Cara Merawat Payudara Agar Kencang dan Montok

Payudara Montok

Payudara Montok

Cara Merawat Payudara Agar Kencang dan Montok

Payudara merupakan organ tubuh bagian atas dada dari spesies mamalia berjenis kelamin betina, termasuk manusia. Manusia merupakan satu-satunya mahkluk hidup yang payudaranya tumbuh di tubuh bagian atas.

Tidak sedikit kaum wanita yang tidak mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan dan keindahan payudara. Padahal, payudara itu sangatlah penting bagi kaum wanita. Payudara beresiko akan kanker payudara jika tidak terawat dengan baik. Seperti yang telah kita ketahui, kanker payudara adalah penyebab kematian kedua di dunia.

Untuk itu, lebih baik mulailah perawatan payudara sejak dini untuk mencegah terjadinya resiko kanker payudara.

Cara Mudah Merawat Payudara

1. Gunakanlah Bra Yang Sesuai – Ini sangat penting sekali, untuk itu gunakan bra yang nyaman saat anda pakai, mudah menyerap keringat dan pada saat anda berolah raga sebaiknya anda juga menggunakan bra yang khusus untuk berolah raga.

2. Lakukanlah Olahraga yang berhubungan dengan payudara, misalnya senam ringan dengan tujuan untuk memperkuat otot dada. Gerakan senam yang dilakukan setiap hari secara rutin akan membentuk otot-otot dada. Lakukan latihan ini secara berlanjut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Pijat payudara – Pijatan ini bisa anda lakukan sendiri. Caranya, gunakanlah minyak essensial hangat (bisa campuran cendana dan kayu manis) lalu mulailah memijat dari bahu dan belikat supaya ketegangan atau stress hilang. Lalu mulai pijat payudara anda secara perlahan kearah dalam selama 15 kali dilanjutkan kearah luar selama 15 kali. Lakukan pijat ini secara rutin, seminggu tiga kali. Setelah itu anda bisa langsung mandi dengan air hangat agar sirkulasi darah menjadi lancar.

4. Istirahat yang cukup – Apa hubungannya payudara indah dan kencang dengan tidur yang cukup? payudara adalah bagian dari tubuh juga. Jika tubuh kelelahan, seluruh bagian tubuh yang lainpun ikut kelelahan. Mata sembab, kulit kusam, wajah pucat tak sehat, payudarapun ikut merasakan stress, sehingga metabolisme tubuh tidak berjalan dengan semestinya. dan jika ini terjadi, maka lama kelamaan, payudara anda akan menjadi kendur dan turun.

5. Oleskan payudara dengan minyak zaitun untuk menjaga kelembapannya. dan Untuk hasil yang maksimal, lakukan pijatan ringan dengan gerakan yang lembut.

6. Jika di akhir hari Anda tidak berkeringat berlebihan, hindari pemakaian sabun di area seputar puting susu (areola) saat mandi. Beberapa jenis sabun dapat membuat kulit di sekitar payudara menjadi kering.

7. Hindari kegiatan menggosok payudara dengan handuk secara kasar setelah selesai mandi. karena dengan menggosok secara kasar bisa mengakibtkan puting susu terasa sakit dan perih sesudahnya.

Cara Melakukan Perawatan Payudara Sebelum Melahirkan

1. Sediakan handuk/kapas, minyak kelapa/cream/baby oil

2.Licinkan kedua telapak tangan dengan minyak, kemudian kompres puting susu dan sekitarnya dengan menempelkan kapas/handuk yang dibasahi minyak sekitar 2 menit.

3. Pegang kedua puting susu lalu tarik keluar bersama-sama dan diputar kedalam 20x , keluar 20x.

4. Pangkal payudara dipegang dengan kedua tangan lalu payudara diurit dari pangkal menuju puting susu sebanyak 30x.

5. Pijat daerah areaola sehingga keluar cairan 1-2 tetes untuk memastikan saluran susu tidak tersumbat.

6. Berdihkan puting susu dan sekitarnya dengan handuk kering yang bersih.

Cara Melakukan Perawatan Payudara sesudah Melahirkan

Pengurutan I

1. Tempatkan kedua telapak tangan di antara kedua payudara dengan menggunakan telapak tangan, payudara diurut dari bagian tengah atas menuju bawah, samping kanan dan kiri.

2. selanjutnya dari arah bawah menuju tangah (melintang)

3. dari samping diurut kearah atas dan payudara diangkat, kemudian dilepas perlahan-lahan.

Pengurutan II

Telapak tangan kiri menopang payudara kiri dengan jari-jari tangan kanan sisi kelingking mengurut payudara kearah puting susu. lakukan 30x untuk masing2 payudara.

Pengurutan III

sama dengan pengurutan II, tetapi tangan kanan digenggam dan dengan tulang sendi jari diurut dari pangkal menuju ke puting susu.

Merawat Payudara dengan Merangsang Payudara

Mandikanlah payudara dengan air hangat kemudian dengan air dingin berganti-ganti beberapa kali. Keringkanlah dengan handuk bersih. Payudara adalah salah satu bagian tubuh kebanggaan wanita. Payudara yang sehat, kencang dan terawat akan membuat wanita lebih percaya diri. Terlebih lagi bagi wanita yang telah menikah, hal tersebut akan membuat wanita bangga dan lebih percaya diri di depan suami.

Tetapi untuk mempertahankan kecantikan payudara, memang tidak mudah karena kulit payudara cenderung lebih tipis dan lembut daripada bagian tubuh lainnya. Kulit seputar putting susu atau areola juga lebih sensitif karena terdapat syaraf dibawahnya.

Jika Anda ingin menjaga payudara Anda tetap terawat dengan baik, maka mulailah sejak dini memperhatikan permasalahan kecil seputar payudara anda. dan jangan lupa untuk mengkonsultasikan ke dokter.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie