Manfaat Daun Kemangi

Daun Kemangi

Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi

Saat Anda makan Pecel Lele, Ayam Penyet dan yang lain sejenisnya, pernahkah Anda memperhatikan lalapan yang disajikan pada makanan tersebut? Biasanya lalapannya seperti potongan ketimun, kol, dan daun kemangi.

Kemangi banyak tumbuh di sekitar rumah kita. Kemangi merupakan hibrida yang digolongkan antarjenis selasih yakni Ocmum Americanum dan juga Ocinum Basilicum. Kemangi juga banyak dikenal dengan nama ilmiah Ocimum Basilicum Var. Anisatum Benth. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang manfaat daun kemangi. Daun kemangi dipercaya banyak orang bisa mengatasi bau mulut. Berikut beberapa manfaat dan khasiat daun kemangi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun kemangi mampu meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan antibody pada tubuh. Antibody tubuh ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

Mencegah Kemandulan

Daun kemangi mampu mencegah kemandulan. Daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memperkuat daya hidup sprema, sehingga mampu mencegah kemandulan. Daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini.

Mengobati Panu

Mengobati panu dengan menggunakan daun kemangi caranya mudah. Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

Mengobati Sariawan

Mengobati sariawan dengan menggunakan daun kemangi caranya mudah. Caranya ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.

Melawan Radikal Bebas

Daun kemangi mempunyai antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.

Membantu Pertumbuhan Tulang

Daun kemangi mempunyai kandungan kalsium dan fosfor yang perannya mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang fungsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

Melancarkan Aliran Darah

Daun kemangi yang mengandung magnesium dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancer pada tubuh kita.

Menghilangkan Mual dan Flu

Untuk menghilangkan mual dan flu dengan daun kemangi caranya mudah. Keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.

Menghilangkan Bau Mulut

Caranya, ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.

Meredakan Perut Kembung

Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung.

Demikian manfaat dan khasiat daun kemangi, dengan membaca artikel ini semoga Anda tidak ragu lagi makan daun kemangi saat disajikan sebagai lalapan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

bakteri stater ps bio dan gigh, cara membongkar aquarium yang sudah jadi, cara merawat decu mampet

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie