Cara Merawat Bayi Prematur

Bayi Prematur

Bayi Prematur

Cara Merawat Bayi Prematur

Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Bagaimanapun keadaan anaknya, kasih orang tua tak pernah habis dan sirna. Sebagian bayi yang lahir ke dunia ini mungkin tidak semulus harapan orang tuanya, Tuhanlah Yang Kuasa menentukan dengan cara apa kita lahir ke dunia. Untuk orang tua yang melahirkan secara normal, yaitu usia kandungan yang lazim sebagaimana umumnya usia kehamilan, mungkin cara merawat bayinya tidak sesulit yang lahir dalam keadaan prematur.

Bayi prematur tentu wajib mendapat perawatan di dalam NICU (Neonatal Intensive Care Unit) sampai sang bayi mampu mengejar semua keterlambatan dalam perkembangannya. Jika bayi prematur sudah dapat memenuhi kriteria tertentu yang telah ditentukan medis, maka dia akan diberikan izin untuk dibawa pulang ke rumah oleh orang tuanya. Saat inilah yang menjadi moment yang paling membahagiakan dan sekaligus menegangkan bagi para orangtua karena bayi yang premature membutuhkan beberapa perawatan khusus di rumah sendiri. Karena membutuhkan beberapa perawatan khusus, maka saat bayi prematur pulang dari rumah sakit harus diperhatikan juga kesiapan orangtua.

Intinya bayi lahir secara prematur harus dirawat dengan cara menciptakan suasana seperti masih di dalam rahim. Berikut tips dan cara merawat bayi prematur yang benar di rumah sendiri.

1. Siapkan kamar bayi yang bersih dan juga aman

Bayi prematur tentu akan lebih rentan dengan berbagai infeksi dan juga penyakit karena mempunyai daya tahan tubuh yang belum sempurna. Jauhkan bayi Anda dari lingkungan yang bisa terpolusi dengan debu, bahan kimia yang berbahaya, asap r*kok ataupun orang yang sedang sakit.

2. Atur suhu kamar bayi

Atur suhu kamar pada 26 hingga 27 derajat Celsius, ini diperlukan agar suhu badan bayi Anda tetap stabil.

3. Lakukanlah metode KMC atau Kangaroo Mothercare

Yaitu dengan cara menggendong bayi Anda atau meletakkannya di bagian dada ibunya, sehingga kulit bayi akan bersentuhan secara langsung dengan kulit sang ibu. Metode kangguru ini sangat bermanfaat untuk dapat menjaga suhu tubuh sang bayi agar tetap stabil serta dapat mempererat hubungan emosional antara ibu dan bayi. Perawatan dengan metode kanguru ini untuk dapat mempertahankan suhu tubuh bayi Anda, menstabilkan denyut jantung dan juga nafasnya, membuat tidur bayi lebih banyak, agar bayi jarang menangis serta dapat meningkatkan produksi ASI dan juga bonding. Metode ini dianjurkan untuk bayi yang berat badannya di bawah 2500 gram.

4. Lingkungan yang tenang

Ciptakan lingkungan selalu kondusif agar bayi Anda bisa tidur dengan nyenyak dan tenang. Atur juga pencahayaan di dalam kamar agar tidak menjadi terlalu terang serta sebisa mungkin hindari suara bising. Pelan-pelan dalam membuka pintu dan berbicara. Bayi prematur akan membutuhkan jam tidur yang lebih panjang dibandingkan dengan bayi normal. Bayi memerlukan waktu tidur yang berkualitas untuk dapat memacu hor|mon pertumbuhan dan juga perkembangan sel otaknya agar optimal.

5. Selalu dalam kontrol dokter

Selalu rutin untuk melakukan kontrol dan juga berkonsultasi dengan dokter. Ketika melakukan kontrol, dokter dapat mengetahui perkembangan dan juga kondisi bayi Anda. Peningkatan berat badan pada bayi merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan bagi perawatan bayi prematur Anda di rumah.

6. Jalankan program ASI eksklusif pada bayi

ASI merupakan nutrisi penting dalam membantu untuk meningkatkan berat badan serta menjaga daya tahan tubuh si kecil. Sebaiknya berikanlah ASI pada bayi prematur sedikit demi sedikit namun sering. Terkadang bayi prematur tidak bisa langsung menyusu, Anda bisa memerah ASI terlebih dahulu kemudian memberikannya pada bayi.

7. Selalu siaga

Jangan lupa untuk mencatat nomor telepon rumah sakit dan juga dokter yang menangani bayi agar Anda bisa segera mendapatkan bantuan ketika Anda membutuhkan mereka.

8. Pastikan selalu menjaga kebersihan baju bayi Anda

Sebaiknya Anda pisahkan baju atau pakaian bayi Anda ketika mencucinya dan jangan dijemur pada tempat yang sangat mudah terkena debu.

9. Perhatikan nutrisi dan obat bayi

Lanjutkan memberi bayi obat ataupun vitamin dari rumah sakit atau dokter sesuai aturan pakai yang ditetapkan. Jika perlu, Anda juga bisa belajar memberikan pertolongan darurat pada petugas kesehatan yang ada di rumah sakit, misalnya seperti CPR.

10. Jaga kebersihan tubuh bayi

Mandikan bayi Anda setiap hari untuk selalu menjaga kebersihan tubuhnya. Gunakanlah produk dan juga alat mandi yang memang diformulasikan secara khusus untuk bayi agar tidak mengakibatkan iritasi kulit. Jemur bayi Anda 10 hingga 15 menit di bawah sinar matahari pagi supaya kulit bayi Anda tidak kuning.

11. Berikan bayi stimulasi

Luangkan waktu Anda sebanyak mungkin bersama bayi karena bayi yang prematur sangat membutuhkan kehadiran dan juga sentuhan dari orangtuanya. Lakukan berbagai stimulasi berupa sentuhan, suara dan juga penglihatan. Ketika mengajak bayi bicara, pertahankan jarak wajah Anda dengannya sekitar 30 cm sambil menatap matanya.

12. Suasana tidur mirip dalam rahim

Buatlah sebuah ‘sarang’ pada tempat tidur bayi Anda dari gulungan sebuah handuk tebal yang dibentuk dan menyerupai huruf U. Letakkan bayi Anda dalam sarang buatan tersebut dalam posisi mirip di dalam rahim, yaitu kedua lengan dan juga tungkainya tertekuk, serta tangannya berada sedekat mungkin dengan bagian garis tengah dan juga mulut. Dengan ‘sarang’ seperti itu, setiap bayi Anda bergerak, dia akan selalu merasa dipeluk dan tidak akan dibuat kaget karena merasa terjatuh ke bagian sisi kiri atau kanan.

13. Pegang bayi dengan benar

Pegang bayi Anda dengan benar, yaitu dengan perlahan tidak membuatnya merasa tersentak. Saat Anda mengangkat bayi, pegang juga bagian kedua lengannya dengan sedekat mungkin pada garis tengah, selain menopang bagian leher maupun b0kongnya. Atau Anda juga dapat menggendong bayi dengan keadaan dibedong.

14. Jangan sampai bayi terlalu lelah

Jangan melakukan beberapa aktivitas secara berturut-turut. Misalnya mengganti popok, memakaikan baju dan juga menyusuinya, sehingga bayi menjadi kelelahan. Tanda bayi yang kelelahan misalnya hilangnya kontak mata, tangannya seperti menolak, terlihat mengantuk, menguap yang berlebihan, badannya menjadi kaku dan juga rewel.

Demikianlah tips dan cara merawat bayi prematur yang benar di rumah sendiri. Percayalah bahwa

Anda adalah yang terbaik dalam merawat bayi sendiri.

Cara Merawat Bayi Prematur, behel gigi terbaru 2015, cara buka mau detel kelep bear, geledegan bayi, merawat bayi prematur

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie