Membuat Kanopi untuk Rumah Minimalis

Kanopi Rumah Minimalis

Kanopi Rumah Minimalis

Membuat Kanopi untuk Rumah Minimalis

Mempercantik rumah bergaya minimalis tidak harus merombaknya secara total. Akan tetapi, kita dapat menambah beberapa elemen, salah satunya dengan menggunakan atau menambahkan kanopi. Sebaiknya pilih kanopi yang unik atau sesuai dengan interior rumah agar terlihat lebih cantik menarik dan serasi.

Kanopi bisa diartikan sebagai  sebuah bangunan menjorok ke depan seperti rumah, kantor, bahkan restoran. Fungsi utamanya adalah memberi perlindungan bagi rumah untuk jendela, pintu, dan ventilasi udara dari segala jenis cuaca panas dan hujan. Akhir-akhir ini, bahan kanopi menjadi kian beragam, misalnya dari genting, bahan sirap (kayu), vinil, polikarbonat, kain, plastik, dak beton, seng, dan fiber semen. Beragamnya jenis bahan ini memudahkan konsumen dan arsitek memilih sesuai kebutuhan.

Saat ini memang banyak sekali dijumpai rumah minimalis dengan kanopi di depan rumah, entah itu tujuannya digunakan sebagai atap pada garasi/ pelindung pada mobil ataupun untuk menahan teriknya panas matahari maupun air hujan. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui model kanopi yang cocok untuk rumah minimalis silahkan simak tips-tips nya berikut ini.

Ada beberapa hal yang memang perlu untuk di perhatikan dan diingat dalam mendesain kanopi untuk rumah minimalis ini, yaitu :

  • Bentuk. Kanopi usahakan jangan sampai berdiri sendiri, artinya tidak menyatu dengan bentuk keseluruhan bangunan. Pergunakanlah bentuk yang standar yang menjadi ciri khas rumah minimalis yaitu seperti elemen garis.
  • Warna. Jika anda menginginkan aksen dari kanopi ini, Pergunakanlah warna gelap atau warna yang lebih mencolok.  Anda juga dapat menambahkan elemen batu alam pada tiang struktur atau tiang penyangganya. Untuk pemilihan warna, Anda juga dapat menysesuaikan dengan warna bangunan rumah. Sebab, pengaplikasian kanopi sebagai dekoratif sekaligus pelindung rumah.
  • Pergunakanlah penutup atap yang dapat dibuka tutupnya. Hal ini bertujuan agar sinar matahari dapat masuk apabila suatu saat dibutuhkan yang tentu saja dengan kontrol manual.
  • Hindari menggunakan penutup atap yang sulit untuk dibersihkan, contohnya polycarbonate. Karena bahan yang transparan memang bagus pada awalnya, cuma harus mendapatkan perawatan dan pemeliharaan yang berkala. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia beriklim tropis, faktor curah hujan, debu, dan tentu saja panasnya terik matahari harus sangat diperhatikan dalam pemilihan atap untuk kanopi ini.
  • Kemudian untuk garasi yang sifatnya terbuka, Anda dapat mempergunakan awning, sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai mobil yang ada di garasi ini.

Demikianlah beberapa tips menggunakan kanopi untuk rumah minimalis, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin memasang kanopi untuk rumah minimalis anda.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie