Manfaat Kentang

Kentang

Kentang

Manfaat Kentang

Manfaat kentang bagi kesehatan telah dipercaya dari abad ke 19 untuk berbagai kebutuhan seperti kecantikan wajah, kulit, dan dipercaya untuk diet. Kentang memang telah digunakan sebagai salah satu kebutuhan pokok pada abad ke 19 dan banyak yang memanfaatkannya untuk kebutuhan tubuh lainnya. Kentang dipercaya baik untuk wajah dan kulit manusia, terutama untuk melembutkan dan menghilangkan bekas jerawat di wajah.

Manfaat kentang untuk wajah digunakan sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan berbagai flek hitam di wajah dan untuk mengencangkan kulit wajah. Selain itu tentu kentang adalah alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti utama nasi. Kentang juga menyimpan banyak gizi yang penting untuk tubuh manusia.

Kandungan Gizi Kentang

Kentang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi setidaknya ada 30 kandungan gizi pada kentang yang dapat membantu tubuh manusia baik luar atau pun dalam. Kandungan gizi ini antara lain adalah energi, lemak, protein, vitamin A, dan berbagai gizi lainnya.

Selain untuk kecantikan dan manfaatnya untuk wajah, tentu manfaat kentang untuk kesehatan banyak sekali yang penting untuk kita ketahui. Berikut adalah rangkuman dan beberapa manfaat kentang untuk kesehatan tubuh manusia yang dapat anda pertimbangkan.

Kentang Kaya Akan Vitamin

Kentang sangat kaya akan vitamin yang dapat membuat tubuh kita segar bugar, beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat pada kentang. Berikut beberapa vitamin utama dalam kentang, vitamin C, Vitamin B, Magnesium, dan zat besi. Berbagai vitamin ini memang vitamin yang dibutuhkan tubuh  dan kentang dapat menyediakannya dengan komplit.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kematian. Para peneliti di Institute for Food Research di Norwich menemukan bahwa tekanan darah dapat diturunkan dengan molekul dalam kentang yang disebut kukoamines. Pengobatan Tradisional Cina menggunakan tanaman, Lycium chinense yang berisi kukoamines sebagai teh untuk menurunkan tekanan darah. Namun dosis dan jumlah kentang untuk menurunkan penyakit hipertensi ini belum ditentukan secara tepat.

Kentang dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular

Agricultural Research Service di Navarre, Amerika, telah mengidentifikasi 60 jenis fitokimia dan vitamin dalam kulit kentang. Flavonoid merupakan zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kadar LDL kolesterol jahat dan menjaga arteri bebas lemak. Vitamin B dalam kentang juga melindungi fungsi arteri. Vitamin B6, ditemukan dalam kentang, mengurangi tingkat molekul yang disebut homocysteine yang menjadi penyebab peradangan dan melapisi arteri agar lebih tebal. Tingkat homocysteine yang tinggi berhubungan dengan peningkatan risiko yang signifikan dari serangan jantung dan stroke.

Kentang Menjaga Kesehatan usus

Sebuah kentang dapat menyediakan 12 persen dari jumlah serat harian yang direkomendasikan, sama halnya dengan berbagai makanan seperti roti gandum dan sereal. Tingginya kadar serat dalam makanan ini dapat membantu melancarkan BAB dan agar gerakan usus lebih teratur dan mencegah kanker usus.

Kentang Membantu Mencegah Stress

Kentang dapat membantu mengatasi stress, kentang yang sangat kaya akan vitamin B6, zat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel, dan sistem syaraf untuk suasana hati yang menyenangkan. Hanya 100g kentang panggang mengandung 21 persen dari nilai harian vitamin yang dibutuhkan tubuh. Hal ini digunakan untuk menghasilkan neurotransmitter, zat yang menjadi perantara dari satu sel ke sel lainnya. Neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin diperlukan untuk pengaturan mood dan Vitamin B6 yang dibutuhkan untuk memproduksi Neurotransmiter tersebut.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie