Cara Merawat Burung Selendang Biru

Burung Selendang Biru

Burung Selendang Biru

Cara Merawat Burung Selendang Biru

Burung Selendang Biru sama juga dengan Burung Tledekan Biru, tergantung lokasi dan daerah menyebutnya berbeda – beda. Burung ini digemari para pecinta burung selain suaranya, namun juga bentuk tubuh dan warnanya juga cantik. Dan tentunya harganya yang tidak terlalu mahal. Yaitu sekitar Rp 35.000,- sampai Rp. 50.000,-. Ukuran burung ini agak lebih besar kira – kira 16 cm. Burung Selendang Biru mempunyai suara yang nyaring, menurun, kemudian tiga nada terakhir menaik lagi. Tetapi kadang- kadang suaranya agak parau.

Penyebaran Burung Selendang Biru

Penyebaran burung ini di Himalaya sampai Cina selatan, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar. Khususnya di Indonesia penyebarannya di Sumatra banyak ditemukan di gunung – gunung ke selatan sampai gunung Kerinci. Kalau di Kalimantan dan Jawa tidak umum terdapat di hutan perbukitan antara ketinggian 500-1400m, secara lokal sampai ketinggian 200m di kalimantan. Di Bali tidak tercatat.

Perbedaan Jenis Kelamin

Membedakan jenis kelamin burung Selendang Biru cukup mudah. Kalau jantan berwarna biru muda, tubuh bagian atas biru pirus terang, kekang hitam, tenggorakan dan dada biru lebih muda, perut putih keabu-abuan, penutup ekor bawah putih. Kalau betina berwarna kecoklatan Tubuh bagian atas coklat abu-abu, ekor lebih coklat-merah bata, tubuh bagian bawah coklat keabu-abuan, lingkar mata dan kekang kuning coklat. Remaja : Coklat, berbintik hitam dan kuning kecoklatan.

Perawatan Burung Selendang Biru

Bagi Anda yang ingin memelihara dan merawatnya, namun masih belum tahu caranya. Berikut tips cara merawat Burung Selendang Biru.

  • Pertama – tama, pilihlah jenis kelamin burung selendang biru yang jantan. Karena biasanya yang suka berkicau adalah yang jenis kelamin jantan dan juga warnanya yang lebih menarik. Cara pemilihan jenis kelamin dengan cara yang telah disebutkan di atas.
  • Angin – nginkan burung setiap paginya pada sekitar jam tujuh. Kemudian burung dimandikan dengan cara disemprot menggunakan spray atau diberi cepuk didalam kandang.
  • Setelah dijemur angin – anginkan burung kurang lebih 1 -2 jam jika matahari sangat cerah atau bisa lebih lama jika matahri kurang cerah.
  • Selalu sediakan makanan yang berkualitas seperti voer yang berkualitas, di toko burung sudah banyak tersedia.
  • Berilah makanan tambahan (EF: Extra Fooding) seperti jangkrik ukuran kecil setiap pagi dan sore masing-masing 2 – 3 ekor, bisa juga dengan ulat hongkong dan juga berikan kroto cukup 2 hari sekali 1 sendok teh saja atau cukup 2 kali dalam 1 minggu.
  • Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah jauhkan dan hindarkan burung selendang biru dari tikus, kucing, anjing dan hewan lainnya, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara ocehan burung.

Demikian tips Cara Merawat Burung Selendang Biru, semoga bermanfaat. Terima kasih.

burung selendang biru, download suara selendang biru mp3, suara selendang biru, manfaat voer ayam buat burung, tips merawat burung selendang biru, biar gacor selendang biru, cara menjinakkan burung slendang biru, tips agar selendang biru gacor, selendang biru betina, selendang biru, pakan kesukaan burungninon, burung selendang biru dan perawatannya, makananbiargacor selendang biru, harga burung selendang biru, cara membuat bahan selendang biru cepet gacor, download suara selendang biru, cara merawat burung slendang biru biar gacor, cara merawat burung sikatan selendang biru, asal burung selendang biru

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie