Cara Menyetel Kopling Motor

Menyetel Kopling Manual

Menyetel Kopling Manual

Cara Menyetel Kopling Motor

Melakukan pengontrolan terhadap kopling merupakan bagian dari perawatan motor agar kita dalam berkendara tetap nyaman dan aman. Pengontrolan kopling motor bisa berupa menyetel. Salah satu menyetel kopling dikarenakan tarikan kopling yang berat, tali kabel kopling putus dan lain sebagainya.

Menyetel kopling tidak asal menyetel, memutar – mutar baut dan sebagainya. Bagi yang tidak pernah utak-atik sepeda motor, menyetel kopling merupakan kegiatan atau pekerjaan yang asing. Berikut ini kami bagikan tips cara menyetel kopling motor. Sebelum kita menyetel kopling kita perlu mengetahui jenis – jenis kopling pada motor.

Cara Menyetel Sistem Kopling Manual

Cara menyetel kopling jenis manual bisa kita lakukan pada tangkai kopling atau mur setelan dibagian bak mesin, karena kopling jenis ini menggunakan tali kopling.

Menyetelnya cukup memutar baut/mur penyetel sesuai keinginan,yang penting ada jarak bebasnya. Kenapa harus ada jarak bebasnya? Supaya kopling tidak menekan/bekerja saat kita lepas tangkai kopling.

Ingat juga jangan terlalu lebar jarak bebasnya, yang ada nanti kopling tidak bekerja saat menekan tangkai kopling. Menyetel kopling tanpa ada jarak bebas menyebabkan kopling slip sehingga umur kampas kopling berkurang atau cepat aus.

Sistem Kopling Otomatis

Kopling jenis ini tidak menggunakan tangkai kopling dan tali kopling, tapi menggunakan kopling ganda. Cara menyetelnya:

  • Kendorkan mur pengunci setelan
  • Putar baut setelan sampai mentok kekanan
  • Putar balik baut setelan kekiri kira – kira satu atau satu setengah putaran tergantung setelan yang diinginkan
  • Pastikan pedal operan gigi ada jarak bebasnya,dengan menekan kebelakang
  • Setelan anda yakin,kencangkan kembali mur pengunci baut setelan sambil menahan baut setelan, teslah dengan mengoper gigi, lakukan langkah diatas, sampai anda yakin setelannya pas.

Mengetahui Kerusakan Pada Kopling Motor

Saat mengendarai sepeda motor yang koplingnya sudah rusak, semestinya akan ditunjukkan dengan tanda-tanda sebagai berikut, handle kopling terasa berat dan keras, terdengar bunyi berisik pada bagian kanan motor Anda, dan motor menunjukkan tenaga yang lemah.

Demikian informasi yang kami sajikan tentang cara menyetel kopling motor, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih.

cara mengatur kopling vixion

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie