Cara Merawat Gear dan Rantai Motor

Cara MerawatCara Merawat Wajah. Read more ... » Gear dan Rantai Motor

Rantai roda adalah bagian penting yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Rantai ini juga punya masa pakai efektif yang terbatas, itu sebabnya perawatan rantai roda menjadi sangat penting untuk dijaga, agar rantai tetap berfungsi dengan baik.

Saat ini banyak sekali motor yang lebih mengutamakan unsur estetika daripada unsur ketahanan rantai roda, hal ini bisa dilihat dengan sangat sedikitnya motor yang menggunakan chaincase / penutup rantai roda, untuk melindungi rantai dari pengaruh cuaca. Padahal.. penutup rantai bisa membuat usia pakai rantai roda menjadi lebih panjang. Rantai tidak lekas berkarat, dan tidak mudah kemasukan kotoran.

Pengguna sepeda motorpun banyak yang kurang memperhatikan alias mengabaikan pentingnya perawatan rantai roda. Tidak jarang kita melihat ada pengguna motor yang rantainya putus, rantainya lepas, bahkan terjatuh karena rantainya terlepas dan mengunci ronda dengan swing arm.

Banyak pula yang rantai rodanya sampai menimbulkan suara berisik akibat kekencangannya tidak terjaga dengan cukup. Mengakibatkan gear set depan belakang ikut termakan gesekan dan menjadi runcing ujung mata gear-nya.

Kapan Saatnya Pengecekan

Lakukan pengecekan kekencangan rantai roda minimal sebulan sekali. Lebih aman jika anda melakukannya pada setiap kali anda melakukan penggantian oli mesin secara berkala. Agar tidak mudah terlupa.

Bagaimana Cara Merawatnya

Ada 3 hal rutin dan penting yang harus selalu dilakukan, yaitu Pengecekan, Penyetelan. & Perawatan.

Pengecekan

Cek kelurusan dan kesesuaian rantai roda dengan sproketnya. Hal ini penting untuk mencegah ausnya rantai motor anda akibat posisi gear rantai yang tidak lurus simetris depan belakang. Cek posisi mata rantai dan sambungan. Rantai yang mulai aus akan mulai mulur dan kendur dengan sendirinya. Perhatikan posisi rantai pada lengkungan gir belakang lalu tarik kebelakang rantai dengan tangan, apabila ada jeda / space lebih dari 3mm, maka bisa dipastikan rantai dan gir harus disetel ulang untuk mendapatkan kekencengan rantai yang memadai. Cek ketegangan rantai , tekan keatas rantai bagian bawah dengan tangan, apabila jarak main terlalu banyak segeralah disetel ulang.

Penyetelan

Seperti point diatas, apabila rantai bisa ditarik kebelakang berarti gir sudah mulai meruncing, apabila rantai bagian bawah ditekan keatas punya jarak main yang cukup banyak. Lakukan penyetelan dengan mengendorkan As Roda terlebih dahulu, kemudian putar kekanan baut setelan kekencangan rantai, putar perlahan sekali putar saja. Lakukan seperti itu sampai didapat kekencangan yang memadai. Artinya rantai tidak terlalu ketat / tegang, tapi juga tidak terlalu kendur. Setelah itu kencangkan kembali as roda motor Anda. Apabila rantai sudah tidak bisa dikencangkan karena sudah terlalu mulur, solusi hematnya anda bisa memotong 1-2 mata dengan menggunakan gerinda. Sambung kembali rantai, pasang klip dan penguncinya seperti posisi semula. Pemotongan rantai sebaiknya tidak dilakukan berkali-kali, apabila sudah pernah 2 kali dipotong, kali ke-3 sebaiknya rantai set diganti baru.

Perawatan

Untuk memperpanjang usia rantai, lakukan pelumasan rantai secara berkala dengan menggunakan chainlube atau bahasa kerennya pelumas rantai. Saat ini ada banyak sekali merek pelumas rantai di pasaran, pilihlah yang baik. Anda bisa bertanya kepada penjualnya, produk mana yang cukup baik.  Pelumasan rantai secara berkala selain berguna untuk mengurangi gesekan, memperpanjang usia rantai, juga menghindari terjadinya korosi akibat karat.Sekali dalam 3 bulan, anda dapat melakukan pembersihan kotoran pada rantai dengan menyemprot rantai dengan udara bertekanan (pakai kompresor) , campur dengan minyak tanah atau bensin. Agar semua kotoran dan sisa pelumas luruh bersih, siap untuk dilumasi kembali dengan pelumas rantai.
Jangan melumasi rantai oli dengan oli, karena putaran roda membuat semua oli akan terlempar kembali menyisakan kotoran pada velg motor Anda.
Lumasi rantai dengan gemuk (grease) yang dipanaskan agar gemuk dapat meresap kedalam roll rantai, caranya pertama-tama pilih gemuk yang baik, masukkan dalam panci bekas, kemudian rebus gemuk sampai 100 0C. Langkah berikutnya masukkan rantai kedalam gemuk yang telah mencair tadi, diamkan selama 15 menit agar semua larutan meresap kedalam celah-celah rantai. Sebelum gemuk menggumpal kembali, angkatlah rantai lalu keringkan. Setelah mengering. Rantai siap dipasang kembali.

Yang harus Dihindari agar rantai roda tidak lekas rusak :
1.Hindari kebiasaan menghentak laju kendaraan dengan melepas koplingPenyebab Gigi Motor Slip. Read more ... » dengan tiba-tiba.
2.Hindari kebiasaan menerabas banjirTips Menghadapi Banjir. Read more ... », terutama apabila anda tinggal didaerah pesisir.
3.Hindari kebiasaan membawa beban berat melebihi kapasitas yang diperbolehkan.
4.Hindari penggunaan ban besar plus velg casting wheel melebihi kapasitas yang seharusnya.
5.Gunakan rantai yang sesuai rekomendasi dari pabrik.

cara menghilangkan rayapCara Mengusir Rayap. Read more ... », cara merawat rantai motorCara Merawat Kopling Motor. Read more ... », apa yang dapat dilakukan untuk memperkecil gesekan antara gir dan rantai sepeda, pengaruh rantai kendor dan kekencengan, penyebab rantai motor menyentak, kenapa tangki vixion saat kehujanan catnya mengelupas, cara memperkecil gesekan gir dan rantai sepeda, Cara mengatasi rante ban satria fuKelebihan dan Kekurangan Satria FU. Read more ... » agar tidak berisik, kerugian potong rantai motor, layar touchscreenCara Merawat Ponsel Layar Sentuh. Read more ... » jadi buram karena kayuputih, mengatasi rantai verzaSpesifikasi dan Harga Honda Verza 150. Read more ... », motor tiger dan solusi kekurangan, untuk memperkecil gesekan antara gir dan rantai, tips merawat rantai tiger, penutup gear kecil satria fu, tips merawat rante tiger, rantai motor berfungsi untuk, tips agar mio kencang pada saat tanjakan, rantai honda verzaCara Mengendarai Motor Kopling Manual. Read more ... » sering kendor, gear rantai belakang bagusnya bagaimana, cara membersuhkan gear dan rantai motor, cara mencegah korosi pada rantai sepeda, cara menyetel rantai motor satria fu yang kendor kenceng, cara menyetel rantai motor verza 150, cara merawat gir tiger

No comments.

Leave a Reply