Cara Merawat Burung Tledekan

Burung Tledekan

Burung Tledekan

Cara Merawat Burung Tledekan

Burung Tledekan sering juga dikenal dengan nama burung Sulingan. Burung ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, hampir sebesar burung gelatik. Burung ini ada dua jenis yaitu burung tledekan gunung dan burung tledekan laut. Perawatan dari dua jenis burung ini tidak terlalu sulit dan hampir sama. Dan bagaimana cara merawat burung tledekan agar rajin bunyi dan cepat gacor, berikut adalah tips dan caranya:

  • Yang pertama adalah diawali dari cara pemilihan jenis kelamin burung karena biasanya yang rajin berkicau adalah yang jenis kelamin jantan. Dan untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin Tledekan jantan dan betina akan dibahas pada artikel berikutnya.
  • Selanjutnya burung dimandikan setiap pagi dengan cara cukup diseprot menggunakan spray atau jika memungkinkan berilah cepuk agar burung lebih leluasa mandinya yaitu pada sekitar jam 7-an setelah sebelumnya diangin-anginkan terlebih dahulu.
  • Lakukan penjemuran selama kurang lebih 1-2 jam jika matahari benar-benar cerah dan boleh lebih lama apabila kondisi matahari tidak begitu cerah, selesai dijemur lalu diangin-anginkan di teras atu ditempat yang lebih teduh.
  • Sediakan makanan yang cukup seperti voer yang berkualitas (jika sudah makan voer).
  • Berilah makanan tambahan (EF: Extra Fooding) seperti jangkrik ukuran kecil setiap pagi 2 – 3 ekor dan sore demikian juga 2-3 ekor, bisa juga dengan ulat hongkong dan juga berikan kroto cukup 2 hari sekali 1 sendok teh saja.
  • Lakukan pemasteran suara, baik melalui suara burung secara langsung atau bisa juga dengan menggunakan suara burung dalam bentuk MP3.
  • Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap burung seperti tikus, kucing, andjing dan hewan lainnya, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara ocehan burung.

Sedikit disampaikan, tips ini tidak wajib harus dilakukan, tergantung menurut kebisaan masing-masing cara yang sudah coba dijalankan. Baca juga cara merawat Burung Tledekan Laut.

Terima kasih dan Semoga bermanfaat

cara merawat burung tledekan, mio j cvt tledekan, cara merawat tledekan gunung, suara burung kuniran, suara pemikat burung parkit, suara burung untuk mikat burung tledekan laut, suara burung titiran/, suara anakan burung buat pikat, prenatepro, anakan burung tledekan, harga sulingan tambak, dwonlot suara burung kenari, Caramerawat tledekan gunung, cara perawatan burng tledekan laut biar cepet gacor, cara membuat minuman burung tledekan biar cepat bunyi, video pikat burung tledekan

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie