Manfaat Kayu Manis

Kayu Manis

Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis

Kayu manis atau bahasa ilmiahnya Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum adalah pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah ke dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.

Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang pernah digunakan oleh manusia. Bumbu ini digunakan sekitar 5000 tahun yang lalu di Mesir Kuno, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama. Manfaat kayu manis juga dapat dijadikan obat secara tradisional yang berfungsi sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, seperti untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.

1. Mengurangi Kolestrol Jahat

Rempah-rempah dengan citarasa eksotis ini juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Taburkan 1-2 sendok teh bubuk kayu manis ke makanan Anda setiap hari untuk mencegah peningkatan LDL di dalam tubuh. Sebaiknya dibarengi juga dengan pilihan makanan sehat lainnya yang rendah kolesterol seperti sayuran dan buah segar.

2. Membantu Mengatur Gula Darah

Kayu manis membantu mengatur kadar gula darah, sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu kayu manis juga bisa dikonsumsi bagi Anda yang ingin menstabilkan tingkat energi.

3. Berfungsi Menyeimbangkan Hormon

Mengandung senyawa kimia alami cinnamaldehyde Menurut sejumlah studi, zat ini bisa meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita, sehingga membantu menyeimbangkan hormon.

4. Memenuhi Kebutuhan Serat & Mineral

Kayu manis mengandung sedikit serat, kalsium, zat besi dan mangan. Meskipun jumlahnya sedikit, tapi manfaat nya bisa membantu melengkapi kebutuhan serat dan mineral harian Anda.

5. Berkhasiat sebagai anti-bakteri

Banyak digunakan untuk menyingkirkan bakteri jahat tanpa merusak gigi atau gusi. Itu sebabnya kayu manis banyak digunakan pada produk pasta gigi, obat kumur dan permen penyegar napas. Khasiatnya juga bisa didapatkan dengan mencampurkan bubuk kayu manis ke dalam teh, cokelat panas atau susu hangat.

6. Mencegah & Mengobati Kanker

Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukkan bahwa kayu manis memiliki manfaat untuk dapat mengurangi proliferasi sel kanker, baik untuk pencegahan kanker dan mengobati penderita penyakit kanker.

7. Meringankan flu

Kandungan yang ada dalam kayu manis juga dapat mengurangi flu, terutama bila dikombinasikan dengan jahe. Di mana kandungan anti-inflamasi-nya membantu mengalirkan sirkulasi peredaran dalam tubuh. Sehingga perlahan flu pun bisa membaik, dan sembuh.

8. Cukup efektif dalam mengatasi nyeri ketika haid

9. Meringankan nyeri rematik

Seseorang yang sedang mengalami nyeri rematik bisa mengandalkan kayu manis untuk mengatasi keluhan itu. Menurut sebuah hasil penelitian Universitas Copenhagen, pasien yang mengonsumsi bubuk kayu manis dapat membantu menghilangkan rasa sakit karena rematik. Tentunya kayu manis sangat berguna bagi Anda yang memiliki penyakit rematik.

10. Pengawet makanan alami.

11. Mencegah Penyakit Jantung

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya cukup  efektif dalam melindungi jantung terhadap sebuah kerusakan maupun infeksi, terutama di arteri yang dikarenakan makanan berlemak.

Demikian informasi mengenai Manfaat Kayu Manis yang bisa kami sampaikan. Mungkin bisa menjadi referensi kita dalam menjaga kealamian hidup dengan memanfaatkan khasiat kayu manis.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie