Makanan yang Bisa Memperlancar ASI

ASI

ASI

Makanan yang Bisa Memperlancar ASI

Salah satu hal yang penting untuk dipikirkan setelah melahirkan adalah menyusui ya ibu-ibu. Untuk beberapa bulan ke depan, air susu yang dihasilkan oleh payudara Anda akan menjadi makanan utama bagi bayi Anda. Ya, ASI memang penting untuk si bayi yang baru saja lahir ke dunia. Kami punya 10 makanan yang dapat membantu memperlancar produksi ASI Anda. Simak yuk..

Oatmeal

Kandungan nutrisi pada oatmeal dapat membantu untuk menurunkan kolesterol dan menormalkan tekanan darah Anda. Selain itu oatmeal juga dapat membantu Anda untuk lebih rileks. Tak sampai di situ, oatmeal juga dapat membantu meningkatkan jumlah hormon oksitosin dalam tubuh yang dapat memperlancar ASI Anda.

Bayam

Makanan yang satu ini sumber vitamin K, vitamin A, dan folat Ladies. Folat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui. Kandungan fitoestrogen pada bayam juga membantu memperbaiki jaringan payudara serta memperlancar ASI.

Wortel

Seperti bayam, wortel juga mengandung fitoestrogen yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Wortel juga kaya akan betakarotin dan vitamin A yang dapat menjaga energi sang ibu ketika menyusui.

Hummus

Barangkali Anda, jarang mendengar jenis makanan ini. Hummus adalah makanan yang terbuat dari kacang, jus lemon, bawang, dan minyak zaitun. Makanan yang satu ini adalah camilan yang tepat untuk ibu menyusui. Kacang dan bawang adalah makanan yang  juga baik untuk proses menyusui

Pepaya

Enzim dan fitokimia yang terkandung dalam pepaya dipercaya dapat memperbaiki jaringan payudara dan memperlancar ASI. Pepaya juga mengandung suatu senyawa yang dapat membuat rileks para ibu yang menyusui.

Asparagus

Asparagus mengandung serat yang tinggi. Selain itu, makanan yang biasanya menjadi bahan dasar sop ini mengandung asam folat, vitamin A, C, dan K yang sangat penting untuk mempertahankan pasokan susu pada ibu menyusui. Asparagus juga mengandung asam amino esensial yang juga membantu memperlancar ASI.

Beras merah

Jenis beras merah kaya akan karbohidrat kompleks yang dapat membantu meningkatkan energi bagi ibu yang menyusui. Beras merah juga memicu tingkat prolaktin yang merupakan hormon penting bagi ibu menyusui.

Aprikot

Jenis buah yang satu ini tinggi kandungan serat, vitamin, dan kalsium. Makanan yang kaya kalsium dipercaya dapat membantu produksi susu pada ibu menyusui. Aprikot juga mengandung trytophan yang secara alami membantu meningkatkan produksi hormon prolaktin.

Salmon

Ikan adalah makanan yang baik untuk ibu menyusui. Terlebih ikan salmon. Ikan yang sering menjadi bahan utama sushi ini mengandung asam lemak dan omega 3. Fungsi asam lemak dan omega 3 ini adalah untuk memicu produksi ASI pada ibu menyusui. Selain itu, salmon juga memperbaiki kualitas ASI sehingga nutrisi yang diperlukan bayi Anda dapat tercukupi.

Air Putih

Air juga penting untuk produksi Asi pada ibu menyusui. Dalam masa menyusui, cairan dalam tubuh Anda jadi lebih cepat habis. Jadi pastikan untuk meminum segelas air sebelum Anda menyusui bayi Anda.

Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie