Cara Merawat Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Cupang

Ikan yang lucu membuat banyak penggemarnya. Seperti halnya dengan ikan cupang, bentuknya yang lucu, imut dan berwarna – warni membuat banyak penggemar sebagai ikan aduan ataupun hanya sekedar sebagai ikan hias dirumah. Pemeliharaan ikan cupang juga cukup mudah, Anda pun bisa merawat ikan cupang dengan mudah. Berikut syarat – syarat cara merawat ikan cupang :

Derajat keasaman ( ph )

Derajat keasaman atau ph sangat menentukan kehidupan ikan. Titik kematian ikan biasanya pada ph 4 atau asam serta ph 11 atau basa. Demikian juga reproduksi atau perubahan ikan serta ada bibit penyakit amat bergantung pada ph.

Dihabitat asli ikan cupang berkembang dengan air yang mempunyai ph sebesar 6,2 – 7. Beberapa hobiis serta peternak menggunakan daun ketapang atau palaqium clarkeanum untuk mendapatkan ph ideal.

Mengukur ketepatan ph air bisa dilakukan dengan mudah. Dengan kertas lakmus Anda bisa mengukur derajat keasaman dengan tepat, Anda bisa mendapatkan kertas lakmus di toko kimia terdekat.

Derajat keasaman yang tidak tepat juga bisa kita lihat terhadap tanda – tanda ikan dan perilaku ikan. Beberapa indikasi ikan yang ph airnya tidak tepat adalah sebagai berikut :

  • Tidak mempunyai nafsu makan
  • Langkah berenangnya tidak stabil, gelisah atau sradak-sruduk
  • Tidak dapat berkembang biak atau bertelur.
  • Perkembangan terhalang.

 Amonia serta nitrit

Amonia yaitu gas buangan hasil metabolisme ikan, baik sisa kotoran maupun sisa pakan. sisa pakan biasanya membusuk hingga bikin kandungan amonia didalam air meningkat. kandungan amonia yang tinggi dapat mengakibatkan ikan keracunan atau mabuk.

Nitrit yaitu gas yang amat beracun. Nitrit yaitu hasil perompakan protein yang disebut sisi dari amonia. Air yang kotor dengan tingkat penyebaran ikan yang banyak biasanya memiliki kandungan nitrit yang tinggi.

Untuk mengurangi kandungan 2 zat tersebut bisa dikerjakan dengan langkah penggatian air dengan teratur, pemberian aerasi, penguapan, atau reaksi kimia dengan nitrogen.

Oksigen terlarut

Seperti yang kita ketahui, makhluk hidup tidak bisa hidup tanpa oksigen. Keberadaan oksigen ada di hawa ataupun terlarut di dalam air. Sebagian faktor yang merubah besar kecilnya oksigen terlarut didalam air diantaranya seperti berikut :

  • Ada pergerakan dipermukaan air, contohnya riak atau gelombang, dapat mempercepat sistem difusi.
  • Semakin tinggi suhu, semakin sedikit oksigen terlarut.
  • Semakin tinggi satu tempat semakin rendah tekanan udaranya hingga semakin rendah juga kandungan oksigen terlarut.
  • Semakin tinggi kandungan garam, semakin sedikit oksigen terlarut.
  • Cahaya serta tanaman hijau amat menolong. tetapi walau banyak tanaman hijau, apabila cahaya matahari kurang maka oksigen terlarutpun makin sedikit

Sepanjang ini, ikan cupang dikenal mempunyai daya tahan yang baik pada rendahnya oksigen terlarut didalam air. perihal ini dimungkinkan dikarenakan ikan cupang terhitung ikan labirin, yakni dapat mengambil oksigen segera dari hawa. tetapi, sudah pasti dapat tambah baik apabila kandungan oksigen terlarut semakin banyak.

Kandungan oksigen terlarut yang terlalu rendah bisa mengakibatkan penurunan nafsu makan, sirip tidak berkembang prima, serta bentuk tubuh tidak menarik pada ikan cupan peliharaan.

Temperatur Air

Kisaran suhu air maksimal untuk ikan cupang yaitu 23-25 derajat celcius. penurunan suhu hingga 21 c atau kenaikan hingga 27 c tetap bisa ditolerir, namun 27-30 derajat umumnya dipakai untuk aquaruim tempat tinggal sakit dimana anda memisahkan ikan yang sakit serta memberikan obat untuk penyakit spesifik. Memelihara ikan cupang di air hangat serta lebih enjoy dapat sangat mungkin mereka dapat pulih lebih cepat.

Bila air terlampau dingin, system kekebalan ikan cupang dapat terganggu dan penyakit dapat menyerang ikan cupang. Bila air terlalu hangat, bakteri akan mudah tumbuh dan air mudah tercemar sampai ikan sukar bernafas.

Beberapa jenis pakan alami

Pemberian pakan pada ikan cupang sangat mudah. Ikan cupang membutuhkan protein untuk kekuatan serta pembentukan tubuh, juga membutuhkan vitamin serta mineral mutlak yang lain untuk kegiatan serta melindungi daya tahan tubuhnya. Pakan alami yang amat pas untuk perubahan serta perkembangan cupang hias diantaranya cuk atau jentik nyamuk, kutu air, cacing sutra, serta infusoria. walau sekarang ini dikenal juga pakan buatan, contohnya tubifex worm, tepung artemia salina, serta frozen bloodworm, namun baiknya jadi pilihan paling akhir untuk dipakai. Waktu yang pas untuk berikan pakan yaitu jam 10.00 serta jam 16.00.

a. Encuk atau jentik nyamuk

Encuk atau jentik nyamuk pada tempat beriklim tropis layaknya indonesia, berkembang dengan subur. Jentik nyamuk banyak disinyalir dapat menghidupkan tenaga serta mencemerlangkan warna cupang hiar. Pemberian yang teratur sesuai kebutuh cupang hias bikin tubuh ikan tampak lebih atletis serta seimbang.

b. Kutu air

Sesungguhnya yang selam ini dikenal sebagi kutu air tidaklah kutu, tetapi udang renik cladocera. Kutu air amat punya pengaruh pada perkembangan sirip cupang hias, yakni dapat membuatnya tumbuh lebih lebar serta panjang. Perlu diingat, janganlah berikan kutu air hitam atau cyccllopspada burayak cupang hias dikarenakan bisa mengakibatkan kematian.

c. Cacing sutra

Cacing sutra ( tubifex sp. ) atau kerap dimaksud cacing rambut adalah pakan yang amat akrab untuk ikan hias, demikianlah juga cupang hias. Tetapi, untuk cupang hias yang siap bertelur, cacing sutra baiknya tidak diberikan dikarenakan kandungan lemaknya bisa menyumbat saluran telur hingga menghalangi sistem kematangan kelamin cupang hias. cacing ini hidup didasar perairan yang banyak memiliki kandungan bahan organik layaknya comberan. sepintas caing ini serupa benang kusut berwarna merah. Sebelum cacing sutra diberikan, baiknya cacing sutra dibersihkan terlebih dulu supaya bibit penyakit yang mungkin bersamanya tidak turut termakan ikan cupang hias.

d. Infusoria

Pakan alami ini adalah jada renik yang amat kecil, berukuran 0, 04 – 0, 1 mm, hingga tidak bisa tampak dengan mata telanjang. dikarenakan itu pas diberikan pada burayakyang baru menetas saat cadangan makan yang datang dari kuning telurnya habis.

cara merawat ikan cupang, ikan hias tanpa gelembung udara, cara merawat ikan cupang aduan, download video ikan cupang, cara merawat cupang, cara merawat burayak cupang, blh tidak burayak diberikan daun ketapang baru menetas, download video ikan cupang hias, download video ikan cupang/, download vidio cupang, Download vidio Ikan cupang Full, downlood video cupang, Merawat burayak cupang, download video ikan cupan, download video cupang, download video cara budidaya ikan cupang, cara mengawinkan ikan cupang, cara menggunakan daun ketapang untuk ikan cupang, Cara menyepot ikan katong yang benar, cara merawat cacing sutra, cara merawat ikan cupan, cara merawat ikan cupang hias, doping cupang, dowloan video ikan cupang, video ikan cupang

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie