Macam Batu Akik Sulaiman

Batu Akik Sulaiman

Batu Akik Sulaiman

Macam Batu Akik Sulaiman

Sejarah Batu Akik Sulaiman

Para Pencinta Batu pasti sudah mengenal tak asing lagi dengan Batu Sulaiman yang banyak diburu oleh para penggemar batu akik, kali ini kita membahas Sejarah Batu Sulaiman itu sendiri yang penuh misteri. Batu Sulaiman yang konon katanya berkhasiat untuk kewibawaan, kesejahteraan, perlindungan selengkapnya bisa baca disini Khasiat Batu Sulaiman, dan cincin batu sulaiman bin daud memiliki cahaya yang bersinar yang apabila dikenakan di jari tangan, maka akan berkumpul para jin, burung, manusia, setan, angin serta awan.

Dikisahkan bahwa ketika Nabi Sulaiman AS hendak berwudhu, ia lalu menitipkan cincin kepada Aminah (seorang budak), dan pada saat itu ada Jin yang bernama Sokhr yang bersembunyi di balik pintu, ketika Nabi Sulaiman memasuki tempat wudhu, lalu jin tersebut keluar dari persembunyiannya dan menyerupai wajah Nabi Sulaiman sambil mengibas-ngibas jenggotnya yang bekas wudhu dan tidak berbeda sama sekali dengan Sulaiman dan mengatakan –kepada Aminah,”Cincinku wahai Aminah.”

Aminah lalu memberikan cincin tersebut kepada jin Sokhr yang menyerupai Nabi Sulaiman, lantas diapun duduk di singgasana Sulaiman sehingga golongan burung, jin, setan, awan pun tunduk padanya.

Tak berapa lamapun Sulaiman AS selesai berwudhu mengatakan kepada Aminah ”Cincinku.” Aminah pun bertanya,”Siapa anda?” Dia menjawab,”Aku Sulaiman bin Daud.” Dan tampak terdapat perubahan pada penampilannya. Aminah berkata,”Engkau bohong, sesungguhnya Sulaiman telah mengambil cincinnya dan saat ini dia tengah duduk di singgasanan kerajaannya.” Maka tahulah Sulaiman bahwa dia telah mendapati suatu kesalahan.” (terdapat dalam kitab Mukhtashor Tarikh Dimasyq juz III hal 379)

Kemudian Sulaiman pun berlari ke padang tandus hingga pada suatu ketika ia merasa sangat lapar dan dahaga. Dan terkadang ia meminta kepada orang-orang agar memberikannya makanan sambil mengatakan,”Aku Sulaiman bin Daud.” Namun orang-orang tidak mempercayainya. Sulaiman berada dalam keadaan lapar dan tanpa tutup kepala ini selama 40 hari.

Sampailah Sulaiman di tepi pantai dan dia menyaksikan sekelompok nelayan lalu ia pun menghampiri dan bekerja bersama mereka sebagai seorang nelayan. Kemudian Asif bin Barkhoya berkata,”Wahai orang-orang Bani Israil sesungguhnya cincin Sulaiman telah dicuri oleh sekelompok setan dan sesungguhnya Sulaiman telah pergi dengan ketakuan diwajahnya.” Tatkala setan yang duduk di singgasana itu mendengar perkataan tersebut maka ia pun pergi menuju lautan dengan perasaan takut dan membuangnya. Cinicin yang dibuang itu lalu dimakan oleh ikan salmon yang kemudian ikan itu dijaring oleh Sulaiman dengan izin Allah swt.

Dan ketika Sulaiman menyembelih perut ikan tersebut maka ia mendapati cincinnya berada didalamnya lalu dia pun memakainya di jarinya dan bersujud syukur kepada Allah swt. Setelah itu dia kembali ke singgasananya dan duduk diatasnya sebagaimana disebutkan didalam firman Allah swt :

وَلَقَدْ فَتَنَّا سُلَيْمَانَ وَأَلْقَيْنَا عَلَى كُرْسِيِّهِ جَسَدًا ثُمَّ أَنَابَ

Artinya : “dan Sesungguhnya Kami telah menguji Sulaiman dan Kami jadikan (dia) tergeletak di atas kursinya sebagai tubuh (yang lemah karena sakit), kemudian ia bertaubat.” (QS. Shaad : 34) – (Bada’i az Zuhur fii Waqo’i ad Duhur juz I hal 85)

Jenis Batu Akik Sulaiman

Batu cincin akik sulaiman adalah jenis batu akik yang sudah lama dikenal masyarakat, jauh sebelum munculnya berbagai jenis batu akik lain yang saat ini sudah banyak beredar seperti batu sungai dareh asal sumatera, batu bacan atau batu lavender dan lainnya

Jenis batu akik ini merujuk pada batu cincin Nabi Sulaiman. Dalam banyak riwayat disebutkan, bahwa Nabi sulaiman memiliki sebuah cincin sakti yang dapat membuat pemakainya berwibawa dan mengubah pemakainya menjadi sipapun karena tuah yang terkandaung didalamnya.

Jenis batu sulaiman di identikkan dengan batu berwarna merah dengan serat alami dengan beraneka ragam corak, sehingga nama batu ini menjadi beragam sesuai pamor atau warna yang terdapat pada batu. Berikut ini jenis batu akik sulaiman :

  1. Batu Akik Sulaiman Daud
  2. Batu Akik Sulaiman Wulung
  3. Batu Akik Sulaiman Madu
  4. Batu Akik Sulaiman Combong
  5. Batu Akik Sulaiman Mata
  6. Batu Akik Sulaiman Pancawarna
  7. Batu Akik Sulaiman Junjung Derajat
  8. Batu Akik Sulaiman Kurung
  9. Batu Akik Sulaiman Susu
  10. Batu Akik Sulaiman Hitam
  11. Batu Akik Sulaiman Kuning
  12. Batu Akik Sulaiman Hijau
  13. Batu Akik Sulaiman Biru
  14. Batu Akik Sulaiman Emas
  15. dan masih Banyak Jenis Batu Akik Sulaiman

Mengenai nama ‘batu akik sulaiman’ yang ada saat ini sudah dapat dipastikan bukan batu cincin milik nabi sulaiman, hanya saja mungkin karakter batu atau pamor bisa saja ada kesamaan atau mendekati mengingat batu dengan kekerasan dibawah 7 skala mohs salah satu ciri khasnya ada belang, serat atau lapisan pada batu.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie