Memasang Kabel Kopling Sendiri

Kabel Kopling

Kabel Kopling

Memasang Kabel Kopling Sendiri

Lagi – lagi kita berurusan dengan kopling. Kopling merupakan komponen motor yang tidak bisa kita hindari permasalahannya. Banyak masalah yang terjadi pada kopling, apalagi jika motor kita sudah dimodifikasi dan sudah tidak seperti keluaran pabrik.

Salah satu yang kita modifikasi adalah kopling. Biasanya kita modifikasi kopling untuk tujuan seperti agar tarikan kopling ringan, agar tarikan motor atau akselerasi cepat, atau pun karena hal yang lainnya. Kita juga sering mengalami kabel kopling putus. Kita bisa memperbaiki sendiri, tentu saja lebih menghemat biaya karena tidak perlu ke bengkel untuk memperbaikinya. Dibawah ini cara mengganti kabel kopling motor Yamaha Yupiter MX. Cara ini juga bisa diterapkan oada motor apa saja. Termasuk cara memasang kabel kopling satria fu juga bisa. Berikut caranya :

  • Membuka semua body motor yang dilalui oleh kabel kecuali bagian ‘dada’ karena di situ bagian dalamnya sangat longgar dan bisa dimasuki tangan dengan mudah. Dan juga bagian ‘kepala’ dibuka bagian depannya saja.
  • Kemudian buka baut pengunci pada as handle kopling hingga terlepas. Kemudian keluarkan pentolan kabel kopling dari handle kopling.
  • Lalu, buka/luruskan dengan tang pengaman pada push lever. Dan keluarkan pentolan kabel kopling dari push lever.
  • Periksa jalur kabel kopling dan kalau ada clamp kabel maka putuskan clamp itu terlebih dahulu.
  • Setelah jalur kabel kopling dirasa ‘aman’, perlahan tarik kabel kopling dari atas alias dari bagian handle kopling. Kabel kopling sebaiknya ditarik dari atas karena pada bagian atas terdapat tekukan selang kabel yang akan tersangkut ketika ditarik dari bawah. Dan ditarik perlahan posisi kabel kopling pada mx banyak yang terjepit komponen lainnya dan jika ditarik dengan tidak hati2 dikhawatirkan merusak komponen lainnya.
  • Ketika kabel lama telah berhasil dikeluarkan maka masukkan kabel baru yang terlebih dahulu diberi gemuk di bagian yang tidak tertutup kabel. Masukkan kabel baru kembali dari atas.
  • Setelah ditarik ke bawah kembali dan sudah berada pada posisi semula, pasang bagian ujung atas ke handle kopling dan tak lupa kencangkan baut di as handle kopling.
  • Pasang ujung kabel kopling pada push lever tidak lupa tekuk/tutup lagi pengaman pentolan kabel dan sesuaikan posisi idealnya dengan mengatur sudut push lever dan juga baut penahan ujung kabel kopling bawah.
  • Pasang clamp kabel baru untuk bagian-bagian yang sebelumnya terdapat clamp. Dan yang terakhir, pasang kembali semua body yang dilepas saat penggantian kabel kopling.

Demikian tips cara memasang atau mengganti kabel kopling sendiri di rumah. Baca juga cara merawat kopling agar kopling motor Anda lebih awet. Semoga bermanfaat, terima kasih.

cara pasang kabel kopling rx king, cara memasang kabel kopling rx king, cara pasang kabel kopling satria fu, cara memasang kabel kopling satria fu, cara memasang tali kopling rx king, cara memasang tali kopling satria fu, cara pasang tali kopling satria fu, cara mengganti kabel kopling rx king, cara memasang tali kopling motor rx king, cara pasang kabel kopling satria f, cara memasang tali kopling, Cara mengganti tali kopling rx king, cara pasang kabel kopling jupiter mx, cara ganti kabel kopling rx king, cara memasang kabel kopling jupiter mx, cara memasang kabel kopling satria, cara memasang tali kopling satria f, cara mengganti kabel kopling satria fu, cara ganti tali kopling jupiter mx, pasang labrang kopling yamaha RX King, pasang tali kopling bawah king, Cara memasang kawat kopling jupiter mx 2009, push lever satria f, jalur kabel kopling jupiter mx, cara memasangkan kabel kopling Mx

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie