Cara Merawat dan Menjaga Hubungan Orang di Sekitar Kita

Merawat Hubungan

Merawat Hubungan

Cara Merawat dan Menjaga Hubungan Orang di Sekitar Kita

Menjaga Hubungan Keluarga

Hubungan yang selalu harmonis dan bahagia adalah impian bagi setiap pasangan.  Terpikir mudah untuk dijalankan, namun sulit untuk dipraktekkan sehari-harinya. Keintiman merupakan salah satu yang mendasari dalam suatu hubungan karna akan timbul dengan sendirinya rasa memiliki dan kepedulian yang sangat besar. Tak jarang perbedaan dijadikan salah satu alasan pertengkaran dan menyebabkan perpisahaan bagi pasangan. Nah ini beberapa tips agar setiap pasangan selalu harmonis dan bahagia:

  1. Menghargai perbedaan yang ada. Sebaiknya perbedaan dijadikan alat untuk saling melengkapi kekurangan dan kelebihan sehingga hubungan akan lebih berwarna warni, asalkan kita mau berpikir dan menerimanya secara positif .
  2. Melakukan aktifitas bersama. Bicarakan dan buat jadwal kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama  agar aktifitas yang dilakukandapat menjadi hal yang menyenangkan bagi keduanya.
  3. Sering mengadakan diskusi dan bertukar pikiran mengenai pekerjaan atau aktifitas masing-masing yang di lalui tiap harinya.
  4. Menyelesaikan masalah berdua. Setiap pasangan ada kalanya mengalami pertengkaran. Cekcoku bisa dibilang bumbu dalam sebuah hubungan. Sekecil atau sebesar apapun permasalahan yang dialami, sebaiknya diselesaikan berdua terlebih dahulu. Apabila keluarga besar atau orang lain selalu turut campur ketika ada masalah,  bisa-bisa suasana akan menjadi tidak kondusif sebab terlalu banyak pemikiran dan pandangan lain.
  5. Menjalani hidup di saat susah dan senang bersama. Janji pernikahan ini bukanlah sebuah formalitas. Kata-kata itu adalah pengikat pernikahan yang harus dilaksanakan oleh setiap pasangan. Semua pasangan harus siap dan sungguh-sungguh dalam menghadapi  setiap keadaan.
  6. Berikan kejutan setiap saat, bukan hanya pada saat momen- momen tertentu saja. Kejutan tidak selalu dinilai dengan uang. Dengan memberikan kejutan berupa perhatian atau menbuatkan sesuatu yang disukai oleh pasangan kita, sesuatu yang diberikan itu akan sangat berharga dan akan selalu diingat.
  7. Bermanja dan menceritakan atau melakukan hal-hal yang lucu  akan menciptakan suasana yang lebih hangat. Jangan terlalu serius dalam menjalani hidup berkeluarga sehinga terkesan kaku dan dingin. Saling memanjakan diri dan melakukan hal-hal koyol secara bersama-sama bisa membuat hubungan terasa hangat dan hidup.
  8. Melakukan kunjungan ke keluarga besar. Sempatkan waktu untuk mengunjungi saudara di waktu libur atau akhir pekan untuk berkumpul dan membina keakraban keluaraga Anda atau pasangannya untuk lebih harmonis. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki hubungan kalian yang lebih baik, dengan tips-tips di atas akan selalu tercipta suasana yang lebih harmonis dan bahagia.

 

Menjaga Hubungan Rekan Kerja

Berada di kantor dan menghabiskan sebagian besar waktu di sana tentunya Anda harus bisa berinteraksi baik dengan rekan kerja. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menjalin hubungan baik dengan teman-teman di kantor.

1. Berikan senyuman

Tak ada salahnya melemparkan senyuman dan menyapa rekan kerja Anda setiap harinya begitu sampai kantor. Bersikap sopan dapat menyenangkan hati orang lain sekaligus memberikan kesan baik bagi Anda di mata mereka.

2. Rajin berinteraksi

Lakukan interaksi dengan kolega setiap kali ada kesempatan. Cari tahu apa yang menjadi ketertarikan mereka, misalnya jenis musik yang didengarkan, buku yang mereka baca, atau film yang mereka sukai. Dengan mengetahui hal-hal tersebut bisa jadi pembuka obrolan santai Anda.

3. Jangan gampang tersinggung

Jika rekan kerja melontarkan lelulon tentang Anda, tak perlu langsung marah dan menyerangnya, cukup tertawa saja. Humor bisa membentuk hubungan dengan rekan kerja dan sesekali diperlukan untuk meredakan stres di kantor. Namun, jika lelulon tersebut terasa kelewatan, misalnya melecehkan atau merendahkan, Anda bisa meminta pihak ketiga sebagai penengah. Jika itu yang terjadi, pastikan emosi Anda tetap terkontrol.

4. Beri pujian

Sesekali berikan pujian jika rekan kerja Anda berhasil mencapai sesuatu. Akan lebih penting untuk fokus kepada pekerjaan baik yang dilakukan rekan kerja, ketimbang melihat hal-hal negatif yang dia lakukan.

5. Tunjukkan rasa hormat

Tunjukkan rasa hormat kepada rekan kerja Anda dengan mematuhi etiket di kantor atau dengan menanggapi e-mail dan pesan dari rekan kerja. Bila Anda mengabaikan pesan yang diberikan oleh rekan kerja, apalagi seputar informasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan, dia dapat merasa diremehkan.

Jika Anda ingin dihormati oleh rekan kerja yang lain, maka bersikaplah serupa ke mereka. Selalu beri kesempatan kepada orang lain untuk mengutarakan pendapat, walaupun jika pendapat itu berseberangan dengan Anda. Kalau ternyata Anda tidak suka dengan pribadi rekan kerja, jangan campur-adukkan perasaan pribadi dengan kepentingan profesional.

6. Atasi Konflik Secara Profesional

Konflik sangat mungkin terjadi di antara kolega, tapi karena terjadi di lingkungan kantor, Anda harus bisa mengatasinya dengan sikap profesional. Jika konflik terjadi pada Anda dan seorang rekan kerja, maka atasi berdua saja tanpa mengajak orang lain ikut campur. Coba atasi dulu sendiri dan hindari terburu-buru mengadu ke atasan.

7. Hindari Topik Tak Nyaman

Saat berbicara dengan rekan kerja, hindari topik yang bisa membuatnya merasa tak nyaman. Misalnya, topik mengenai agama, kehidupan keluarga, dan lain sebagainya. Ketahui bahwa ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman untuk menceritakan kehidupan pribadi mereka dengan rekan kerja.

8. Jangan Menyebarkan Gosip

Menyebarkan gosip atau rumor mengenai seorang kolega adalah hal yang harus Anda hindari. Jika Anda mendengar gosip dari orang lain, jangan coba-coba untuk menyebarkannya ke orang lain lagi. Informasi yang Anda dengar belum tentu benar dan kalaupun benar, bukan hak Anda untuk menyebarkannya.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie