Penyebab Aki Tekor dan Cara Mengatasinya

Aki Mobil

Aki Mobil

Penyebab Aki Tekor dan Cara Mengatasinya

Aki atau Baterai mobil adalah sistem kelistrikan yang dapat diisi ulang kembali. Fungsi utamanya untuk menyimpan energi listrik yang terisi dari alternator. Semua energi listrik pada kendaraan disuplai dari alternator.

Peran aki pada monil sangat penting, salah satunya adalah mensuplai arus listrik pada sistem starter agar mesin dapat dihidupkan. Jadi apabila aki atau baterai mobil rusak dan soak tidak mempunyai daya yang cukup untuk men-starter mobil. Apabila motor ada engkol untuk menstarter mesinnya, tapi di mobil tidak ada sistem engkol jadi harus di dorong. Hal ini tidak mungkin kita lakukan dalam sehari – hari, apalagi dalam keadaan jalan macet dan tiba – tiba mbil mati.

Mungkin itu salah satu repotnya bila kelistrikan pada mobil tidak bisa berfungsi, terutamanya aki atau baterai. Agar hal tersebut tidak terjadi maka kita perlu merawat aki agar tidak rusak atau soak. Saat menservice mobil kita perlu meminta mortar untuk mengechek kelistrikan sekalian.

Penyebab Aki Tekor dan Tidak Awet

Aki yang tidak awet dan tekor bisa terjadi karena memang produk akinya dan ada juga factor lain yang memnyebabkan aki tekor. Berikut penyebab aki mobil cepat terkor :

Air Aki

Aki basah harus selalu tergenang cairan elektrolit. Sel – sel tersebut membutuhkan air aki untuk merotasi arus listrik yang dihasilkan oleh alternator. Jika air aki kurang, listrik di dalam aki tidak bisa tersalurkan dengan baik dan juga plate timah yang berada di dalam aki akan menimbulkan panas yang berlebihan dengan begitu plate timah akan terpisah atau patah karena panas yang berlebihan.

Air aki berguna juga untuk meredam panas timah agar tidak cepat panas karena panas. Plat timah sangat rentan patah jika terkena panas. Penambahan air aki tidak boleh melebihi kapasitas yang ditentukan karena akan menyebabkan uap yang berlebihan sehingga menyebabkan corrosive pada kepala aki mobil.

Pemakaian Listrik yang Berlebihan

Dengan penambahan audio yang berlebihan atau pemasangan lampu diluar batas yang telah ditentukan pabrikan mobil akan mempengaruhi umur aki. Pemakaian beban yang berlebihan akan membuat aki menjadi tekor. Daya yang seharusnya dibutuhkan tidak sesuai dengan daya yang dikeluarkan. Aki pun akan bersusah payah menyuplai listrik lebih ke bagian yang membutuhkan listrik yang tinggi.

Jika kita menggunakan mobil yang aki nya kecil cth 35Ah kita bisa mengupgrade ke 45Ah. Tetapi dengan spek yg dianjurkan dan pengecekan sistem pengisian yang dibutuhkan harus sesuai dengan aki yang kita pasang.

Alternator

Sistem pengisian atau yang dinamakn alternator juga sangat berpengaruh terhadap umur aki. Apabila pengisian daya yang dilakukan oleh alternator kurang makan daya yang masuk ke dalam aki pun akan berkurang sehingga listrik yang akan disuplai ke bagaian elktrik lain berkurang.

Ruang Mesin Terlalu Panas

Panas yang berlebih disekitar aki,mebuat sel-sel aki menjadi rentan rusak dan tidak awet. Semakin dingin posisi tempat aki mobil anda bisa kemungkinan akan menjadi lebih awet umur aki mobil. Jadi ruang mesin yang terlalu panas bisa menyebabkan umur aki tidak awet.

Kepala aki

Bagian dari kepala aki juga punya pengaruh terhadap aki. Apabila kepala aki kotor atau banyak korosif putih di kepalanya akan mempengaruhi masuk nya listrik dari alternator. Karena terhambat oleh kotoran – kotoran tersebut. Untuk membersihkan nya bisa menggunakan air panas

Sistem Suspensi

Seperti yang kita bahas di atas, pada saat panas dan kondisi air aki yang kurang, timah akan rentan patah karena panas. Bila sistem suspensi kita kurang baik, pada saat terjadi benturan timah di aki mungkin akan terguncang dan menyebabkan patah nya timah tersebut.

Mengatasi Aki Rusak

Setelah kita mengetahui penyebab aki tekor dan tidak awet, kita juga bisa memperbaiki aki yang rusak. Silahkan disimak langkah – langkah cara mengatasi aki yang rusak.

  • Lepas kabel dari terminal aki dan lepas pula aki dari dudukannya
  • Amati secara visual apakah ada rumah (kemasan) aki yang retak atau pecah
  • Jika ada yang retak atau pecah tambal dulu dengan lem plastic
  • Jika tidak teruskan langkah dengan mengamati secara visual jeroan aki (elektroda) yang ada di dalamnya. Apakah ada yang patah, penyok atau berlubang.
  • Jika ada, aki sebaiknya memang tidak dipakai lagi. Karena meskipun dapat diperbaiki biasanya hasilnya (tegangannya) kurang atau tidak dapat menyimpan lama.
  • Jika ternyata masih Oke, lanjutkan dengan melepas terminal aki
  • Didihkan air kurang lebih 1 baskom
  • Bersihkan kotoran yang menempel pada terminal dengan air hangat yang telah disiapkan
  • Buku tutup lubang aki
  • Ukur tegangan masing-masing electrode dengan multi tester. Jika masih terbaca tegangannya (meski kurang) berarti Aki masih bisa diperbaiki. Sebagai patokan adalah tegangan Aki yang biasa dipakai adalah 12 Volt. Maka tegangan masing – masing lubang elektroda jika dijumlahkan harusnya 12 Volt atau mendekati.
  • Setelah itu buang semua air aki yang tersisa sampai benar-benar habis,
  • Lalu isi aki dengan air hangat yang telah disiapkan dan kocok-kocok untuk mengeluarkan kotoran di dalamnya.lakukan beberapa kali (sesuai kebutuhan) sampai kotoran endapan yang berwarna hitam di dalam aki benar-benar habis. (Bisa dilihat jelas dengan mata telanjang). Makin bersih makin baik.
  • Langkah inilah sebenarnya kuncinya. Aki menjadi tekor atau kurang setrum biasanya dapat diakibatkan karena laju pengisian atau proses distribusi arusnya terhambat adanya kotoran endapan yang memang biasa terdapat dalam aki.
  • Jika sudah benar-benar bersih, balikkan aki untuk membuang air bilasan.Tunggu beberapa saat sampai air didalam aki benar-benar habis.
  • Jika air dalam aki telah benar-benar habis, isi aki dengan cairan elektrolit aki / air zuur (ingat : hanya dengan air Zuur) sampai pertengahan batas atas dan batas bawah aki.
  • Pasang terminal Aki, tapi jangan pasang dulu tutupnya, karena setelah ini aki akan di charge (disetrum)
  • Pada saat ini jika diukur dengan multi tester biasanya aki sudah menunjukkan tegangan semestinya (namun Amperenya masih rendah)
  • Charge (setrum) Aki sesuai laju pengisian yang ditentukan. Aki yang tadinya disangka sudah soak dan rusak ternyata bisa greng kembali.

Jika dipraktekan dengan benar, cara di atas bisa mengatasi aki yang rusak menjadi seperti baru. Baca juga Cara Merawat Aki agar aki mobil Anda awet dan juga Cara Memilih Aki yang benar. Semoga bermanfaat, terima kasih.

aki tekor, penyebab aki tekor, aki motor tekor, cara mengatasi aki tekor, yhsm-plushome_001, cara mengecor kepala aki, aki tekor pada motor, penyebab mio j nyendat, cara membuat gelembung aquarium tanpa listrik, cara memperbaiki airator, cara ngecor kepala aki, cara cor kepala aki, cor kepala aki, kepala aki motor patah, cara mencor kepala aki, mencor terminal aki yang patah, mio j nyendat, mengapa aki motor cepat rusak?, mio j nyendat nyendat, penyebab accu mobil cepat rusak, penyebab air accu cepat, penyebab aki mobil panas, penyebab aki motor matic soak dan cara mengatasinya, sebab aki rusak, mengecor kepala aki

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie