Mengatasi Tangki Motor Bocor

Tangki Motor Bocor

Tangki Motor Bocor

Mengatasi Tangki Motor Bocor

Ada kalanya kita tidak pernah isi bensin pada kendaraan kita, namun bensin dalam tangki cepat habis. Padahal klaim dari pabrikan motor, bahwa motor keluarannya irit, rekomendasi teman – teman bengkel juga irit. Tapi kenapa bensin cepat sekali habis. Dan saat kita  telusuri dengan seksama kalau tangki bensin motor kita merembes alias bocor. Pantas bensin cepat habis.

Tangki bensin bocor dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya adalah umur motor yang sudah mulai uzur atau sudah tua. Di dalam tangki terdapat endapan bensin akibat embun timah hitam dan air, ini yang membuat tangki karatan dan cepat bocor. Kita bisa memperbaiki dan mengatasi tangki bocor. Menambal dengan sabun mandi adalah salah satu cara, namun terkesan kurang rapi dan cara ini dilakukan dalam keadaan darurat saja.

Untuk cara yang aman dan awet kita bisa menggunakan cairan resin. Resin adalah bahan dasar cairan pembuat fiberglass. Cairan resin harus dicampur dengan katalis agar cepat membeku dan mudah menempel pada permukaan dalam tangki. Berikut cara menambal tangki bocor dengan cairan resin:

  • Pertama kita beli cairan resin dan katalisnya. Kita bisa mendapatkannya di toko bangunan, harganya sekitar Rp. 25. 000,- per liter.
  • Ambil resin tersebut cukup 250 cc saja dan dicampur dengan katalis satu sendok makan. Tetapi jangan dikocok dalam satu tempat.
  • Masukkan cairan resin ke dalam tangki bensin. Tangki bensin terlebih dahulu harus sudah dilepas dari motor. Kalau masih ada bensinnya kita bisa tamping dulu bensin tersebut.
  • Setelah cairan resin dan katalis dimasukkan dalam tangki, kocok tangki dengan memutar – mutar tangki agar cairan resin menempel rata ke permukaan dalam tangki. Lakukan dalam waktu 15 sampai 20 menit.
  • Diamkan sampai 30 menit.
  • Setelah 30 menit keluarkan sisa cairan resin dan katalis tadi lewat lubang bawah tangki. Kalau tidak dikeluarkan akan mengeras di dalam tangki.

Dengan cara diatas niscaya tangki bensin Anda akan aman dari kebocoran dan awet. Ketahanan dinding tangki sangat awet karena sudah dilapisi fiber. Cara ini juga ampuh pada tangki yang pernah bocor lalu dilas. Akibat pengelasan, korosi cepat memakan ulang urat-urat las tadi.

 

cara menambal spreyer yg bocor, cara mengatasi tanki motor bocor

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie