Fungsi dari Motherboard

Motherboard

Motherboard

Fungsi dari Motherboard

Motherboard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menancapkan dan menghubungkan semua perangkat keras komputer, dengan kata lain motherboard sebagai sirkuit utama dimana semua komponen pendukung komputer akan dihubungkan. Pada motherboard terdapat komponen-komponen yang sangat penting dan mempunyai peranan dan fungsi masing-masing.

Berikut adalah Komponen motherboard dan fungsinya:

1. Slot Prosessor

Slot yang berfungsi untuk menancapkan atau meletakan prosessor pada komputer, Slot ini berbentuk persegi dengan ukuran sesuai dengan prosessor.

2. Slot memori (RAM)

Yaitu slot yang berfungsi untuk memasang RAM atau memori ke motherboard, Slot ini berbentuk panjang dengan pengunci di kanan dan kirinya yang berfungsi untuk mengunci memori atau ram yang sudah terpasang pada motherboard

3. Chipset Nortbridge

Komponen yang berbentuk persegi yang menempel pada mottherboard yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data antara prosessor dengan sistem memori dan saluran uatama motherboard. Chipset ini biasanya terletak berada didekat prosessor.

4. Chipset Southbridge

yaitu chipset yang berfungsi untuk pengatur alur data kinerja prosessor dengan komponen sekunder seperti: IDE harddisk, drive, DMA dan lain-lain.

5. Slot PCI Express X16

Slot ini berfungsi untuk menancapkan kartu VGA dengan model terbaru.

6. Slot PCI Express x1

Slot yang berwarna putih yang berbentuk memanjang yang berfungsi untuk menancapkan kartu ekspansi ke motherboard, kartu ekspansi meliputi LAN Card dan lain-lain.

7. Slot AGP

Adalah slot pada komputer yang berfungsi untuk menancapkan kartu VGA ke motherboard, slot ini digunakan untuk motherboard yang belum mempunyai slot PCI Express x16.

8. Slot PCI

Slot yang mempunyai fungsi yang sama dengan slot PCI Express 1x, akan tetapi slot ini mempunyai kecepatan akses dibawah slot PCI Express 1x

 

9. Chipset BIOS

Merupakan sebuah chipset yang menyimpan program bios dan konfigurasinya.

10. Baterai CMOS

Yaitu baterai khusus yang berfungsi untuk memeberikan daya ke chipset bios agar konfigurasi dari bios tidak kembali ke pengaturan awak ketika komputer dimatikan. Baterai ini berbentuk bulat.

11. Port SATA

Port yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat yang mempunyai port berbentuk SATA.

12. Port IDE

yaitu port yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat yang mempunyai port ATA seperti CD Room model lama dan harddisk model lama.

13. Port Floppy Disk / Floppy Disk Drive

Port yang berfungsi untuk menguhubungkan floppy disk dengan motherboard

14. Port PS/2

yaitu port yang berada disisi samping motherboard yang berfungsi untuk menancapkan mouse dan keyboard. Port PS/2 ada 2 macam: ada yang berwarna ungu dan berwarna hijau yang mempunyai fungsi masing-masing. Port PS/2 yang berwarna ungu berfungsi untuk menancapkan keyboard dan port yang berwarna hijau berfungsi untuk menancapkan mouse.

15. Port Paralel

Yaitu port yang berfungsi untuk memasang peripheral berkecepatan rendah dengan lebar data 8 bit. Akan tetapi port jenis ini sudah sangat jarang untuk digunakan.

16. Port RJ45

Adalah port yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan.

17. Port USB

Port yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat atau peripheral yang mempunyai port USB seperti printer, kabel data, scanner dan lain-lain.

18. Port Audio

Yaitu port yang memiliki 3 port yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke perangkat audio. 3 port tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda seperti: line-in, line-out dan mikrofon

cara merekayasa genetika tanaman aquaescape, nokia x lemot banget

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie