Cara Merawat Sepatu Kulit

Sepatu Kulit

Cara Merawat Sepatu Kulit

Saat kita akan membeli sepatu Kulit pantofel, tentu saja kita telah melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan kualitas terbaik. Namun, tanpa perawatan setinggi apapun kualitas sepatu tetap saja akan cepat rusak, walau tidak secepat sepatu dengan kualitas rendah.

Berikut ini kami akan membagikan beberapa tips merawat sepatu pantofel berbahan kulit dan sintetis agar senantiasa awet, diantaranya adalah sebagai berikut :

Berbahan Kulit

  1. Bersihkan sepatu sebelum disimpan. Setidaknya Anda harus mengelap debu yang menempel pada sepatu dengan kain halus atus membersihkan bagian yang tidak terjangkau dengan sikat berbulu halus sebelum menyimpannya.
  2. Hindari tempat penyimpanan yang lembab. Sepatu kulit sangat rentan ditumbuhi jamur jika disimpan di tempat lembab.
  3. Sesekali angin-anginkan sepatu. Walau sepatu Anda lama tidak Anda gunakan, Anda harus tetap merawatnya dengan cara mengangin-anginkannya sesekali minimal dua minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk mengatur kondisi sepatu agar tidak lembab.
  4. Jangan biarkan sepatu dalam keadaan basah yang lama. Jika sepatu kulit Anda terkena air atau zat cair lainnya, usahakan untuk segera mengeringkannya dengan kain halus kerung, tissue atau bahan lain yang memiliki tekstur halus.
  5. Pastikan kaki benar-benar dalam kondisi kering saat menggunakan Sepatu. Keringkan kaki dari air atau keringan sebelum menggunakan sepetu. Jika kaki Anda mudah berkeringat, gunakan sabun antiseptik dan beri bedak antiseptik sebelum menggunakan sepatu. Kondisi basah, dapat menyebabkan sepatu mengeluarkan bau tidak sedap.
  6. Jangan gunakan sepatu saat cuaca hujan. Jika cuaca di luar ruangan sedang hujan, sebaiknya jangan nekat untuk menggunakan sepatu kulit. Air hujan terutama di daerah perkotaan yang telah dicemari oleh polusi dapat dengan mudah merusak sepatu kesayangan Anda.
  7. Bawa sepatu cadangan ketika musim penghujan. Bawalah sepatu anti air saat musim penghujan. Jika tiba-tiba turun hujan, maka alangkah lebih baiknya jika Anda mengganti sepatu kulit. Anda dengan sepatu tahan air dan menyimpan sepatu kulit di dalam tas anti air.
  8. Jangan jemur sepatu di bawah sinar matahari langsung. Jika suatu saat sepatu Anda benar-benar basah bahkan hingga bagian dalam, jangan sekali-kali menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat merusak bahan kulit menjadi retak atau pecah-pecah. Untuk mengatasinya, Anda dapat memasukkan kain yang mudah menyerap air ke dalam sepatu Anda, setelah air terserap, ambil kain dan kemudian angin-anginkan sepatu.

Berbahan Sintetis

Perawatan sepatu berbahan kulit dan sintetis pada dasarnya sama, tetapi Anda harus lebih berhati-hati dengan perawatan sepatu kulit. Namun, bukan berarti Anda bisa sesuka hati Anda sendiri merawat sepatu berbahan sintetis. Lakukan perawatan yang sama dengan sepatu berbahan kulit agar sepatu sintetis Anda senantiasa awet.

Demikian beberapa tips merawat sepatu kulit baik terbuat dari bahan kulit maupun dari bahan sintetis. Dengan perawatan yang baik dan benar, Anda akan tampil lebih percaya diri dengan sepatu Kulit pantofel yang terawat sehingga Anda tidak perlu berkali-kali membeli sepatu untuk menghadiri acara-acara penting Anda.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie