Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless

Ban Tubeless

Ban Tubeless

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless

Sekarang ini banyak pilihan ban bagi sepeda motor. Yang umum di pasaran sekarang adalah ban tubeless dan ban biasa yang terdapat ban dalam. Banyak orang beranggapan bahwa ban tubeless memiliki keunggulan lebih banyak dibandingkan dengan ban biasa. Sebenarnya semua itu tergantung dengan kebutuhan motor Anda.

Sebagian orang belum mengetahui kelebihan dan kekurangan dari ban tubeless. Namun banyak juga biker yang sudah umum mengetahuinya. Apalagi sekarang ini banyak oknum yang sengaja menyebar paku di jalanan agar ban kemps dan akhirnya mau tidak mau harus ditambal, dan sampai harus ganti ban dalam. Nah, jika Anda menggunakan ban tubeless hal ini bisa diminimalisir, paling tidak tekanan ban tidak langsung hilang dan tidak perlu mengganti ban dalam.

Kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan ban tubeless lebih mendalam. Silahkan disimak bagi yang belum mengetahui.

Kelebihan ban tubeless

  • Ban tubeless cocok di jalanan perkotaan atau jalan yang mulus. Ban tubeless juga lebih stabil untuk bermanuver dan menikung. Selain itu ban tubeless lebih stabil pada kecepatan tinggi.
  • Ban tubeless lebih tebal dan padat, tentu saja membuat ban tubeless lebih awet.
  • Jika ban terkena paku, ban tubeless tidak langsung kempes atau tekanan tidak akan langsung berkurang.
  • Untuk menambal ban tubeless lebih cepat, hanya dibutuhkan tidak kurang dari lima menit. Proses penambalan ban pun juga tidak repot.
  • Velg aman dari goresan pencongkel ban dalam, jika ban biasa harus mencongkel disekitar Velg untuk bisa mengeluarkan ban dalam, yang kadang bisa menggores Velg, dan di Ban Tubeless ini tidak.

Kekurangan ban tubeless

  • Ban Tubless Relatif Lebih Mahal, biasanya ban tubless ini lebih mahal harganya dibanding dengan harga ban biasa.
  • Ban Lebih Berat, walaupun ukuran sama, ban tubless ini lebih berat diabnding dengan ban biasa, misalnya kita melakukan perjalanan jauh, jangan heran misalnya konsumsi BBM kendaraan anda menjadi naik atau boros.
  • Ban tubeless hanya bisa dipasang di velg racing. Selain itu velg juga harus dengan tapak lebar. Bebek atau skutik sebenarnya lebih cocok menggunakan ban biasa, karena bobot ban tubeless akan jauh mengurangi performa. Beda dengan sepeda motor sport yang tenaganya sudah jauh lebih besar.

Demikian informasi kelebihan dan kekurangan ban tubeless yang dapat kami sampaikan. Tidak ada salahnya mencoba ban tubeless. Selain lebih tahan bocor, juga stabil untuk kecepatan tinggi. Ban biasa pun juga oke, selain murah, lebih awet dan lincah, meski harus waspada ketika tiba-tiba ranjau paku menyerang. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat, terima kasih.

kelemahan ban fdr

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie