Cara Merawat Baju Putih

Baju Putih

Baju Putih

Cara Merawat Baju Putih

Kesan yang didapat dari warna putih yaitu bersih dan suci, memang sesuai dengan tema lebaran haji. Agar baju putih awet terutama dalam hal warnanya tetap terlihat bersih, putih, dan baru; maka perlu dirawat dengan benar. Baju putih biasanya di dominasi seperti baju kerja, kemeja, gamis, ataupun baju korea. Beberapa tips perawatan baju putih adalah sbb:

  1. Sebelum mencuci, pisahkan terlebih  dahulu dengan baju berwarna
  2. Gunakan deterjen yang ringan (mild detergent) agar warnanya tidak berubah kekuningan
  3. Bila merendam dengan pemutih pakaian, pastikan sesuai dengan takaran dan tidak lebih dari 10 menit (khusus untuk baju putih kombinasi warna, jgn menggunakan pemutih)
  4. Rendam dengan air hangat jika ada kotoran membandel, atau gunakan sikat yang berbulu lembut dan halus untuk menhilangkan kotoran yang sulit hilang
  5. Pada saat mengeringkan, meski memudahkan bagi kita, ada baiknya sesekali tinggalkan mesin pengering. Bahan pakaian yang dikeringkan secara alami akan lebih tahan lama dibanding yang selalu dimasukkan ke mesin pengering.
  6. Saat menjemur pakaian Anda, lebih baik dengan kondisi terbalik dan digantung agar terhindar dari lipatan atau noda yang sulit dihilangkan.
  7. Ketika menyetrika, pastikan alas setrika dan setrika anda dalam keadaan bersih, agar tidak menodai/mengotori baju putih anda dan jangan menggunakan pewangi berwarna.
  8. Untuk jenis bahan tertentu yang membutuhkan perawatan khusus, dry clean sebaiknya dilakukan setelah busana dipakai 2-3 kali
  9. Sebaiknya busana putih disimpan dengan cara digantung dan dengan dimasukkan ke dalam kantong plastik busana. Jangan lupa memasukkan silica gel agar busana awet dan tidak dimakan ngengat (kecuali untuk baju berbahan kaos spandek sebaiknya tetap disimpan terlipat tidak digantung)
  10. Sebisa mungkin hindari menyimpan busana putih dengan cara dilipat. Jika anda tidak memakainya dalam waktu lama, karena lipatan tersebut dapat membekas dan tidak mudah hilang
  11. Jika anda memiliki beberapa koleksi busana putih yang harus disimpan dengan cara dilipat, letakkan busana tersebut pada rak khusus berisi busana berwarna putih.
  12. Busana putih  rentan terhadap pengaruh udara dan ruangan dalam lemari, apalagi jika lembab. Biasanya akan muncul bercak dan noda sangat kecil berwarna hitam di sekitar baju. Bisa pula timbul garis kekuningan pada bagian lipatan (krah, lengan, garis baju). Angin-anginkan secara teratur busana putih  terutama yang terbuat dari bahan lembut dan mahal
  13. Apabila baju putih Anda terkena lunturan, bacalah artikel Cara Menghilangkan Noda Luntur disini.
cara menghilangkan baju yang klunturan yg membandel, cara menghilangkan noda klunturan, kekurangan cucak ijo mini

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie