Penyebab Gigi Motor Slip

Kampas Kopling

Kampas Kopling

Penyebab Gigi Motor Slip

Sering kita jumpai, khususnya bagi pecinta motor lawas. Oper gigi rasanya sangat susah sekali. Itulah salah satu resiko bagi pecinta motor lawas, tapi itulah seninya. Kita bisa mengetahui seluk beluk motor yang kita tunggangi setiap hari.

Gigi yang susah dioper banyak penyebabnya. Salah satunya adalah kampas kopling sudah habis, setelan kopling telalu renggang, bahkan ada yang bilang girboksnya bermasalah. Biasanya untuk motor yang sudah lama atau penggunaannya sudah lama terdapat komponen yang bermasalah. Hal ini bisa dideteksi dengan setelan kopling di bak mesin sudah disetel sampai mentok tapi masih juga susah pindah gigi.

jika masalahnya dari kampas dan pelat kopling biasanya motor kurang bertenaga juga susah waktu menghidupkan mesin. Dan jika dari girboks, sudah pasti bukan cuma tidak mau pindah namun juga berputar. Makanya yang perlu dilacak adalah batang (garpu) pemindah gigi serta komponen penekan kopling di motor bebek.

Misalkan di motor bebek, jika setelan kopling di bak mesin sudah mentok tapi masih sulit pindah gigi, coba periksa komponen penekan kampas kopling di dalam bak mesin. Piranti ini berupa bola-bola yang tugasnya menekan kampas kopling dengan bantuan putaran as persneling.

Jika bola-bola mulai aus membuat gaya dorongnya kurang maksimal. Sehingga posisi kampas belum terlalu bebas dan bikin susah pindah gigi. Itu juga bisa terjadi bila ganti bola-bola imitasi. Kadang suka miring posisinya waktu dipasang.

Tapi, kalau bukan dari bola-bola penekan kampas, dapat juga dikarenakan tangkai pengait posisi drum pemindah gigi mulai aus salah satu sisinya. Apalagi ditambah pegas kecil penegang tangkai pengait dan tangkai utama sudah mulai lemah.

Gejalanya, kadang pers- neling suka balik sendiri meskipun sudah terasa kalau sudah pindah gigi. Sebab pengaitnya belum sempurna memutar drum pemindah gigi. Makanya suka miss. Dan ini juga bisa terjadi di motor sport.

Penyebab lainnya, , jika salah satu komponen di as persneling aus atau diganti dengan ukuran lebih tebal. Seperti contoh ring atau bushing yang dapat menyebabkan batang persneling bergoyang waktu digunakan. Lalu yang jarang terjadi tapi akan sangat mempengaruhi kerja persneling jika batang bengkok.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie