Manfaat Buah Mangga untuk Kecantikan

Manfaat Buah ManggaManfaat Buah Sirsak. Read more ... » untuk KecantikanMakanan yang Bisa Memperlancar ASI. Read more ... »

Buah mangga termasuk kelompok buah batu (drupa) yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah bergantung pada macamnya, mulai dari bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hingga lonjong memanjang (mangga golek). Panjang buah kira-kira 2,5-30 cm. Pada bagian ujung buah, ada bagian yang runcing yang disebut paruh. Di atas paruh ada bagian yang membengkok yang disebut sinus, yang dilanjutkan ke bagian perut.

Kulit buah agak tebal berbintik-bintik kelenjar; hijau, kekuningan atau kemerahan bila masak. Daging buah jika masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis sampai masam dengan banyak air dan berbau kuat sampai lemah. Biji berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu dan berserat. Biji ini terdiri dari dua keping; ada yang monoembrional dan ada pula yang poliembrional. salah satu jenis mangga yang digemari di Indonesia adalah mangga arummanis.

Mangga tidak hanya enak untuk dimakan. Tetapi bagi  yang peduli akan kesehatan kulit,mangga dapat memberikan perlindungan yang baik bagi wajah.

Dikutip dari Boldsky, berikut ini beberapa cara memanfaatkan mangga untuk kecantikan:

  1. Ambillah satu sendok teh mangga yang dilumatkan, setengah sendok teh  susuManfaat Susu UHT Bagi Gizi Anak. Read more ... » bubuk dan madu. Campurkan ketiganya dan kemudian gosokkan pada wajahCara Merawat Wajah. Read more ... » dengan gerakan melingkar. Ini fungsinya yaitu untuk mengangkat kulit mati dan komedo.
  2. Janganlah buang kulit mangga. Tetapi jemurlah sampai kering kulit tersebut dan jadikan bubuk. Lalu campurkanlah bubuk kulit mangga itu dengan satu sendok teh yoghurt dan silahkan terapkan  pada wajah. Kegunaannya ialah dapat mengurangi noda dan bintik-bintik hitam di wajah.
  3. Dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawatCara Merawat Rambut Kering. Read more ... », ambil sepotong mangga yang masih  mentah dan rebus bersama air. Kemudian sisakan secukupnya air rebusan untuk membasuh wajah.
  4. Ambillah sesendok teh tepung terigu, lalu campurkan pada bubur mangga. Pakai di wajah untuk membersihkan wajah hingga ke pori-pori.
  5. Kulit  yang terbakar oleh sinar matahari dapat diatasi dengan mangga. Caranya yaitu gosokkan bagian dalam kulit mangga mentah atau matang  pada wajah dan tangan. Gunakan krim susu secukupnya di atasnya. Lalu, diamkan sekitar 10-15 menit, dan cuci dengan air dingin. Pakailah minimal dua atau tiga kali dalam seminggu untuk mengurangi efek kulit terbakar.
  6. Campur satu sendok teh bubur mangga dengan bubuk almond untuk dijadikan pasta. Terapkan pada kulit dan lalu biarkan selama 20 menit sebelum dicuci. Ini berguna untuk pencuci muka segala jenis kulit.
  7. Sebagai pembersih wajah kulit sensitif, caranya yaitu campurkan bubur mangga dengan oatmeal, susu, serta madu. Jadikan pasta dan terapkan di wajah selama 15 menit. Setelah itu bilas memakai air dingin.
cara merawatCara Merawat Wajah. Read more ... » tanamanManfaat Lumut Air untuk Ikan. Read more ... » buah buahan, buahmanggamadu, cara menghaluskan bulu pleci, fungsi pelok mangga dalam kecantikan wajah, perawatan harian kacer jamaika

No comments.

Leave a Reply