Cara Merawat Ikan Bendera

Ikan Bendera

Ikan Bendera

Cara Merawat Ikan Bendera

Nama latin ikan ini adalah Order Perciformes dan Sub-order Percoidei yang masuk dalam Famili Chaetodontidae (Butterflyfish), biasa kebanyakan orang menyebutnya ikan kepe – kepe atau ikan bendera. Ikan ini termasuk keluarga besar yang pada habitat aslinya hidup menggerombol. Bentuk tubuh ikan bendera adalah pipih seperti cakram dan ukurannya tidak terlalu besar sekitar 15 cm. Di samping ukuran dan pola warna yang unik, ikan bendera termasuk ikan yang ramah. Inilah penyebab banyak hobbies ikan hias menjadikan favoritnya.

Warna yang unik ikan bendera juga menjadikan ikan hias aquarium yang populer. Akan tetapi, banyak spesiesnya memakan koral, polip dan anemon. Ini menimbulkan masalah pada kebanyakan akuarium terumbu karang dimana keseimbangan yang rapuh harus dijaga. Oleh karena itu, spesies yang dipelihara pada hobi merupakan spesies yang makanannya umum ataupun spesialis pemakan zooplankton.

Ikan bendera termasuk sulit dalam perawatannya. Ikan ini memerlukan kualitas air yang stabil. Tidak mudah membuat ikan ini gampang makan, karena ikan ini akan makan dimana makanannya harus dalam keadaan hidup atau masih fresh. Makanan utama Ikan bendera adalah pakan hidup seperti polip koral, krustacea dan alga.

Umumnya ikan bendera aktif di siang hari dan sering berada di air dangkal berkedalaman kurang dari 18 m (meskipun beberapa spesies turun hingga 180 m), ikan bendera umumnya terikat pada rentang habitat tertentu. Ikan bendera pemakan koral umumnya bersifat teritorial, membentuk pasangan-pasangan kawin dan mengklaim kepemilikan sendiri atas koral. Pada malam hari, ikan bendera bersembunyi di antara celah-celah karang dan dan memperlihatkan warna tubuh yang berbeda dari warnanya di siang hari.

Di habitat aslinya ikan bendera hidup di lingkungan yang tidak terlalu dingin. Tingkat keasinan 1.025 ppm. Untuk memilih ikan ini disarankan memilih yang anakannya atau masih kecil. Karena mungkin mereka lebih cepat beradaptasi daripada yang sudah besar. Wilayah penyebaran ikan bendera sangat luas yaitu di barat dan pusat Samudera Pasifik, Hawai, tenggara Jepang dan pantai barat laut serta timur Australia, berlanjut sampai Samudera Atlantik.

Bagi Anda yang berminat memelihara Ikan Bendera tak ada salahnya untuk memperhatikan bagaimana cara merawat aquarium terlebih dahulu. Karena ikan bendera cukup sulit dalam pemeliharaanya, jadi sia – sia jika Anda memelihara Ikan ini namun mati di kemudian hari karena salah satu penyebabnya adalah salah dalam perawatan aquarium. Semoga bermanfaat, terima kasih.

ikan bendera, makanan ikan bendera, Cara menanam sayur koni, pakan ikan bendera

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie