Cara Merawat Kopling Motor Agar Terasa Ringan

Handle Kopling

Handle Kopling

Cara Merawat Kopling Motor Agar Terasa Ringan

Banyak orang memilih mengendarai motor karena dirasa lebih irit dan lebih mudah menyelip di sela-sela lalu lintas yang padat, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta. Beragamnya merek dan model motor menjadikan pasar motor sangat diminati oleh produsen otomotif motor kenamaan di dunia yang rela mengucurkan dana untuk menjaring konsumen-konsumen otomotif baru yang berpotensi menjadi konsumen loyalnya.

Motor berdasarkan kopling dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu motor dengan kopling manual, motor dengan kopling otomatis, dan motor matic. Ketiganya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kali ini yang kita bahas adalah problem yang biasa terjadi pada motor dengan kopling manual.

Pengendara motor yang menggunakan kopling manual, misalnya motor sport seringkali harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk dalam mengendarai kendaraannya. Kopling yang terletak pada tangan kiri tersebut seringkali membuat pengendara motor merasa kurang nyaman karena sering terkilir. Lalu, apakah yang harus dilakukan agar kopling tersebut menjadi nyaman dan ringan bila dipakai? Berikut tips otomotif agar kopling Anda terasa nyaman dan ringan.

Sebenarnya, untuk memperingan kopling, Anda dapat menggunakan sebuah alat kecil yang disebut “tul”. Alat ini dapat didapatkan di toko otomotif dan bengkel terdekat dengan harga yang terjangkau.

Setut tuas kopling yang terletak di gir boks bagian kanan akan membuat tuas asli akan bertambah panjang sehingga dapat memperingan beban yang sebelumnya berat.

Cara Memasang “Tul”

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut. Jika mesin otomotif sudah dingin, Anda dapat mengendurkan kopling yang terletak di bak mesin kanan dengan memakai kunci pas 14. Kemudian, lepas penahan kopling, dan dilanjutkan dengan menyelipkan pengenteng kopling ke tuas setutnya. Tekanlah plat penjepit peringan tersebut dengan memakai tang.

Setelah tahap-tahap tersebut dilakukan, segera pasang baut dan rapatkanlah dengan menggunakan kunci pas dan ring 8. Hal tersebut diakhiri dengan menyelipkan kembali penahan kawat kopling dan menyetel ulang kopling tersebut.

Adapun cara merawat kopling motor agar terasa ringan, berikut caranya :

Rajin Ganti Oli

Salah satu yang menyebabkan sepeda motor kopling melemah tenaganya adalah karena kualitas pelumas mesin sudah menurun. Dengan menurunnya kualitas pelumas tersebut maka terjadilah gesekan kasar karena terlambatnya beberapa detik persneling motor pada saat akselerasi perpindahan gigi. Untuk itu agar gesekan di dalam mesin lebih halus dan ringan disarankan untuk mengganti oli secara berkala.

Cek Kanvas Kopling

Dengan melakukan pengecekan rutin kanvas kopling maka akan membuat kinerja motor Anda menjadi maksimal. Pengecekan juga juga dilakukan pada bagian lain seperti per kopling. Ini penting untuk dilakukan karena bila kinerja per kopling tersebut melemah maka mengakibatkan kanvas tidak bekerja dengan baik. Agar masalah tidak bertambah parah lebih baik ganti per kopling dengan yang baru.

Membersihkan Kabel Tali Kopling

Salah satu penyebab dari putusnya tali kopling ini adalah karena banyaknya kotoran yang menempel di dalam kabel tali kopling sehingga membuat tuas kopling menjadi berat. Untuk menjaga agar tarikan tuas lebih ringan dan menghindari dari putus tali kopling sebaiknya Anda menjaga kebersihannya. Caranya Anda dapat melumasinya dengan pelumas atau memakai cairan pembersih karat lain yang banyak beredar dipasaran.

cara merawat kopling motor, cara merawat motor kopling, cara merawat kopling sepeda motor, tips merawat kopling motor, cara merawat tali kopling, cara perawatan kopling motor, perawatan kopling sepeda motor, tips cara merawat kopling buatan, serba serbi kanvas kopling jupiter mx, menjaga tali kopling, caranya menyetel kanvas kopling rs king, cara perawatan kopling sepeda motor, cara melumasi kopling manual pada motor, bagaimana merawat kopling motor manual yg benar

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie