringat, minumlah dua sampai tiga liter per hari sehingga Anda tidak akan mengalami dehidrasi.

Menjauhi rokok

Seperti yang kita ketahui, bahwa rokok tidak baik bagi kesehatan kita. Rokok bisa juga sebagai pemicu dan fator resiko berbagai penyakit, termasuk sakit ginjal.

Tidak mengkonsumsi obat sembarangan

Obat yang kita konsumsi adalah zat asing bagi tubuh kita, dan obat bisa membuat beban kinerja ginjal terlalu berat. Sebaiknya obat yang akan kita konsumsi dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Periksakan fungsi ginjal

Bila perlu, periksakan fungsi ginjal Anda. Bentuk pemeriksaan dapat berupa pengukuran laju filtrasi glomerulus (LFG) dan adanya protein dalam urin.

cara jernihkan bensin dari matahari

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie