Cara Merawat Kaca Mobil

Cara Merawat Kaca Mobil

Salah satu yang mempengaruhi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara mobil adalah bagian kaca mobil. Oleh karena itu kaca mobil wajib dirawat dan dijaga kebersihannya, agar pandangan pengemudi selalu jelas dalam segala macam kondisi cuaca. Kaca mobil yang kotor dan berjamur, tentu dapat menyebabkan kaca menjadi buram dan mengganggu pandangan saat mengemudi.

Merawat kaca mobil sangatlah berbeda dengan merawat cat mobil, untuk itu ada beberapa trik agar kaca mobil terhindar dari yang namanya kaca jadi buram, yaitu:

  • Jangan menggunakan atau menggerakkan wiper untuk membersihkan kaca mobil dalam keadaan permukaan kaca kering, terutama jika kondisinya sedang berdebu atau kotor, karena debu atau kotoran dapat menyebabkan goresan-goresan halus bahkan kasar pada kaca mobil.
  • Dalam keadaan musim hujan, gunakan wiper seperlunya atau sesuaikan kecepatannya dengan intensitas air hujan yang turun. Gerakan wiper yang terlalu cepat saat permukaan kaca mobil tidak terlalu basah akan merusak lapisan kaca dan mengikisnya.
  • Gantilah segera karet wiper yang telah rusak, tidak lentur lagi dan retak. Karet wiper dengan kondisi seperti ini dapat menyebabkan air  tidak tersapu sempurna ataupun tidak merata pada permukaan kaca.
  • Gunakanlah cairan wiper yang khusus digunakan sebagai cairan wiper. Menggunakan cairan wiper dari air yang dicampur dengan sabun biasa memang efektif untuk membersihkan kaca mobil dari kotoran debu ataupun lemak. Akan tetapi, tidak direkomendasikan, karena kemungkinan sabun biasa dapat menimbulkan endapan pada kaca jika bereaksi dengan udara ataupun sinar matahari juga pada reservoir mobil.
  • Jangan membiarkan air atau kotoran terlalu lama menempel di kaca. Jika kaca mobil telah terlihat kotor, biasakan untuk segera membersihkan dengan lap chamois dan air, lalu keringkan. Kaca yang kotor dalam waktu lama dapat menyebabkan timbulnya jamur kaca.

Untuk keadaan darurat dan tidak bisa pergi ke salon mobil, maka ada beberapa tips yang bisa dicoba (kaca dalam keadaan setelah dicuci dan kering):

Untuk menghilangkan noda minyak, oleskan kaca depan dengan menggunakan pasta gigi sampai merata, lalu gunakan koran untuk membersihkan. Setelah itu, lap dengan kain yang halus hingga bersih.

Untuk jamur, rendam tembakau dari 2 batang rokok apa saja (buang kertas pembungkus dan filternya) ke baskom kecil yang telah diisi air. Celupkan kain halus ke rendaman, dan gosok satu arah dari atas ke bawah sampai bersih.

cara membersihkan kaca mobil, cara membersihkan kaca mobil yang buram, menghilangkan bercak air di kaca mobil, menghilangkan minyak pada kaca mobil, cara membersihkan kaca depan mobil buram, kain sutra untuk membersihkan kaca, kiat merawat kaca depan mobil, lihat cara memperbaiki jok mobil, membersihkan kaca mobil bekasCara Merawat Mobil Matic. Read more ... » bercak air, membersihkan kaca mobil dari flek sabun, behel gigiCara Merawat Gigi. Read more ... » biyar rata, menghilangkan bekas sabun pada kaca mobil, tips merawat kaca depan mobil, donlod cara membuat sabun untuk membersihkan jamur untuk kaca mobil, Cra atasi skep karbu breet, cara bersihkan noda wiper di kaca mobil, cara membersih flek pada kaca mobil/, cara membersihkan debu mobil, cara membersihkan kaca depan mobil dari kotoran cat, cara membuka stiker dikaca mobil, cara memperbaiki batik yg warna ny pudar, cara menghilangkan bercak air di kaca mobil, cara menghilangkan bintik bintik pada kaca film mobil, cara mengkilapkan kaca mobil, tips merawat kaca mobil

No comments.

Leave a Reply