Cara Merawat Knalpot Agar tidak Berkarat

Knalpot Motor

Knalpot Motor

Cara Merawat Knalpot Agar tidak Berkarat

Merawat knalpot sebenarnya sangatlah mudah, namun membutuhkan ketelatenan, dan ketelitian tinggi. Bila, pengguna motor dapat merawat knalpotnya sendiri tentu, knalpot tersebut akan lebih awet. Seperti yang kita tahu, fungsi dari knalpot
yakni mendukung tampilan pada kendaraan dan juga menyalurkan gas-gas sisa pembakaran. Untuk itu, hal yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan perawatan yang intensif untuk knalpot kendaraan anda. Knalpot kendaraan sangat rawan berkarat dan bocor sehingga suara maupun gas yang dihasilkan pun akan sangat menganggu atau tidak ramah lingkungan.

Usia motor juga akan sangat berpengaruh pada keadaan knalpot anda karena kotorankotoran yang menempel dan menyebabkan korosi pada knlapot akan membuat knalpot tersebut kurang familiar. Bila anda tidak bisa melakukan perawatan terhadap knalpot
kendaraan anda, sebaiknya anda membawanya ke tukang servis. Tapi bila anda ingin mengetahui cara yang tepat dan benar untuk melakukannya, berikut beberapa tips yang akan membantu anda bagaimana merawat knalpot dengan cara yang tepat:

Rutin mengoleskan oli pada bagian leher knalpot.
Sebaiknya anda rutin memberikan oli pada bagian leher knalpot kendaraan setelah melakukan pemanasan pada motor anda. Tidak perlu terlalu lama menghidupkan atau memanasi motor anda cuku 3 sampai 5 menit. Matikan mesin kemudian tuangkan oli kedalam knalpot, hidupkan lagi motor anda dan kotoran-kotoran pada knalpot anda akan terbuang bersamaan dengan asap yang keluar tersebut. Cara ini harus anda lakukan rutin tiap satu bulan sekali untuk menjaga agar knalpot tidak cepat keropos dan berkarat.

Rajin mencuci motor, khususnya ketika setelah kehujanan.
Sebaiknya anda tidak berlama-lama dan segera mencuci motor anda hingga bersih karena hal ini ampuh untuk mencegah karat pada knalpot. Melap motor hingga benar-benar kering. Setelah anda mencuci bersih motor anda, jangan lupa untuk melapnya hingga benarbenar kering karena hal ini juga sangta efektif untuk mencegah knalpot berkarat.

Periksa kebocoran dari paking knalpot.
Hal lain yang bisa anda lalukan untuk perawatan knalpot anda yakni periksa dan segera ganti apabila paking knalpot anda rusak.
Periksa kekencangan baut pada knalpot. Selain itu, anda sebaiknya juga harus memeriksa knalpot anda apakah bautnya sudah kencang atau belum. Karena apabila baut longgar dapat mengakibatkan patahnya knalpot karena getaran yang di hasilkan mesin.

Gunakan cat khusus untuk mengecat knalpot.
Jika anda tertarik untuk mengecat ulang knalpot anda, sebaiknya gunakan cat yang tidak sembarangan yakni dengan cat spray hitam yang anti panas sehingga dapat meminimalisir resiko knalpot berkarat. Lakukan pembersihan karat secara benar. Gunakan ampelas atau sikat kawat dan bersihkan leher-leher knalpot secara benar.

Untuk knalpot racing cara diatas juga harus dilakukan namun dengan tambahan perawatan khusus karena knlapot racing lebih cepat berkarat dan menguning. Tambahannya adalah selalu mengolesi leher knalpot dengan oli atau pelumas bekas sebelum memanasinya setiap hari. Hal ini akan memperpanjang umur knalpot tersebut.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie